Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moh.yasin22Avatar border
TS
moh.yasin22
Kebakaran Gunung Arjuno-Welirang Meluas hingga Mojokerto
Kebakaran Gunung Arjuno-Welirang Meluas hingga Mojokerto

Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang sebelumnya terjadi di wilayah Gunung Arjuno-Welirang telah meluas hingga mencapai Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Karhutla yang mengancam dua gunung ini sekarang telah menyebar ke Kawasan Blok Curah Kluntung dan Blok Coban Luku, Desa Pacet, Kecamatan Pacet.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto awalnya telah mengirimkan tiga personel untuk mengantisipasi penyebaran karhutla di perbatasan Kota Batu dan Kabupaten Mojokerto. Namun, sejak Senin pagi, 4 September 2023, karhutla tersebut berhasil merembet dan telah mencapai wilayah Kabupaten Mojokerto.

Abdul Khakim, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, menjelaskan, "Api karhutla telah merembet ke wilayah kawasan Blok Curah Kluntung & Blok Coban Luku yang secara administratif masuk wilayah Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto."

Blok Watu Tekek dan Blok Bedes Gugusan, yang terdampak oleh kebakaran, didominasi oleh tanaman alang-alang sentek, kebut, bambu petung, dan bambu apus. Sementara Blok Curah Kluntung dan Coba Luku, yang merupakan Jalur Pendakian Via Cangar, didominasi oleh alang-alang, semak belukar, dan hutan cemara.

"Dalam kejadian ini, lahan hutan yang terbakar didominasi oleh alang-alang dan bambu. Setidaknya 7 hektar lahan telah dilalap api. Petugas menghadapi kesulitan dalam memadamkan api karena medan yang terjal dengan kemiringan mencapai 70-80 derajat. Di Blok Curah Kluntung & Coban Luku, Kawasan Tahura R Soerjo, masih terlihat titik api," ungkapnya.

Hingga saat ini, petugas terus berusaha memadamkan api. Sebanyak 45 orang petugas gabungan dari Anggota Tahura R Soerjo, TNI/Polri, Komunitas Masyarakat Peduli Api (MAP), dan para relawan telah bergabung untuk melancarkan upaya pemadaman api.

Mengutip akun media sosial Instagram (IG) resmi Tahura R Soerjo, petugas meminta bantuan relawan untuk berpartisipasi dalam upaya pemadaman. Dalam postingannya yang berjudul "Arjuno Memanggil," mereka meminta relawan untuk ikut membantu dalam upaya pemadaman karhutla yang terus meluas.


Info lengkapnya DI SINI
CaiFuk
CaiFuk memberi reputasi
1
384
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.