Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Pangdam Cenderawasih: Lokasi Persembunyian Egianus Kogoya Terdeteksi

Pangdam Cenderawasih: Lokasi Persembunyian Egianus Kogoya Terdeteksi
CNN Indonesia
Senin, 04 Sep 2023 16:05 WIB
Bagikan:

Pangdam Cenderawasih menyatakan lokasi persembunyian KKB Egianus Kogoya sudah terdeteksi. (ANTARA/Evarukdijati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menyatakan tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya telah diketahui
TNI-Polri belum bertindak karena masih menunggu itikad kelompok Kogoya untuk membebaskan pilot Susi Air yang disandera, Philip Mark Mehrtens.

"Memang benar kami sudah mengetahui posisi Egianus Kogoya. Kami masih berharap agar Egianus Kogoya membebaskan sandera yang ditawannya sejak tanggal 7 Februari lalu," kata Izak Pangemanan kepada ANTARA di Jayapura, Papua, Senin.

Izak menyatakan penyanderaan terhadap Kapten Philip masih menimbulkan kekhawatiran kondisi keamanan di tengah masyarakat Nduga.

Masyarakat dikhawatirkan menjadi korban ketika terjadi pertempuran antara TNI-Polri dan KKB, sehingga pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut harus segera dibebaskan.

[B"Tidak sulit bagi TNI-Polri untuk menghancurkan mereka (KKB), namun itu tidak dilakukan,[/B]" tegas Izak.

Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pada 26 Mei atau lebih dari dua bulan lalu, KKB merilis video yang menunjukkan kondisi Philip. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu menyebut KKB akan menembaknya jika tidak ada negosiasi dalam dua bulan.

Pencarian pilot berkebangsaan Selandia Baru sejauh ini masih dipusatkan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

KKB belum lama ini dikabarkan telah menewaskan Michelle Kurisi Doga. Aktivis kemanusiaan itu ditemukan meninggal diduga akibat ditembak.

Izak menyatakan sebelum penembakan terhadap Michelle, sudah ada laporan terkait aktivitas korban yang menemui pengungsi dari Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Memang sebelum insiden penembakan terjadi, termonitor korban sedang melakukan pendataan terhadap pengungsi Nduga," ujar Izak.

Belum diketahui aktivis itu bekerja dengan siapa. Namun Izak menyesalkan dugaan pembunuhan terhadap aktivis yang peduli terhadap kemanusiaan tersebut, khususnya pengungsi di Nduga.

(Antara/gil)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ya-terdeteksi.

Udah gempur aja pas malam dan si pilot lagi kencing di luar markas KKB biar teralihkan



TPNPB diminta  junjung tinggi nilai kemanusiaan dan hak hidup warga sipil di daerah konflik
Pangdam Cenderawasih: Lokasi Persembunyian Egianus Kogoya Terdeteksi
Syam Terrajana - Aksi TPNPB, Pembunuhan Michelle Kurisi Ndoga, TPNPB
September 4, 2023
Writer: Hengky Yeimo | Editor: Syam Terrajana
TPNPB
Legislator Papua Namantus Gwijangge
Jayapura, Jubi- Legislator Papua, Namantus Gwijangge meminta  Kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB  di bawah komando Egianus Kogeya,  menjunjung tinggi nilai Hak Asasi Manusia dan hak hidup warga sipil di daerah konflik.
“Saya menyampaikan ini demi kemanusian, nilai kebersamaan, sesama anak bangsa dan menjunjung tinggi martabat manusia di atas segala-galanya, sehingga kalau ditemukan ada warga asing atau ada orang baru yang masuk, tidak boleh ada tindakan biadab seperti kasus pembunuhan terhadap Saudara Alm.Michelle Kurisi Ndoga ini,” katanya kepada Jubi saat diwawancarai melalui telepon selulernya, Senin (4/9/2023).

Gwijangge mengatakan, TPNPB harus bertanggung jawab atas tindakan keji, karana sudah melakukan kesalahan yang fatal terhadap perempuan yang tak bersenjata ditembak dan dibunuh.

“Harusnya diberi peringatan keras kalau dianggap berada di tempat-tempat ekstrim. Harunsya TPNPB melindungi dan memberikan perlindungan terhadapnya,” katanya.

“ TPNPB sudah salah fatal kalau melihat ada warga baru yang dicurigai mata-mata. TPNPB harus bisa membuktikan, tetapi tidak dengan cara bunuh-membunuh,” katanya.

“Jadi harus bertanggung jawab atas perbuatannya keji, dan biadab ini, karena ini perempuan, bukan laki-laki kasihan, perempuan itu dimana-mana perlu dilindungi dalam hukum perang apapun budaya perang adat dan perang negara, harus dilindungi namanya perempuan. TPNPB harus bertanggung jawab atas perbuatan jahat, kejam tidak beradab dan tidak manusiawi itu,” katanya.

Gwijangge mempertanyakan, bagaimana bisa  seorang perempuan berada di tempat ekstrim sendirian. Polisi perlu cek siapa yang mengantar ke TKP, untuk agenda apa, siapa yang suruh, hendak ketemu siapa.

“Hal ini perlu dibuka transparan ke publik, sehingga keluarga korban menerima keterbukaan transparansi dan investigasi yang mendalam,” katanya.(*)
https://jubi.id/polhukam/2023/tpnpb-...oogle_vignette
KKB cuma melindungi bule ..
kalau bukan bule sering dituduh intel..
0
290
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.