surya.paloh69Avatar border
TS
surya.paloh69
5 Alasan Harga Daging Babi Lebih Murah daripada Sapi


Jakarta - Daging babi kerap dijadikan pilihan karena harganya lebih terjangkau daripada daging sapi. Nutrisi daging babi jadi salah satu faktor penentu harga.

Selain daging sapi, kambing, dan ayam, daging babi juga merupakan pilihan sumber protein sehari-hari. Daging babi memiliki cita rasa yang lezat seperti daging sapi.

Daging babi juga dapat diolah jadi beragam hidangan. Yang menyenangkan lagi, harga daging babi di pasaran jauh lebih terjangkau dibandingkan daging sapi.

Murahnya harga daging babi itu ditentukan oleh beberapa faktor. Dikutip dari Carnivore Style (07/09/22) berikut penjelasan mengapa harga daging babi lebih murah.


 
1. Masa Pertumbuhan Babi

Masa pertumbuhan jadi salah satu faktor mengapa harga daging babi murah. Babi memiliki masa pertumbuhan yang cepat, sehingga bisa memiliki banyak keturunan.

Dikutip dari The Pig Site rata-rata induk babi mengandung selama 16-17 minggu, kemudian akan melahirkan 1 atau lebih anak babi. Itu berjalan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan.

2. Pola Makan Babi

Babi merupakan omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan, karenanya disebutkan bahwa memberi pakan babi terbilang mudah. Dengan pola makannya itu, babi mudah gemuk dengan cepat.

Tak hanya itu, babi juga kerap mengonsumsi limbah, sisa makanan, hingga rumput liar. Babi akan mengubah makanan menjadi protein dan lemak, sehingga membuat dagingnya dapat dikonsumsi.

Meski begitu, ada pula peternak babi yang memberi pakan khusus untuk menghasilkan daging babi dengan kualitas yang lebih bagus.

Konten Sensitif

 
3. Pengolahan Daging Babi

Hewan ternak yang akan dikonsumsi tentu harus melewati proses pengolahan. Mulai dari disembelih, dikuliti, hingga dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil.

Proses pengolahan pada babi jauh lebih mudah dibandingkan daging sapi. Proses pengolahan daging sapi terbilang sulit dibawa dan ditangani, karenanya membutuhkan banyak orang.

Berbeda dengan daging babi yang secara keseluruhan hanya membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja. Selain itu, biaya transportasinya juga lebih rendah.

4. Nutrisi Daging Babi

Nutrisi yang terkandung pada babi juga jadi menjadi faktor mengapa harga babi lebih murah. Sebenarnya daging babi juga kaya nutrisi seperti daging sapi.

Namun, daging babi mengandung lemak jenuh yang jauh lebih tinggi daripada sapi. Sementara untuk kandungan vitamin B1, B2, E, dan D pada daging babi lebih tinggi dibandingkan sapi.


 
5. Babi Punya Banyak Daging

Babi memiliki lebih banyak daging sehingga membuat harganya jauh lebih murah. Bahkan seluruh daging babi itu dapat digunakan 100%.

Mulai dari ham, bacon, sosis, kulit, tulang hingga kaldu. Jika babi yang berukuran besar, maka akan semakin banyak daging yang didapatkan.

https://food.detik.com/info-kuliner/...-daripada-sapi

Bagi yang suka ngeluh harga daging sapi mahal.. emoticon-Malu (S)

Solusinya.. Kerja lebih giat atau puasa.. emoticon-Malu (S)

Spoiler for Fun fact..:




emoticon-Ngacir
Diubah oleh surya.paloh69 29-08-2023 01:20
bukan.bomat
aldonistic
viniest
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
19
1.4K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.