Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Awal Mula Emak-emak Putar Balik di Tol Sumsel hingga Minta Maaf
Jakarta -Viral emak-emak putar balik di Tol Indralaya-Prabumulih, Sumsel usai menggeser barier atau pembatas jalan. Kasus ini viral karena emak-emak tersebut memaksa putar balik padahal sudah tampak rambu-rambu lalu lintas larangan putar balik.
Pihak kepolisian pun turun tangan menyelidiki peristiwa ini. Kini, emak-emak tersebut minta maaf. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Awal Peristiwa Emak-emak Putar Balik di Tol
Aksi emak-emak pindahkan barier di jalan tol viral di media sosial. Dilansir detikSumbagsel, emak-emak tersebut menggeser barier atau pembatas jalan agar mobil Toyota Fortuner hitam bisa putar balik di ruas Tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu), Sumatera Selatan.

Dalam video yang viral, Fortuner hitam itu awalnya berhenti di lajur cepat jalan tol dan jalan melambat. Di lokasi, tampak rambu-rambu lalu lintas yang melarang putar balik.

Fortuner itu tiba-tiba mendekat ke pagar pembatas tol berwarna oranye itu dan hendak putar balik. Terlihat tiga wanita berusaha menggeser barier atau pembatas jalan di sana. Setelah pembatas bisa digeser, Fortuner yang mereka tumpangi itu bisa dengan kemudian putar balik.

Polisi memastikan aksi emak-emak itu terjadi di ruas tol tersebut tepatnya di Km 26 lajur Indralaya menuju Prabumulih.

"Dari penyelidikan sementara, itu kejadiannya di Km 26," kata Kanit PJR Ditlantas Polda Sumsel ruas Tol Indraprabu Ipda Adi Malau, Jumat (8/9/2023).

Menurutnya, lokasi kejadian itu berada sembilan kilometer dari simpang susunan gerbang Tol Indralaya, di Ogan Ilir (OI), pada Kamis (7/9/2023). Fortuner yang diduga melaju dari arah Palembang itu diduga hendak keluar di gerbang tol Indralaya, tetapi sudah kelewatan sehingga memutuskan untuk putar balik.

"Kalau kejadian itu sepertinya kemarin (7/9). Di Jalur dari Palembang menuju ke Prabumulih, tepatnya masuk wilayah Kabupaten Ogan Ilir. Dugaan sementara mungkin seperti itu (mau keluar di gerbang tol Indralaya, tapi kelewatan)," katanya.

Polisi Buru Pelaku
Polisi langsung memburu Fortuner termasuk tiga emak-emak tersebut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya karena telah melanggar atur lalu lintas di jalan tol. Diketahui, emak-emak tersebut memaksakan mobil Fortuner untuk bisa putar balik di jalan tol.

"Tentu akan kita proses dan diberikan efek jerah terhadap pengemudi dan penumpang mobil itu. Penyelidikan masih terus berlangsung," jelas Kanit PJR Ditlantas Polda Sumsel ruas Tol Indraprabu Ipda Adi Malau.

Pelaku Terancam Didenda
EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo menyayangkan aksi membahayakan emak-emak di Tol Sumsel itu. Pihaknya akan memberikan tindakan tegas.

"Terkait dengan kejadian tersebut kami sangat menyayangkan dan akan menindak tegas kendaraan yang menerobos pagar pembatas untuk putar balik di jalan tol," ungkapnya, Jumat (8/9/2023).

HK terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian baik dengan Sat PJR Ditlantas Polda Sumsel maupun Satlantas Polres Ogan Ilir terkait kejadian itu. Investigasi secara bersama masih terus dilakukan.

"Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Polres Ogan Ilir & PJR Polda Sumsel sedang melakukan investigasi di lapangan terkait identitas kendaraan yang melakukan pelanggaran tersebut di mana sebelumnya Hutama Karya telah memasang larangan putarbalik dan barrier sebagai pembatas," katanya.

Menurutnya, putar balik di tol merupakan tindakan pelanggaran lalu lintas yang sudah diatur pemerintah. Pengendara yang melakukan perbuatan itu wajib diberikan sanksi dikenakan denda dua kali lipat dari tarif jarak terjauh di ruas tol tersebut.

"Adapun putar balik di jalan tol tidak diperbolehkan dan menyalahi Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, di mana kendaraan yang putar balik akan mendapatkan sanksi Asal Gerbang Salah (AGS) dan dikenakan denda dua kali lipat dari tarif jarak terjauh di ruas tol tersebut," jelasnya.

Emak-emak Penggeser Barier Tol Sumsel Ditilang
Emak-emak yang menggeser barier atau pembatas jalan di Tol Sumsel agar mobil Fortuner bisa putar balik, ditilang polisi. Polisi juga menahan mobil berwarna hitam itu.

"Sudah ditilang dan sekarang kendaraannya ada di Polres Ogan Ilir," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Sumsel Kompol Mamat Dana Prawira, Minggu (10/9/2023).

Emak-emak yang Paksa Putar Balik di Tol Sumsel Minta Maaf
Emak-emak yang menggeser barrier dan memutar balik Fortuner di Tol Indralaya-Prabumulih, Sumsel meminta maaf. Emak-emak itu mengaku panik sehingga memutar arah.

"Kami emak-emak meminta maaf kepada masyarakat Ogan Ilir dan sekitarnya karena kami melakukan aksi tersebut atas dasar terdesak dan panik saja," ungkap salah satu emak-emak yang viral, Senin (11/9/2023).

Mereka sadar perbuatannya membahayakan. Dia mengimbau pengendara lain tak meniru aksi putar balik di Tol.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan kejadian sama, jangan memutar di tol karena membahayakan diri kita dan orang lain," tambahnya.

https://news.detik.com/berita/d-6924...a-minta-maaf/2

Ketololan tanpa batasemoticon-Leh Uga
vizum78
b42l4t4k
itkgid
itkgid dan 12 lainnya memberi reputasi
13
796
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.