harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Bisnis Kuliner Selebriti yang Bangkrut! Bukti Popularitas Tidak Menjamin?

Sumber Gambar


Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang cukup diminati oleh banyak orang. Karena bisnis ini sendiri merupakan bisnis yang kemungkinan akan diminati banyak orang. Karena siapa yang tidak butuh makan? Makanan adalah kebutuhan dan dengan berbisnis kuliner ada peluang bahwa kuliner kita akan dibeli orang yang merasa lapar setiap harinya.

Karena dianggap mudah untuk dijalankan dan diapasarkan, bisnis kuliner di Indonesia pun menggeliat. Hal ini menarik minat para artis untuk ikut terjun ke bisnis kuliner. Bukan hanya mengandalkan rasa serta inovasi. Nama besar dan ketenaran mereka juga tentunya menentukan kesuksesan bisnis kuliner nantinya karena sudah memiliki basis fans yang besar.

Sayangnya, ketenaran ternyata tidak selalu menjanjikan peluang bisnis menjadi sukses. Karena pada dasarnya tergantung kemampuan mengelola dan membangun bisnis juga. Kalau hanya mengandalkan ketenaran, bisa jadi tidak akan bertahan lama.

Seperti beberapa artis berikut ini yang usaha kulinernya harus berujung dengan kebangkrutan!



1. Bakmi RN (Raffi Nagita)


Sumber Gambar

Bakmi RN merupakan salah satu bisnis Raffi Ahmad yang harus bangkrut. Bakmi ini sendiri muncul di akhir tahun 2017. Kala itu, cukup banyak yang antusias hingga rela antri demi membeli Bakmi RN ini. Banyak yang penasaran dengan rasanya hingga akhirnya viral di media sosial.

Sayangnya, di 2019 bisnis ini tidak bisa bertahan dan mengalami kebangkrutan yang kabarnya dikarenakan minimnya orang yang tertarik membeli.

2. Correlate (Chef Juna)


Sumber Gambar

Seperti yang kita tahu, nama Chef Juna sangat terkenal di Indonesia sebagai salah satu chef ternama. Sesuai bidangnya, Chef Juna pernah mencoba terjun ke bisnis kuliner dengan membangun restoran sendiri dengan nama Correlate. Restoran yang menyajikan makanan Jepang.

Rupanya nama besar Chef Juna tak mampu mempertahankan bisnis ini. Correlate hanya bertahan 1 tahun sebelum akhirnya tutup karena sepi pengunjung.

3. Sushi Miyabi (Dude Harlino)


Sumber Gambar

Restoran Jepang milik Dude Harlino ini pernah viral dan laku keras. Bahkan pengunjungnya dalam sehari bisa sampai membludak. Karena kesuskesan ini, Dude Harlino akhirnya percaya diri untuk membuka cabang di berbagai daerah untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Sayangnya, sepertinya Dude terburu-buru dan salah langkah. Semua cabangnya malah sepi dan mengakibatkan kerugian hingga berujung ke bangkrutnya Sushi Miyabi miliknya.

4. Bakmi Wong (Baim Wong)


Sumber Gambar

Sebelum sesukses sekarang, Baim Wong pernah berada di titik terendah di saat usaha kulinernya bangkrut. Ia rugi sampai 1,5 miliar. Baim juga ditipu temannya. Dan hutangnya di mana-mana hingga harus menjual mobil demi membayar hutangnya.

Padahal di awal-awal kemunculannya, Bakmi Wong sangat ramai seperti halnya Bakmie RN milik Raffi dan Nagita. Tapi karena sepi peminat, pelan-pelan bisnis ini tutup perlahan.

5. Bulgogi Brothers (Bunga Citra Lestari)


Sumber Gambar

Restoran milik BCL ini bertema Korea dengan aneka pilihan menu makanan yang beragam. Mulai dari Bulgogi, Tteokbokki dan Kimchi. Mengingat memang hal-hal berbau Korea memang sangat banyak diminati banyak orang membuatnya tergugah untuk membuka restoran Korea.

Sayangnya, restoran Korea BCL ini harus tutup karena kalah saing dengan para saingannya di bidang yang sama. Sampai akhirnya bisnis ini pun bangkrut.

emoticon-Sorry

Ya, bila dilihat dari kuliner di atas rata-rata makanan yang sudah banyak beredar. Bakmie, makanan Jepang, Korea. Makanan-makanan itu sudah banyak di mana-mana. Saingannya pun banyak, sehingga wajar jika tidak pandai membuat branding maka akan kalah saing. Penunjung hanya akan datang sekali karena penasaran dengan makanan artis, kemudian pergi.

Jadi jangan sembarangan terjun ke suatu bisnis hanya karena merasa peluangnya besar.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, artis mana lagi yang bisnis kulinernya gagal? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
terbitcomyt
yasyah81
royekayuda
royekayuda dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.4K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.