• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Aksi Bagi-Bagi Uang Zulkifli Hasan Viral di Media Sosial, Netizen: Politik Uang?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Aksi Bagi-Bagi Uang Zulkifli Hasan Viral di Media Sosial, Netizen: Politik Uang?


Wah, agan-agan dan sista-sista nih, ada berita seru nih yang lagi rame di media sosial. Kabarnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yaitu Zulkifli Hasan, viral gara-gara aksi bagi-bagi uang ke warga. Gimana menurut agan-agan semua? Pasti pada penasaran kan?

Jadi, Zulkifli Hasan nih, katanya dia bagi-bagi uang sebesar Rp50 ribu ke sejumlah warga. Videonya itu lho, beredar di TikTok dan Instagram. Ngomong-ngomong, kayaknya aksi Zulkifli ini juga menarik perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sista-sista. Ali Fikri, Juru Bicara KPK, bahkan ngecam aksi tersebut dan mengingatkan bahwa semua proses demokrasi harus dilakukan dengan antikorupsi.

KPK juga telah seringkali mengkampanyekan untuk bersih dalam berpolitik, tidak melakukan hal-hal yang curang untuk menarik masyarakat agar memberikan hak pilihnya termasuk dengan aksi curang bagi-bagi uang jelang pemilu atau biasa disebut dengan istilah money politik.




Namun, ada juga yang menganggap aksi Zulkifli ini sebagai bagian dari kampanye "Hajar Serangan Fajar", yang artinya siapapun yang terlibat dalam proses demokrasi harus melakukan dengan bersih dan anti-korupsi. Mungkin agan-agan punya pendapat lain?

Selain itu, berita ini juga menarik perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka nih langsung ngeluncurin tim buat menyelidiki kasus ini. Wah, berarti Zulkifli bakal diawasi dengan ketat nih, sista-sista.

Meskipun berita ini viral, kita juga perlu mengingat bahwa belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai aksi Zulkifli ini. Makanya, kita harus nunggu hasil investigasi dari Bawaslu dan melihat bagaimana permasalahan ini akan diselesaikan.

Terkait adanya pemberitaan ini warganet pun juga memberikan pendapatnya, dimana netizen menyebutkan bahwa money politik atau politik uang sudah menjadi rutinitas pesta pemilu sehingga sangat sulit untuk dicegah dan dihindari. Tidak sedikit netizen yang mengaku menerima uangnya dan tidak memilih calon yang memberikan uang sebagai bentuk memberikan pelajaran kepada caleg-caleg yang curang dalam mendapatkan suara pemilih.




TS pribadi sebenarnya setuju tidak setuju dengan pendapat netizen GanSis, karena menormalisasi money politik juga merupakan hal yang salah. Hanya saja untuk memberikan pelajaran kepada para caleg bahwa uang mereka tidak bisa membeli suara rakyat diharapkan bisa membawa caleg-caleg di pemilu selanjutnya untuk tidak melakukan hal-hal serupa meskipun itu juga menormalisasi membalas kecurangan dengan kecurangan.

Gimana nih, agan-agan? Apa kalian setuju dengan aksi Zulkifli yang bagi-bagi uang ini? Atau ada pendapat lain? Yuk, diskusi di kolom komentar.


Penulis: @masnukho 

Narasi

KGPT dan ulasan pribadi

Sumber gambar

1,2,3

Referensi


primawidhie
agusn6778
nasigoreng77
nasigoreng77 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.