Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naileaAvatar border
TS
nailea
Apel Merah Prambanan - KUNCEN




Quote:


“Kalian ini bercanda-canda, awas gulanya tumpah-tumpah ituuu, ayok yang serius biar abis itu bisa main sana ke pasar” kata bude gue ceriwis persis bude-bude jawa bawel.


“iyaaaaaaaa bude” kata gue dan dua sepupu gue kompak.

“genduk, sama bude minta tolong ya rapihin uang-uang yang tumpah-tumpah di baskom” perintah bude gue sambil tunjuk baskom ijo jelek yang penuh sama uang - uang kertas.





Spontan gue dan dua sepupu gue mengangguk.

Cerita ini beneran kejadian in my real life yang buat gue pada akhirnya in between antara percaya dan gak percaya sama dunia lain dan apa itu sebuah janji. Keluarga bude gue tinggal di Prambanan, gue inget banget waktu gue umur 8 tahun gue seneng banget kalo diajak ke Jogja buat liburan karena bisa main kerumah bude gue. Rumahnya gede bangettttttt, kaya rumah raffi ahmad (boong deng), tapi BENER super duper luas untuk masa itu, dengan halaman, sawah dibelakang, kebun tembakau disampingnya dan kebun sayur-sayuran yang letaknya berdekatan. Katanya di jaman itu keluarga bude gue paling dipandang, kaya ibaratnya nih siapa yang gatau bude gue gitu. Kalo disebut namanya pasti langsung ada ‘ohhhh’ dengan diikuti “ pasti yang punya warung yang dipinggir jalan itu ya”.

Tiap hari bude gue selalu jualan sayur dipasar sendirian bude gue cantik ayu gitu, body goals pada masanya dan ramah, humble dan murah senyum, terus dia punya warung yang paling dibanggain semua orang disitu karena katanya lengkap. Iya tempat gue sama sepupu-sepupu gue tiap liburan disuruh bantuin dan nimbangin gula dan masukin ke plastik. Sejyujyurnya pas gue sekarang udh gede dan ketika cerita ini di spill sama keluarga besar, gue baru ngeh….

Jadi, warung bude gue tuh kaya warung palugada yang jualan apa aja ada, tapi gak gede2 banget, segarasi 2 mobil lah, tapi ada 3 baskom ijo gede disana yang isinya selalu tumpah-tumpah sama uang. Padahal kalo gue inget-inget disana yang beli tuh gabanyak, dan gak beli dalam jumlah borongan gitu, gak ada mobil delivery buat distribusiin barang-barang (kalo mungkin aja bude gue jadi supplier dimana gitu kan), tapi NO, waktu gue bantuin jualan tiap liburan, yang dateng emang selalu ada tapi cuma beli satu aja, kaya rokok, gula, mie instant, tapi gak banyak, tapi sering. Yang beli manusia kok mukanya beda-beda kalo gue inget-inget lagi. Mustahil banget kalo sampe 3 baskom tuh keisi duit sampe tumpah-tumpah.

“udah selesai? Kalo udah bude udah cucikan apel merah di kulkas ambil aja ya, makan apel dulu sebelum main”

“boleh dimakan semuanya bude?” tanya gue riang.

“boleeehhhh, kalo masih kepingin lagi bude masih punya buuaaanyak” jawab bude gue sambil pake sendal mau pergi kepasar. “Yawes bude tak berangkat ke pasar dulu ya, kalo udah makan apelnya nanti titip warungnya sama Yu Sri ya kalo kalian mau keluar” pesan bude.

“okeh budeee, hati-hati” kata satu sepupu gue.

Ini. Ini khasnya, dirumah bude gue, hanya ada satu buah. Buah apel merah yang ada di cerita snow white. Udah kebayang kan? Gak ada buah lain disini, kalo pun mau makan buah yang lain harus di luar rumah ini, gue inget banget pengen makan kelengkeng waktu itu, nyokap bokap gue sampe ajak gue jalan-jalan dulu dan nyuruh gue makan kelengkengnya di jalan sampe abis. Gue gapernah tanya waktu itu, yang bener-bener ada di otak gue waktu kecil cuma ‘asiiikkkk bisa makan apel merah sepuasnya kalo dirumah bude’.

Bude gue gapunya anak. Gak pake barang-barang branded, gak pernah makan enak, padahal orang kaya dan uangnya banyak dan sampe tumpah-tumpah. Pembantunya ada 7 orang, tapi yang selalu ada di meja makan cuma apel merah, nasi kemaren (warnanya udah kuning), tempe, tahu, sama lalapan sayur kaya timun, kacang panjang dll (GAK ENAK DEH POKOKNYA). Emasnya banyak tapi gak pernah dipake, dimasukkin kedalam kotak perhiasan kayu, yang kita bisa lihat kalo lagi di pamerin sama bude ke kita-kita biar kita semangat belajar biar bisa punya uang banyak katanya dan beli perhiasan-perhiasan kaya bude. Pakde, suaminya bude gak kerja, cuma monitoring kerja karyawan di sawahnya, pagi-pagi buta udah kesawah dan pulang maghrib pas waktu makan malem. Selalu begitu gak pernah berubah.


***

Tiba dimana bude gue yang selalu bugar dan membudayakan hidup sehat, makan buah, makan sayur, gak makan junk food. Tiba- tiba sakit keras dan gabisa bangun, yang dimana kata dokter bude gue kena stroke dini. Keluarga besar mama yang tadinya suka liburan kesana, jadi gapernah lagi. Sekalinya dateng, cuma bener-bener ngecheckin kondisi bude yang semakin hari semakin parah karena kurus kering. Bude gabisa gerakin kepalanya, cuma bisa gerakin bola matanya, karena kata dia kalo kepalanya gerak dikit, dunia kaya muter-muter gitu, apasih bahasa medisnya itu pening. Biasanya orang pening ngaruh ke perut jadinya selalu pengen muntah.


Gue udah SMP waktu dateng jenguk kondisi  bude yang memprihatinkan. “Bude, kata mama aku disuruh suapin bude air putih, tunggu ya aku ambilin sendok dulu” bude diem aja dengan  kaki yang diselimutin kain jarit coklat sampe nutupin jari kaki.

Pas gue suapin bude mulutnya ngekunci, kaya ngasih tanda kalo dia gamau minum.

“bude gamau ya, mau apa, mau apel?” gue angkat apel merah yang kebetulan ada dan emang selalu ada dirumah ini sepertI yang gue bilang. Bude gajawab tapi gue tetep potong-potong apelnya.




Tiba-tiba leher gue kaya ditiup angin dari mulut deket di kuping gue yang baunya wangi banget, wangi bunga melati dan anginnya dingin kaya baru buka kulkas, reflek gue kaget sampe pisau gue jatoh. Gue bungkuk ke bawah ambil pisau yang pas banget pake ekor mata  gue liat di sebrang kasur karena kasur bude pakai dipan, gue liat kaki putih napak di lantai, putiiihhh banget pucet tapi pake kain jarit sampe semata kaki. Gue langsung bangun. Ngeliat ke bude gue, bude gue cuma kedip-kedipin mata cepet yang gue gatau artinya apa. Gue bingung, gak takut tapinya, karena otak gue blank mencerna itu apa.

“mmmm, ini bude segini kegedean gak?” tanya gue ke bude agak terbata-bata yang dijawab dengan dia ngebuka mulutnya yang tadi dikunci gamau minum air. “bude kalo makan buah aja nanti gasembuh-sembuh harus dibarengin makan yang lain juga, sama obatnya juga rutin di minum ya bude”.

Selesai kasih makan bude yang niatnya sebenernya nyuapin minum, gue keluar kamar ninggalin bude sendirian. Niatnya gue mau cari pembantu bude buat gantian jagain bude, tapi pas gue mau turun tangga ke lantai 1 tiba-tiba ada suara “BRAK” gede banget dari pintu kamar disamping kamar bude persis. Gue langsung ngacir kebawah nyari nyokap gue.

“ngapain sih lari-lari” kata nyokap gue pas gue sampe lantai 1 yang disana udah ada bokap sama pakde gue juga.

“bude udah dikasih minum ta nduk?” tanya pakde gue lirih.

Gue yang masih engap, cari posisi duduk disofa yang masih ada satu tempat kosong disamping bokap gue. “bude gamau minum, tadi akhirnya aku potongin apel aja daripada gamasuk apa-apa sama sekali”.

“sekarang bude sama siapa? Lah kok kamu tinggalin sendirian sih?” tanya nyokap gue ngegas.

“ini aku mau nyari mbok dar buat gantian tapi tadi pintu kamar sebelah itu tiba-tiba kaya dibanting ya aku lari kebawah ini orang gak ada angin diatas”

Semua diem. Dibeberapa detik pakde bergumam “wes angel iki” sambil disertai helaan nafas panjang.

Hening. Liat-liatan terjadi antara Gue-Nyokap-Bokap. Tapi akhirnya gue pecahin suasananya dengan kasih tau ke Pakde “bude belum makan loh ya pakde, nanti perutnya perih kalo cuma makan apel”.

“Aku wes bingung, Budemu udah 3 bulan ini ndak makan apa apa, nasi ndak mau, bubur ndak mau, minum ndak mau, cuma makan apel tok” kata pakde sambil memijit pelipisnya. “Aku udah coba bawa berobat kesana kemari tapi ndak ada perubahan, setiap hari makin drop, cuma mau makan buah wes koyok tadi, apel tok”

Nyokap gue keliatan mau ngomong tapi tiba-tiba ada suara ‘GEDEBUK’ dari lantai 2. KIta semua lari keatas dan bener aja bude gue jatoh dari kasur. Dengan keadaan badannya miring ke kiri ngeliat ke bawa kasur tepat gue ngeliat kaki pake kain jarit tadi. ANEH. Padahal dia ada diposisi kasur sebelah kanan, harusnya kalopun jatoh dengan alesan apapun dia miringnya ke kanan bukan ke kiri kan. YA KAN? Coba bayangin deh.

Bude di gotong naik keatas kasur, tiba--tiba gue liat pas bude udah diposisinya perut bude kaya siap-siap kontraksi orang mau muntah, gue langsung sigap ambil baskom ijo yang suka gue pake buat naro duit tumpah-tumpah diwarung yang sekarang ada di kamar buat jadi wadah muntahnya bude. Yang bikin aneh, pas bener perkiraan gue bude mau muntah, dia muntah nasi, sayur dan kaya ada sisa-sisa kuning tempe tahu gitu dimasak kuah santen YANG LOGIKANYA kata pakde gue dia cuma mau makan apel DAN TADI gue baru kasih sepotong apel, belum ada sejam. Kalo pun muntah pasti yang keluar potongan apel yang gue kasih. YA GAK?

“aku tak pindah bude mu  ke kamar sebelah aja biar ini bekas sisa-sisa muntahnya dibersihkan” kata pakde gue ke bokap nyokap gue.

Bokap gue sigap langsung mau bantu gendong bude lagi, tapi ditahan sama nyokap. Bokap gue ngeliat ke nyokap dan kaya pake isyarat mata gitu, bokap gue seems understand what’s the meaning akhirnya dia biarin Pakde gue angkat bude gue sendirian ke kamar sebelah yang tadi tiba-tiba pintunya kebanting sendiri. Anw Pakde gue udh tua woy, udah renta banget tapi masih bersikeras angkat dan mindahin bude gue sendiri ke kamar sebelah.


***



“Kakak tau gak, itu kamar dari mama kecil gapernah dimasukin sama siapapun kecuali Pakde sama Bude” kata nyokap gue seakan tau apa yang ada diotak gue pas kita semua nunggu pakde di lantai 1. “Waktu kecil mama pernah ngintip, di lubang kunci, kamarnya semuanya serba ijo, ada lukisan perempuan, cuma ada satu kasur pake kelambu, ditengahnya ditaburin bunga melati” tambah nyokap.

Belum selesai cerita Pakde gue dateng dan bilan gue sama nyokap bokap balik aja, besok balik lagi buat anterin dia bawa bude ke orang pinter di daerah Kulon Progo.

Dijalan balik ke hotel. Nyokap gue berbagi cerita.

Dulu Pakde dan Bude gue itu orang miskin, makan dan tempat tinggal harus numpang ke saudara-saudaranya yang lain, sampe akhirnya katanya (karena tidak diakui secara langsung oleh mereka (pakde dan bude) tapi satu keluarga besar tau bahwa itu bohong) Bude gue dapet pinjeman modal (as per Bude said) untuk buka warung yang gue ceritain diatas. Yang dimana satu keluarga tau kalo Bude ngelakuin pesugihan Nyi Roro Kidul dengan tumbalnya gak bisa dan gaboleh punya anak, gaboleh makan enak, gaboleh pake barang bagus, dan harus sediaiin satu kamar buat tempat tidur dan tempat berkunjung si Nyi Roro ini. Nyokap bilang dari dulu gak ada yang berani ambil uang yang tumpah-tumpah dari Baskom walopun sepeserpun, kalo mau ambil colong aja barang-barang dari warung, pokoknya jangan ambil uangnya, dan itu udh selalu dikasih tau sama mbah cowo dan mbah cewe gue juga setiap main kesini. Satu lagi, dari dulu apel merah selalu jadi suguhan dirumah bude. Dan satu keluarga besar tau, itu bagian dari ritualnya. Ruangan yang selalu dikunci itu juga gak ada yang pernah masuk, bahkan pembantu pun gaboleh bersihin harus pakde dan bude langsung di hari-hari tertentu.


***

Beberapa keluarga besar ikut nganter bude gue berobat ke Kulon Progo ke pengobatan alternatif gitu, pas sampe disana banyak orang yang ngantri juga didepan didampingi keluarga dengan kondisi mereka yang hampir-hampir mirip, ada yang nangis-nangis bilang gakuat, ada yang diem gabisa bergerak tapi dipapah keluarganya, ada yang muntah-muntah, ada yang bau banget dengan badan yang cuma ditutupin kain jarit coklat dll.

Pas bude diturunin dari mobil dibantu sama bokap, Pakde dan Om gue, gue yang masih dimobil tiba-tiba liat ada yang lari dari teras rumah itu pake peci dan sorban putih langsung ngomong pake bahasa jawa yang artinya “Ini dulu langsung cepet bawa masuk kedalam”.

Gasemua keluarga yang anter boleh turun tapi kita bisa tunggu diluar yang dibatesin sama sliding door full kaca jadi kita bisa lihat dan denger percakapannya dari luar. Otomatis nyelak pasien yang lain yang udah nunggu di teras deket sliding door itu. Bude gue langsung di taro di tiker coklat sebelahan sama pasien yang kayaknya diselak sama bude gue. Pak Kyai sebutannya dengan outfit yang sama cuma lebih tua dan lebih berjanggut, langsung bilang “sudah mati setengah ini, cepat ambilkan dua botol air”kata dia tergesa-gesa banget.

Assistennya langsung kasih dia 2 botol aqua 1 liter yang langsung dibuka dan didoa-doakan beberapa menit. Terus dia minta gayung kecil, dan pindahin setengah isi aqua botol yang udah di doain ke gayung itu, dimasukkan kain lap dan di basuh kain basahnya ke bude gue. Spontan bude gue meronta-ronta dan muntah. Tapi kali ini muntahnya ITEM. ITEM kaya muntah OLI. Speechless.

“Jenengan ta suaminya ? Cuma makan apel saja ya dirumah?” tanya kyainya ke Pakde gue. Kaya udah tau tanpa diceritain. Deabak Pak Kyai.

“Ngeh, ndak mau makan yang lain selain apel, minum juga ndak mau” Jelas pakde gue

“Jenengan bawa apel yang biasa dimakan? Boleh saya minta satu?”

Lari-lari ke mobil Mbok dar ke mobil ambil apel yang dibawa buat bekal bude makan selama perjalanan tadi. Galama Kyai cemplungin apelnya ke gayung yang isinya air doa tadi dan di pijat-pijat ke semua badan bude gue, berulang ulang, tapi kali ini bude gue diem aja gak bereaksi sama sekali.

“sampean sing ikhlas ya, biar gampang jalan kedepannya” kata kyai sambil kali ini pijat-pijat apelnya ke perut bude gue, yang kali ini bude gue meronta-ronta, menangi-nangis bilang “sakittt, udahhh, sakitt” gitu terus sampe kyai stop pijat-pijat perutnya pake apel.


***

Seminggu setelah dibawah kesana bude gue makin drop dan akhirnya dibawa kerumah sakit karena dinyatakan koma, tapi kata dokter bude gue gak ada penyakit apapun sebenernya organ vitalnya sehat, bahkan infus aja bikin tangan bude gue bengkak karena kelebihan makanan ke tubuhnya karena katanya bude gue gak sakit. Gue gatau apa yang dirundingin sama keluarga besar gue waktu itu tapi yang gue tau Pakde ketempat Kyai itu lagi dan sepulangnya dari sana Pakde beli kepala kerbau. 

Besoknya Bude gue dinyatakan meninggal dan diurus prosesi pemakamannya di kuburan keluarga besar. Setelah pemakaman barulah Pakde gue cerita…

Long Story Short

Pakde mengakui bahwa dia dan Bude ikut pesugihan Nyi Roro Kidul, dengan tumbalnya Bude gabisa dan gaboleh punya anak bahkan untuk mengadopsi anak sekali pun, tapi ternyata 6 bulan sebelum bude sakit stroke bude hamil tapi berhasil di gugurkan, namun sepertinya Bude sudah melanggar perjanjiannya sama alam sana yang dimana mereka berdua tau bude gak akan bisa sembuh. Pilihannya hanya akan menderita seumur hidup atau meninggal. Mati sebelah kata Pak Kyai waktu itu artinya adalah Bude setengah kanan hidup, setengah kiri warnannya sudah hitam kalo diliat sama yang punya ilmu. Nyi Roro yang kasih perjanjiannya udah ambil setengah raga Bude gue untuk dijadiin budak dialamnya. Dan kepala kerbau yang dibeli Pakde adalah syarat untuk memudahkan Bude gue diambil seluruhnya biar bisa meninggal. Kepala kerbaunya di kubur didepan rumah bersama dengan apel merah yang selalu Bude gue makan selama dia memulai perjanjian itu. Kata Pakde gue apel merah itu buat bude udah kaya 4 sehat 5 sempurna jadi cuma satu apel aja sebenernya bude akan bisa beraktifitas kaya kita manusia pada umumnya, tapi biar gak mencolok bude kadang makan nasi dll biar keliatan makan sama orang-orang.

What’s creepy adalah ketika setelah bude gue meninggal, warungnya jadi sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii banget, semua sawahnya selalu gagal panen, dan akhirnya di jual, rumah-rumahnya gatau gimana ceritanya bahkan yang dia kasih ke adek-adeknya Bude ludes kebakaran out of nowhere. Perhiasan emasnya dia yang selalu disayang-sayang pun ilang gitu aja sama kotak kayunya. Hidup Pakde kaya dikembaliin lagi kesemula hidup harus numpang sana sini dengan aset yang sama sekali gak ada yang bersisa yang bisa dipake bertahan hidup.

***

Source illustrations picture : Google

vickotebee
12a12a
pengungsidesa
pengungsidesa dan 7 lainnya memberi reputasi
8
362
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.