Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa dan Pengangguran agar Kualitas Diri Meningkat!
5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa dan Pengangguran agar Kualitas Diri Meningkat!
Sumber Gambar

Konten Sensitif
5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa dan Pengangguran agar Kualitas Diri Meningkat!


Kehidupan seorang mahasiswa identik dengan kegiatan seputar kampus dengan segala kesibukannya. Banyaknya tugas, deadline dan jadwal kelas yang mungkin padat. Hal ini kadang membuat kita menjadi tidak punya waktu untuk melakukan hal lainnya. Untuk itu, waktu luang bagi seorang mahasiswa sangatlah berharga dan harus digunakan sebaik mungkin.

Ada yang menjadikan waktu luang sebagai waktu mengistirahatkan diri. Tapi jika ingin lebih banyak pengalaman menarik, kita bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk meningkatkan value diri dengan melakukan kegiatan produktif. Tidak hanya untuk mahasiswa, ini juga bisa diterapkan untuk kalian yang menganggur, sedang mencari kerja atau menunggu panggilan kerja yang tentu punya banyak waktu luang.

Untuk itu, berikut adalah kegiatan produktif yang bisa dilakukan bagi para mahasiswa dan juga pencari kerja! emoticon-Blue Guy Peace

5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa dan Pengangguran agar Kualitas Diri Meningkat!


1. Ikuti Seminar
Quote:

Awalnya saya sempat berpikir, untuk apa sih ikut-ikut seminar? Sampai saya mencobanya sendiri. Ternyata ilmu yang disampaikan langsung oleh ahlinya jauh lebih masuk ke kita ketimbang membaca atau menonton video. Dengan menyimak para pemateri, kita jadi mendapatkan perspektif lain mengenai suatu topik yang sedang dibahas.

Apalagi jika seminar seputar bakat atau keahlian tertentu, akan sangat berguna mengingat orang yang menyampaikan materi adalah orang yang pernah terjun langsung di bidang tersebut. Akan banyak pengalaman yang dibagikan yang tidak kita dapatkan dari buku atau apapun itu.

2. Ikut Komunitas atau Organisasi
Quote:


Organisasi banyak ditemukan di luar atau di dalam kampus. Kalau bisa, carilah organisasi yang sesuai dengan minat bakatmu. Misalnya organisasi menulis, menyanyi atau yang lain. Yang sekiranya bisa jadi tempat untuk mengasah skill, wadah untuk menerima kritik dan masukan hingga mendapatkan teman-teman baru.

Dengan banyaknya teman dan relasi baru, kita bisa saling berbagi informasi seputar pekerjaan dan lowongan yang tersedia. Selain itu, dengan bertemu banyak orang, skillkomunikasi kita juga akan terasah di mana ini sangat berguna untuk melamar kerja atau untuk kuliah. Pokoknya, bangun relasi seluas-luasnya karena itu akan sangat berguna nantinya.

3. Part-time atau Freelance
Quote:


Jika sedang tidak memiliki pekerjaan atau sulit mendapat pekerjaan, part -imedan freelance bisa jadi solusi untuk mengatasi kekosonganmu. Mahasiswa yang ikut part-time akan lebih produktif dan mendapatkan uang dari hasil bekerja. Selain itu juga mendapatkan pengalaman kerja yang tentunya akan berguna ketika sudah lulus nanti.

Begitu juga untuk orang yang belum bekerja, mengerjakan project freelance akan menambah portofolio yang nantinya akan berguna untuk meningkatkan daya saing dengan para pelamar lainnya. Selain itu, hal ini juga menjaga agar keahlian kita tidak pudar.

4. Pelajari Kemampuan Baru
Quote:


Kadang, saking sudah melekatnya kita di suatu keahlian atau jurusan tertentu, kita jadi tidak terbuka dan malas mempelajari hal baru. Dengan mempelajari hal baru, kita bisa semakin memperluas wawasan dan melihat segala sesuatu dari banyak perspektif. Belajar hal baru juga dapat merangsang ide-ide segar dan kreatif yang bisa meningkatkan produktifitas kita.

Mempelajari kemampuan baru juga dapat berguna sebagai side skillatau kemampuan lain yang menopang kemampuan utama kita. Contohnya adalah Bahasa Inggris. Misalnya kita seorang penulis, dengan kemampuan bahasa Inggris yang bagus maka kita bisa menulis dalam bahasa Inggris dan mendapatkan pembaca dari luar negeri. Semakin banyak kemampuan, semakin banyak peluang terbuka!

5. Merawat Diri
Quote:


Terakhir ini yang penting, merawat diri juga suatu hal yang penting dan kerap kali dilupakan. Padahal membuat diri kita menjadi terlihat rapi, bersih dan enak dipandang juga suatu bentuk produktifitas. Dengan penampilan yang bersih dan rapi, rasa percaya diri kita juga akan meningkat. Kita pun akan lebih nyaman dalam berkegiatan sehari-hari.

Penampilan rapi juga berpengaruh bagi para pencari kerja. Karena rekruter juga akan menilai dari cara kita merawat dan memperhatikan diri sendiri. Kalau kita tidak rapi, berantakan dan bau, siapa juga yang mau suka dengan kita. Pasti semua orang akan lebih nyaman bertemu dengan orang yang bersih dan wangi.

Sampai sini paham, GanSis?  emoticon-Blue Guy Smile (S)

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa dan Pengangguran agar Kualitas Diri Meningkat!

Ya, itulah tadi beberapa hal produktif yang bisa saya sampaikan untuk para mahasiswa dan calon-calon pekerja. Dengan berkegiatan yang produktif, value diri kita juga akan semakin meningkat. Banyak skill terasah dan orang pun tidak akan memandang sebelah mata. Terutama bagi para pencari kerja yang siap berhadapan dengan HRD.

Penting juga untuk mahasiswa seperti saya di mana produktifitas selain di kampus cukup worth it untuk dilakukan. Demi mendapatkan pengalaman dan kemampuan yang nantinya berguna pada saat lulus dari kuliah. Sehingga kita bisa menjadi fresh graduate yang berkualitas dan mampu bersaing!

Quote:


emoticon-Jempol

Tulisan dan Opini Pribadi

Jangan lupa bagi cendolnya gan!emoticon-Cendol (S)

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Konten Sensitif
5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa dan Pengangguran agar Kualitas Diri Meningkat!
jefrie69
lgeindonesia
delia.adel
delia.adel dan 10 lainnya memberi reputasi
7
1.1K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ CommunityKASKUS Official
587Thread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.