yudiono.albertAvatar border
TS
yudiono.albert
Sejarah Android OS: Dari Kamera Digital Hingga Ponsel Canggih


Halo Kaskuser! Kalian pasti nggak asing sama yang namanya Android OS, kan? Nah, kali ini kita akan bahas sejarah Android dari awal sampai jadi sistem operasi canggih yang kita kenal sekarang. Simak terus ya!

Awal Mula Android: Dari Kamera ke Ponsel Canggih
Pada tahun 2003, dunia teknologi Kamera Digital tangah naik daun. Kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) menggabungkan lensa berkualitas tinggi dengan sensor yang semakin besar untuk menangkap lebih banyak detil dalam file gambar digital. Namun, di balik kehebatan perangkat keras ini, perangkat lunak (software) yang mendukung kamera belum sepenuhnya menunjang potensinya. Teknologi ini menginspirasi lahirnya Android Inc. di Palo Alto, California pada tahun 2003. Pendiri-pendiri jenius seperti Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White merasa ada ruang untuk inovasi. Meskipun awalnya direncanakan sebagai sistem operasi kamera canggih, fokus Android kemudian bergeser ke arah ponsel cerdas dengan tekad bersaing melawan Operating System seperti Symbian dan Microsoft Windows Mobile.

Masalah Keuangan dan Akuisisi oleh Google
Tidak semua perjalanan mulus, Andy Rubin awalnya menghadapi tantangan besar dalam mencari investor yang tertarik, bahkan nyaris harus mengosongkan kantornya. Namun, sahabat dekat Andy Rubin, Steve Perlman datang dengan sejumlah uang tunai senilai $10,000 untuk berinvestasi dan sejumlah dana setelahnya yang kemudian dana tersebut menjadi seed funding untuk Android Inc.

Pada tahun 2005, Google memutuskan untuk mengakuisisi Android Inc. dengan dana $50 juta. Karyawan kunci Android Inc., termasuk Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White, kemudian bergabung dengan Google sebagai bagian dari akuisisi tersebut. Perkembangan Android pun semakin pesat, dengan perubahan fokus menjadi sistem operasi ponsel.

Dari QWERTY Hingga ke Layar Sentuh
Awalnya Android sempat merintis prototipe dengan nama "Sooner" ponsel mirip BlackBerry dengan keyboard QWERTY tanpa layar sentuh, tapi kemunculan iPhone pada 2007 membuat mereka harus "kembali ke meja gambar". Android mulai mengadopsi layar sentuh, dan pada tahun 2008, ponsel pertama yang berjalan dengan Android OS resmi diluncurkan: HTC Dream alias T-Mobile G1!



Open Handset Alliance dan Android One
Pada 2007, Open Handset Alliance didirikan, di mana Google bersama produsen perangkat seperti HTC, Motorola, Samsung, T-Mobile (wireless carrier), Qualcomm (chipset maker) dan lainnya bekerja bersama untuk mengembangkan platform terbuka untuk perangkat seluler.

Android Terus Dikembangkan Hingga Saat Ini

Tahun 2008, era ponsel pintar dimulai dengan Android 1.0 atau dikenal dengan code name "Apple Pie." Android mengalami banyak pembaruan semenjak tahun 2008. Setiap rilis utama Android dinamai sesuai urutan alfabet menggunakan nama makanan penutup seperti "Apple Pie", "Cupcake", "Donut", dan lain sebagainya.

Tahun 2019, "Android 10" menghilangkan tradisi memberi nama versi berdasarkan makanan penutup dengan alasan inklusivitas dan keterbacaan secara global. Kemudian, pada tahun 2022, Android 13 kembali menggunakan code name makanan penutup yaitu "Tiramisu" serta Android 14 yang akan rilis mendatang kembali menggunakan code name makanan penutup yaitu "Upside Down Cake".

Sekian artikel tentang sejarah Android OS yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran Agan dan Sista tentang sejarah sistem operasi perangkat kesayangan kita.

emoticon-Jempol
zharki
sedikitkurus
akuntest27
akuntest27 dan 11 lainnya memberi reputasi
10
1.3K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.