Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taatpajakhebatAvatar border
TS
taatpajakhebat
2 Jenderal Amerika Tak Bisa Tutupi Kekaguman ke Indonesia Karena Super Garuda...
2 Jenderal Amerika Tak Bisa Tutupi Kekaguman ke Indonesia Karena Super Garuda Shield 2023 Terbesar di Sejarah

2 Jenderal Amerika Tak Bisa Tutupi Kekaguman ke Indonesia Karena Super Garuda...



ZONAJAKARTA.COM- Meski Super Garuda Shield merupakan ajang latihan bersama yang diselenggarakan Indonesia dan Amerika Serikat (AS) tiap tahun, namun ada yang berbeda dengan Super Garuda Shield 2023 kali ini.

Bahkan, 2 jenderal AS sama-sama mengaku kagum dan terkesan dengan pelaksanaan Super Garuda Shield 2023 di Indonesia kali ini.

Meskipun mereka juga ikut terlibat dalam pelaksanaan latihan, namun 2 jenderal AS ini tak bisa menutupi kekaguman mereka terhadap Indonesia sebagai tuan rumah Super Garuda Shield 2023.


Ajang latihan bersama Super Garuda Shield 2023 yang diselenggarakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Amerika Serikat (AS) merupakan latihan gabungan terbesar yang melibatkan 5000 prajurit.

Jumlah peserta Super Garuda Shield 2023 yang diselenggarakan bersama AS ini diumumkan langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat pembukaan.

Dalam sambutannya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., menyampaikan bahwa lebih dari 5.000 prajurit akan terlibat dari 17 negara, saling bahu membahu untuk meningkatkan kapabilitas dan juga kemitraan.

Baik itu sebagai peserta maupun pengamat, kehadiran setiap negara di tempat ini sangat berarti dan menunjukkan komitmen kita semua dalam mendukung perdamaian dan kerjasama.


Lebih dari itu kegiatan ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengenal aneka produk tradisional Indonesia, budaya, adat istiadat dan keragaman yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

“Super Garuda Shield mereplikasikan lingkungan pertahanan dan keamanan yang dinamis dimana seluruh prajurit yang berpartisipasi akan berlatih dan mengembangkan kemampuannya dalam merencanakan, memimpin, dan berkomunikasi dengan sesama rekannya dalam waktu yang singkat ini," ujar Panglima TNI Laksamana Yudo Margono seperti dikutip Zonajakarta.com dari akun Instagram @puspentni.

“Latihan tahun ini akan mempersiapkan kita untuk menghadapi spektrum tantangan yang kompleks, melalui agenda latihan darat dan maritim, dan juga operasi airborne.

Saya berharap kita mampu meningkatkan kesiapan dan memperkuat kepabilitas pertahanan kita,” Jelas Laksamana TNI Yudo Margono.


Menurut Puspen TNI, Super Garuda Shield, sebuah ajang latihan bersama dengan skala cukup besar antara TNI dan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik, kembali digelar di Indonesia dan menjadi latihan multinasional terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Dalam upacara pembukaan Super Garuda Shield, bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. bersama I Corps Commanding General Lt Gen Brunson.

Pasukan upacara pembukan Super Garuda Shield 2023 terdiri dari TNI, USA, Australia, Singapura, dan Alat Utama Sistem persenjataan yaitu Astros & Himars, yang bertempat di Puslatpur 5 Marinir Baluran Jawa Timur, Kamis (31/8/2023).

Tak cuma karena jumlah pesertanya, Jenderal Amerika Serikat (AS) dibikin kagum dengan latihan Super Garuda Shield 2023.

Baca Juga: AS Kirim dari Hawaii, Ini Profil Pasukan Amerika yang Diterjunkan ke Super Garuda Shield 2023 di Indonesia

Pasalnya, Super Garuda Shield 2023 kali ini menjadi ajang latihan bersama (Latma) militer multinasional terbesar sepanjang sejarah yang pernah dilakukan di Indonesia dengan peserta negara-negara besar dunia.

Dikutip dari Puspen TNI, kekaguman atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah dari belasan negara untuk berlatih militer bersama juga diungkapkan oleh I Corps Commanding General Lt Gen Brunson dan latihan Super Garuda Shield menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan negara strategis dan penting bagi Amerika Serikat (AS).

2 Jenderal Amerika Tak Bisa Tutupi Kekaguman ke Indonesia Karena Super Garuda...

Jendral Amerika Akui Super Garuda Shield 2023 Bukti Indonesia Negara Besar yang Diperhitungkan

Baca Juga: 81 Tentara Kiriman Australia di Super Garuda Shield 2023 Bukan Pasukan Biasa, Ini Latar Belakangnya

Hal ini sekaligus menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang besar serta diperhitungkan dikancah internasional.

Dengan jumlah pulau lebih dari 17.000, ratusan suku dan budaya serta jumlah penduduk lebih dari 280 juta menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara besar di dunia.

Belum lagi dari sisi ekomomi dimana Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan terkuat dan persisten tinggi.

Ditambah dengan kekayaan alam yang begitu beragam dan berlimpah.

Baca Juga: AS Gotong Tank M1A1 Abrams Australia ke Super Garuda Shield 2023 di Indonesia Demi Pamerkan 1 Hal

Letak geografis Indonesia menempatkannya menjadi negara yang mempunyai nilai strategis bagi banyak negara lainnya.


Wilayahnya yang luas dan berbatasan dengan banyak negara selain menjadikan Indonesia negara besar juga memberikan tantangan terutama terhadap kedaulatan wilayah dan sumber daya alamnya.

Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan suatu bangsa untuk dapat melindungi negaranya baik dari sisi fisik maupun nonfisik.

Dibutuhkan kekuatan yang tidak hanya mampu melindungi luas wilayah Indonesia yang begitu besar tapi juga mampu melindungi segenap tumpah darahnnya, sumber daya dan kepentingannya serta mempunyai deterrence power yang diperhitungkan baik oleh kawan maupun lawan.

Baca Juga: Super Garuda Shield 2023 Akan Libatkan 22 Negara Sahabat Indonesia

Sejarah telah membuktikan bagaimana sumber daya seringkali menjadi alasan kedaulatan sebuah negara terancam dan kekuatan militer digunakan untuk menguasai tidak hanya wilayah tapi juga sumber dayanya.

Sehingga eksistensi sebuah negara, apalagi negara besar dengan segudang kekayaan alam bisa dikatakan sangat bergantung kepada kekuatan tentara atau militernya.

Tak cuma satu, rupanya ada jenderal Amerika lainnya yang juga dibikin Indonesia geleng kepala karena kagum dengan Super Garuda Shield 2023.

Ialah Mayjen Marcus Evans, Panglima Divisi Infanteri ke-25 Angkatan Darat AS di Schofield Barracks, Hawaii yang terkesan dengan Super Garuda Shield 2023.

Baca Juga: Lidah Tak Bisa Dibohongi, Begini Reaksi Tentara Jepang & Amerika Makan Ransum TNI di Super Garuda Shield 2023

Dikutip dari Puspen TNI, Mayjen Marcus Evans, Panglima Divisi Infanteri ke-25 Angkatan Darat AS di Schofield Barracks, Hawaii melaksanakan pertemuan dengan Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr. (Han) selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latgabma Super Garuda Shield 2023 beserta staf Satgas, bertempat di ruang tamu Markas Komando (Mako) Puslatpur 5 Marinir, Baluran Situbondo Jawa timur, Rabu (6/9/2023).

Dalam pertemuannya dengan Dansatgas Super Garuda Shield 2023, Mayjen Evans yang didampingi beberapa staf dari Divisi Infanteri ke-25 Angkatan Darat AS menerima penjelasan terkait kesiapan latihan puncak Super Garuda Shield dari Kolonel Inf Yoga Susetyo selaku Wadansatgas Super Garuda Shield 2023.

Dalam penyampaiannya, Wadansatgas memaparkan beberapa kesiapan teknis latihan puncak Super Garuda Shield 2023 yng meliputi Operasi Gabungan (Opsgab) Linud/Airborne, Opsgab Pasukan Khusus, Opsgab Perebutan Objek Vital, Opsgab Amfibi dan Latihan Tembakan Amunisi Tajam Terintegrasi atau Combined Arms Life Fire Exercise (CALFEX).

Baca Juga: Super Garuda Shield 2023 Bikin Pasukan Khusus TNI dan US Army Adu Taktik Perang Jarak Dekat Ini

Usai menerima Paparan, Mayjen Marcus Evans sangat mengapresiasi jerih payah yang telah dicurahkan oleh seluruh penyelenggara serta pelaku yang terlibat secara langsung pada latihan berskala multi nasional ini.

2 Jenderal Amerika Tak Bisa Tutupi Kekaguman ke Indonesia Karena Super Garuda...

2 Jenderal Amerika Tak Bisa Tutupi Kekaguman ke Indonesia Karena Super Garuda Shield 2023 Terbesar di Sejarah

Selain itu, Pati Bintang Dua ini juga menegaskan komitmennya untuk terus mempertahankan hubungan kemitraan strategis yang telah terjalin baik antara TNI dan US Army serta berharap Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield yang diselenggarakan tahun ini akan berjalan sukses tanpa kendala.

Mayjen Marcus Evans adalah seorang Perwira Infantri lulusan Akademi Militer Amerika Serikat tahun 1994.

Baca Juga: AS Kirim dari Hawaii, Ini Profil Pasukan Amerika yang Diterjunkan ke Super Garuda Shield 2023 di Indonesia

Sebelum menjabat Panglima Divisi Infanteri ke-25 dan Komandan Senior Angkatan Darat AS di Hawaii, Mayjen Evans menjabat Kepala Staf Komando Operasi Khusus AS.

Jabatan Mayjen Evans dalam latihan Super Garuda Shield tahun 2023 adalah Komandan Multi-Nasional Armed Forces (ARFOR) AS.

***

https://www.zonajakarta.com/nasional...sejarah?page=4

Keren

emoticon-I Love Indonesia
.bindexee.
nomorelies
BALI999
BALI999 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
648
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.