iskrim
TS
iskrim
Fitur Baru WhatsApp Hadir Nih, Gan, Bikin Senang Atau Gamang?


Tidak dipungkiri lagi aplikasi perpesanan WhatsApp kini semakin populer dan sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Saya yakin setiap smartphone siapapun pasti sudah menginstal aplikasi ini, WhatsApp seolah mewakili komunikasi seseorang lewat teks, suara, video sampai urusan bisnis dengan mudahnya.

Tentu saja supaya WhatsApp terus digunakan dan selalu up to date mereka selalu menghadirkan fitur-fitur terkini guna mendukung kebutuhan kita termasuk hqnya untuk membaca status seseorang yang kadang tidak penting tapi membuat orang jadi penasaran.

Satu fitur terbaru yang sebetulnya bukan baru juga tapi menurut saya ini semacam pemutakhiran fitur agar pengguna semakin leluasa bercakap via WhatsApp terutama mereka yang sering typo atau salah kirim pesan ke seseorang. Yes, fitur hapus sebenarnya sudah cukup lama hadir di WhatsApp, tapi fitur yang mirip ini berupa pengeditan teks atau pesan yang sudah terlanjur dikirim.

Yes, fitur Edit teks baru saja hadir dan saya menerima pesan personal ini masuk di WhatsApp saya kemudian langsung saya coba dan hasilnya terbukti bisa membantu jika ada kata atau kalimat yang perlu diganti atau dikoreksi, termasuk mengubah emoji.

Ide ini cukup menarik mengingat pernah ada kasus orang tanpa sengaja salah kirim karakter emoji akhirnya berlanjut ke pengadilan, benang merah dari kasus ini adalah salah persepsi atau memaknai emoji jempol dianggap penerima sebuah pernyataan OK padahal menurut pengirim jempol yang dia maksudkan pesan sudah diterima, bukan sesuatu yang harus disetujui.

Karena kasus ini berupa urusan bisnis tentu saja ada yang merasa dirugikan tapi akhirnya pengadilan membatalkan tuntutan tersebut dan kasus dianggap selesai karena landasan hukumnya juga belum ada.



Kembali ke soal fitur Edit di WhatsApp ini kamu bisa mencobanya langsung jika minimal sudah memiliki WhatsApp versi 2.23.17.80 (setidaknya ini yang saya punya).



Dalam percobaan pertama saya kirim pesan bertuliskan Tes



Untuk mengubah atau mengedit tekan agak lama pesan Tesyang sudah terkirim tadi, lalu klik 3 titik bertumpuk sudut atas kanan Whatsapp dan temukan pilihan Edit



Kamu akan masuk ke window edit.. disini kamu tinggal ubah teks atau ubah emoji yang kamu inginkan, jika sudah tekan tanda Centang. Tes menjadi Tes Ting



Teks hasil edit tadi langsung berubah dan ada tambahan pesan kecil bertuliskan 'di edit' dibawah teks tadi.

Fitur edit ini menurut WhatsApp bisa dilakukan jika pesan terkirim tidak lebih dari 15 menit dengan status pesan belum dibaca atau sudah dibaca oleh penerima. Fitur edit hanya berupa teks saja tidak berlaku untuk mengedit foto, video, atau jenis media lainnya. Saya juga belum mengujinya di WhatsApp versi bisnis apakah memiliki fitur serupa.

Nilai plusnya tentu kita jadi cukup terbantu memperbaiki kesalahan ketik tapi minusnya bisa jadi cara untuk 'mengerjai' atau membingungkan penerima jika ada pesanan sudah terlanjur dibuat. Misalkan, awalnya pesan dibaca oleh penjual pizza 5 box, tapi 10 menit kemudian pembeli dalam hal ini pengirim pesan mengubah jadi 2 box saja. Hm.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : WhatsApp 


Diubah oleh iskrim 14-09-2023 01:38
CaiFukujangerimisadolfsbasthian
adolfsbasthian dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
83
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
33.6KThread23.2KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.