zharkiAvatar border
TS
zharki 
Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung
      
Mesin cuci menjadi perangkat elektronik rumah tangga yang penting bagi emak-emak guna membantu pekerjaan rumah lebih ringan. Mesin cuci sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Lalu untuk mesin cuci 1 tabung masih terbagi lagi menjadi dua tipe, adalah front loadingdan top loading.

 

Sedikit cerita ya gan, beberapa minggu lalu mesin cuci di rumah ngadat nih, Gan!. Knob yang pada lepas, roller udah aus dan setelah diskusi dengan istri akhirnya berencana ganti baru. Sempat ngerasain bingung mau ganti mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung.

 

Mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang dirancang melakukan proses pencucian dan pengeringan dalam satu tabung. Sementara untuk mesin cuci 2 tabung sebaliknya, dimana terdapat dua tabung terpisah yang satu untuk mencuci dan satunya lagi untuk pengeringan.

Berawal dari cerita di atas, kali ini Ane mau bagiin tentang bedanya mesin cuci 1 tabung dengan mesin cuci 2 tabung.

 

Harga

Kalau ngelihat dari segi harga, mesin cuci 1 tabung memang terkenal mahal emoticon-Cape d.... Sementara untuk harga mesin cuci 2 tabung dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Harga yang berbeda ini tak lain karena fitur yang dimiliki mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung berbeda. Makanya nih gan, dulu ane lebih memilih 2 tabung dikarenakan urusan dompet biar irit emoticon-Malu (S).

 

Space di Rumah

Namun kalau ngelirik dari kacamata ketersediaan spacedi rumah tentu mesin cuci 1 tabung menjadi pilihan yang bijak bila ketersediaan tempat dirumah minim. You know lah Gan… mesin cuci 2 tabung kan punya jungkrungan lebih gede, bisa makan spot lebih!. emoticon-Mewek

 

Konsumsi Listrik & Air

Berdasarkan pengalaman ane di rumah, konsumsi listrik antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung nggak jauh beda koq. Beda cerita dengan pemakaian air, mesin cuci 2 tabung emang butuh air lebih banyak dibanding mesin cuci 1 tabung yang lebih hemat air. Jadi, bagi GanSis yang sumber air di rumah menggunakan air seperti dari PDAM, patut untuk dipertimbangkan karena berpengaruh ke tagihan air.

 

Proses Mencuci hingga Mengeringkan Pakaian

Dari segi proses, kinerja mesin cuci 1 tabung berjalan otomatis tanpa harus ngedokem nungguin sampai proses pengeringan. Sementara proses pada mesin cuci 2 tabung menuntut sedikit repot, karena kita wajib mindahin cucian ke tabung pengering. Jadi GanSis lebih pilih yang mana, silahkan dipertimbangkan yang terpenting bikin mudah saat mencuci.
 


Sebagai contoh adalah beberapa lineupmesin cuci dari LG yang menawarkan keunggulan demi membuat mudah saat mencuci pakaian. Dari fitur TurboWash, Control Center yang sudah digital, hingga tersematnya teknologi Artificial Intelligence (AI) sehingga bisa meremote mesin cuci dari jarak jauh dengan hubungkan mesin cuci ke smartphone melalui aplikasi ThinQ. Lewat aplikasi ini jadi gampang cek seberapa lama  proses pencucian, dan dapetin notifikasi jika cucian telah selesai.

 

Pemeliharaannya Bagaimana, Gan?

Dari segi maintenance, mesin cuci 1 tabung bakalan butuh biaya lebih mahal, soalnya suku cadang lebih banyak dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Belum lagi mesin cuci 1 tabung yang didominasi berbahan logam, jadi harus ekstra hati-hati agar mesin cuci tak cepat berkarat. Salah satunya dengan rajin lakukan pembersihan setelah proses pencucian hingga pengeringan. Sementara mesin cuci 2 tabung pemeliharaan relatif lebih mudah, karena didominasi dengan bahan plastik.

 

Itulah beberapa poin perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Kalau dari penjelasan di atas, gimana nih… GanSis bakal pilih mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung?

Coba posting pilihanmu di kolom komentar dengan sertakan alasannya ya..

Ane tungggu komentarnya lhoo Gan…

                                                      emoticon-Shakehand2
zep.170volt
agung.teuku
harryf2
harryf2 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
6.7K
246
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ CommunityKASKUS Official
578Thread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.