mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Massa GNPR Demo soal Rempang di Kawasan Patung Kuda Bubarkan Diri


Devi Puspitasari - detikNews
Rabu, 20 Sep 2023 19:48 WIB

Massa GNPR bubarkan diri usai gelar demo menuntut proyek Eco-city di Pulau Rempang, Batam, Kepri, dihentikan, Rabu (20/9/2023). (Devi Puspitasari/detikcom)
Jakarta - Massa Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR), yang menggelar demo terkait Pulau Rempang di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), telah membubarkan diri. Sebelum meninggalkan lokasi, massa memunguti sampah.
Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (20/9/2023), massa aksi membubarkan diri pukul 18.52 WIB. Tampak pasukan oranye juga membersihkan lokasi.

Lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan III arah Jalan Merdeka Selatan juga sudah bisa dilalui kendaraan. Sebelumnya lalin di Jalan Budi Kemuliaan III arah Jalan Merdeka Selatan sempat tersendat.

Sebelumnya, massa GNPR menggelar aksi unjuk rasa menuntut proyek Eco City Pulau Rempang dihentikan. Dia meminta warga tak direlokasi.

"Tuntutan hari ini pastinya adalah hentikan untuk investasi Eco City ini. Siapkan lebih dahulu infrastrukturnya biar rakyatnya bisa menerima. Sama jangan ada relokasi," ujar Koordinator Lapangan Verry Koestanto kepada wartawan di lokasi.

Verry mengatakan pihaknya meminta audiensi bersama Presiden Jokowi dan Mekopolhukam Mahfud Md ataupun yang mewakili. Agar aspirasi mereka didengar langsung.

"Makanya di sini kita hadir akan beraudiensi, dengan Pak Presiden Jokowi dan Menkopolhukam ataupun lainnya yang bisa mewakili. Untuk kita bisa mendengarkan bahwa aspirasi umat kita tidak suka adanya intervensi atau relokasi yang merugikan rakyat," tuturnya.

Verry mengatakan kasus tersebut perlu dikomunikasikan dengan baik. Sebab investasi, menurutnya, perlu menguntungkan semua pihak.

"Kalau memang harus seperti itu, bisa dibicarakan sebaik-baiknya. Sehingga semuanya bisa menerima dengan kebaikan. Karena apa, investasi harus menguntungkan semuanya, jangan diuntungkan 1 pihak, jangan yang lain pihak merasa dipinggirkan," pungkasnya.

https://news.detik.com/berita/d-6942...bubarkan-diri.

Massa Alumni 212 Save Pulau Rempang di Patung Kuda Membubarkan Diri

Massa alumni 212 yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) membubarkan diri usai berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Foto: Dok. Istimewa

Massa alumni 212 yang menggelar aksi Save Pulau telah membubarkan diri dari kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (20/9). Massa bubar sekitar pukul 19. 15 WIB.

"Membubarkan sendiri, setelah dari polhukam karena tidak ada audiensi. Disampaikan pernyataan sikap, sudah abis itu pulang," kata Kapolsek Gambir Kompol Mugia Yarry Junanda saat dihubungi.
Polisi juga telah membuka pembatas jalan yang sempat dipasang di Jalan Merdeka Selatan. Lalu lintas di lokasi juga telah kembali normal.
Sebelumnya, berdasarkan pantauan kumparan di lokasi pada pukul 14.00 WIB, massa berdemonstrasi di sisi depan air mancur Patung Kuda.
Berikut tuntutan dari massa aksi:
1. Menuntut Pemerintah Pusat untuk menghormati hak penduduk asli Kampung Tua Pulau Rempang dengan menghentikan Proyek Rempang Eco City serta dicabut dari Proyek Strategis Nasional, sebelum ada pembicaraan, penyelesaian dan kesepakatan dengan warga terdampak proyek tersebut.
2. Menuntut kepada Kapolri agar warga peserta aksi penolakan terhadap penggusuran paksa Kampung Tua Pulau Rempang agar dibebaskan dari tahanan;
ADVERTISEMENT
3. Menuntut Kapolri dan Panglima TNI untuk bersikap humanis, menarik mundur pasukan serta mencopot Kapolda Kepulauan Riau, Kapolsek Barelang dan Komandan TNI AL Batam yang terlibat dalam kekerasan fisik terhadap masyarakat sipil.
Ada pun berdasarkan poster aksi yang diterima kumparan, demontrasi akan berlangsung sejak pukul 12.30 WIB. Aksi tersebut bertajuk 'Aksi 209 Bela Rempang: Ganyang Cukong Bebaskan NKRI dari Oligarki'.

https://kumparan.com/kumparannews/ma...E68Uif3zi/full

untung nggak ke Merdeka Selatan hari ini
muhamad.hanif.2
Mistaravim
Mistaravim dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0
416
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.