Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aerolineasAvatar border
TS
aerolineas
Survei Terbaru Capres 2024: Prabowo Teratas, Anies Terbawah
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas tiga calon presiden (capres). Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menduduki posisi teratas versi hasil survei LSN.

Survei yang dirilis 1 September 2023 itu dilakukan sejak 14 hingga 24 Agustus 2023 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebesar 1.420 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Dengan margin of error +/- 2,6%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan responden oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner.

Responden dalam survei ini awalnya diberi pertanyaan terbuka (top of mind). Ada beberapa nama yang muncul, namun yang paling banyak disebut spontan oleh responden itu tiga nama yakni Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kemudian, responden diberi pertanyaan tertutup. Responden diberikan 12 nama tokoh, namun lagi-lagi Prabowo, Ganjar, dan Anies mendapat suara responden paling banyak.

LSN kemudian memberikan pertanyaan ke responden untuk mengetahui elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies. Responden diberi pertanyaan 'seandainya saat ini dilaksanakan pilpres dan hanya diikuti tiga capres di bawah ini, siapakah yang Anda pilih?'.

Hasilnya, sebagai berikut:

Prabowo Subianto 40,7%
Ganjar Pranowo 31,4%
Anies Baswedan 22,1%
Tidak tahu 5,8%.

"Dominasi Prabowo atas para kompetitornya tetap signifikan apabila pilpres hanya diikuti tiga capres saja," kata Direktur Eksekutif LSN, Dr Gema N Bakry saat memaparkan rilisnya.

Head to Head Prabowo Vs Ganjar

Kemudian, responden kembali diminta memilih dari dua nama capres teratas. Hasilnya, Prabowo Subianto tetap unggul.

'Seandainya Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo lolos ke putaran kedua, dan Pilpres putaran kedua tersebut dilaksanakan saat ini, siapakah yang Anda pilih?'

Jawaban responden: Prabowo 53,2% Vs Ganjar 39,1%, undecided 7,7%.

"Selisih elektabilitas yang sangat lebar antara Prabowo dan Ganjar dapat dimaklumi, mengingat suara pendukung Anies Baswedan cenderung mengarah ke Prabowo daripada Ganjar. Dengan kata lain, jika Anies tereliminasi di putaran pertama, hampir pasti mayoritas pendukungnya akan memberikan suara untuk Prabowo di putaran kedua," katanya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...s-terbawah/amp

Sebagai konsultan politik, saya akan memberikan saran kepada 3 paslon ini kalau mau menang..
pilotproject715
sc5
gh20
gh20 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
833
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.