• Beranda
  • ...
  • Movies
  • [REVIEW] The Killing Vote! Hukum Sudah Mengecewakan Semua Orang

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
[REVIEW] The Killing Vote! Hukum Sudah Mengecewakan Semua Orang


Pernah nggak melihat penjahat yang dihukum sangat ringan padahal seluruh masyarakat menginginkan hukuman berat? Pernah nggak melihat para aparat yang malah menjadi keparat? Pernah nggak membayangkan kalau kita bisa menghakimi mereka dengan tangan kita sendiri?

The Killing Vote menjawab semua pertanyaan itu. Serial drama Korea ini menjadi salah satu serial tv Korea paling populer dengan tema yang berani dan cerita yang tersusun rapi. Berkisah mengenai seseorang / sekelompok orang yang tidak puas dengan sistem hukum di Korea dan memutuskan mengeksekusi sendiri para pelaku kejahatan yang bebas dari hukuman.

Meski demikian mereka tak sembarang mengeksekusi, mereka membiarkan rakyat Korea menjadi orang yang memutuskan apakah para terdakwa akan dieksekusi atau tidak. Mereka akan melakukan voting dan jika 50 persen memilih setuju maka terdakwa akan dieksekusi.



Bagi saya series ini sangat menarik karena mengusung tema INJUSTICE yang tidak setengah-setengah. Tak ada yang benar-benar baik maupun yang benar-benar jahat di sini, semua punya prinsip dan visi masing-masing. Pemerintah bukanlah lembaga yang seratus persen pro-rakyat sedangkan penjahat juga tidak seratus persen kontra-rakyat. Penjahat malah melakukan apa yang benar-benar rakyat inginkan.

Hukum sudah mengecewakan semua orang dan karena itu para iblis yang dianggap tak berdosa berkeliaran dengan bebas. Konsep ini sangat menarik untuk diikuti karena kita akan merasa terwakilkan dengan apa yang pasti pernah menjadi uneg-uneg kita. Kita pasti pernah bertanya-tanya kenapa si A bisa dihukum sangat ringan sementara si B dihukum sedemikian berat. Inilah cacat dalam hukum yang dijalankan manusia.



Uneg-uneg itu seolah menemukan pelampiasan melalui sosok villain yang tak memperdulikan hukum dan membunuh para iblis yang memang tak pantas hidup ini. Perbuatannya melanggar hukum, tapi baik dan salahnya adalah perdebatan sendiri yang mungkin tak ada akhirnya. Eksploitasi kecacatan dalam hukum ini sungguh sangat memuaskan untuk ditonton.

Serial ini sedikit banyak mengingatkan saya pada anime Death Note yang mana sang protagonist membunuh para kriminal yang akhirnya menurunkan angka kejahatan di seluruh dunia. Terlepas dari caranya benar atau tidak, hasilnya bisa dilihat secara nyata. Memangnya siapa yang tak menginginkan dunia tanpa kejahatan?



Pada akhirnya mana yang benar dan mana yang salah? Apakah mengikuti hukum meski salah lebih baik daripada menjadi penjahat yang melakukan hal yang benar? Dilema oh dilema.

Series ini masih berjalan dan sampai saat ini sudah memiliki 6 episode yang bisa ditonton di Amazon Prime. Kabarnya serial ini akan memiliki 12 episode dan saya sungguh penasaran akan konklusi yang telah mereka persiapkan. Ending dari serial ini akan menimbulkan kesan bittersweet karena jujur saja, di sudut hati kecil saya, saya ingin melihat penjahat menang.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
cor7
sedikitkurus
willz.smith
willz.smith dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.