pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Banyak Pungutan Sumbangan di Sekolah Negeri Depok, Orang Tua Siswa Mulai Menjerit


Limo | jurnaldepok.id
Ketua Forum Pemuda Limo (FPL), Lukman Hakim mengaku mendapat keluhan dari sejumlah orang tua (ortu) siswa terkait penetapan besaran uang untuk kegiatan Perkemahan Kepanduan bagi siswa kelas X yang mencapai Rp 803.400,- untuk setiap siswa.

“Ya, saya menerima sejumlah keluhan dari beberapa orang tua murid terkait biaya kegiatan Perkemahan Kepanduan yang rencananya bakal dilaksanakan pada 4-6 Oktober 2023 di kawasan Gunung Salak Bogor,” ujar Lukman kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakannya, meskipun biaya untuk kegiatan Perkemahan Kepanduan bagi siswa kelas X bisa dicicil, namun lanjut dia, besaran uang untuk berkemah di resort Gunung Bunder itu menurutnya terlalu memberatkan orang tua murid yang notabene belum lama ini cukup dipusingkan oleh pengadaan biaya kelanjutan pendidikan anak.

“Saya rasa kalau setiap siswa atau peserta kegiatan berkemah harus membayar lebih dari Rp 800 ribu tentu akan sangat memberatkan orang tua murid, apalagi belum lama ini orang tua murid cukup direpotkan dengan biaya kelanjutan sekolah anak,” paparnya.

Dikatakan Lukman, pada surat pemberitahuan kegiatan Perkemahan Kepanduan nomor : 421.2 / 621 – Kesis / IX / 20223 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah disebutkan bagi peserta didik yang tidak mengikuti kegiatan tersebut maka sebagai penggantinya mengikuti kegiatan Pramuka setiap satu minggu sekali di sekolah.

“Kami melihat ada beberapa item kegiatan dilampirkan surat yang diterima oleh wali murid nyaris sama, misalnya item penggunaan dana untuk kesehatan (obat obatan dan tenaga medis) karena di item lain ada tertulis ada budget penggunaan dana untuk tim kesehatan. Belum lagi soal budget untuk biaya villa, tenda dan barak. Namun terlepas dari itu semua, kami berharap penetapan uang Perkemahan Kepanduan tidak terlalu besar dan tidak memberatkan orang tua murid,” harapnya.

Dia menambahkan, pengadaan kegiatan sekolah yang membutuhkan biaya dari orang tua murid jelas akan menjadi beban tambahan bagi masyarakat terutama para keluarga yang memiliki anak yang sedang bersekolah.

“Perlu diperhatikan, terkadang dalam satu keluarga memiliki dua atau tiga orang anak yang sedang bersekolah, artinya beban orang tua murid itu berat. Terkait pelaksanaan kegiatan di sekolah terkadang sang anak tidak mau tahu soal kesulitan orang tua dan ngotot untuk tetap ikut seperti teman- temannya, ini yang kadang membuat orang tua kebingungan dan terpaksa mengikuti kemauan sang anak,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir potensi masalah yang dapat ditimbulkan dari penetapan uang Perkemahan Kepanduan tersebut, Lukman berharap agar pihak sekolah meninjau ulang besaran biaya perkemahan paling tidak sama dengan tahun lalu yakni sebesar Rp 550 ribu/peserta didik.

“Saya dengar tahun lalu biaya Perkemahan Kepanduan hanya Rp 550 ribu, nah segitu saya rasa enggak terlalu memberatkan orang tua murid,” terangnya.

Sebelumnya, hal serupa juga dialami oleh orang tua siswa SMA Negeri 10 Depok yang mengeluhkan banyaknya pungutan biaya di sekolah.

Ia meminta pihak terkait untuk mengusut pungutan tersebut karena dirasakan memberatkan para orang tua siswa.

“Banyak pungutan uang tak jelas seperti uang infaq Rp 200 ribu/bulan, uang Pramuka Rp 100 ribu/tahun dan uang seragam Rp 1.700.000. Alasannya uang tersebut untuk operasional sekolah,” kata orang tua siswa yang namanya enggan disebutkan.

Tak hanya di SMA Negeri, kabar miring terkait pungutan ‘liar’ juga sempat mencuat beberapa waktu lalu di salah satu SD Negeri di wilayah Sawangan dengan berdalih untuk uang seragam yang nilainya mencapai ratusan ribu. n Asti Ediawan | Rahmat Tarmuji


jurnaldepok.id

Quote:
Diubah oleh pilotproject715 13-09-2023 04:53
viniest
anu.ku.l
aldonistic
aldonistic dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.1K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.