Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

celebriteAvatar border
TS
celebrite
Miris, Pekerja Tambang Diusir Tak Boleh Kerja oleh TKA: Kita Udah Merdeka Belum Sih?


Taufik, seorang warga Medan, Sumatera Utara, diusir dan tak diperbolehkan bekerja meski telah merantau ke Ketapang, Kalimantan Barat. Ironisnya, pelaku adalah seorang tenaga kerja asing (TKA) yang mencari nafkah di lokasi yang sama.

Taufik mengatakan, peristiwa pengusiran pekerja tambang oleh TKA ini terjadi pada 26 Juli 2023 sekitar pukul 4.00 WIB dini hari, di site Tumbang Titi, Ketapang.

Saat itu, Taufik yang tengah beristirahat di mess karyawan PT SRM, bangun dengan terkejut saat pintu kamarnya digedor oleh sejumlah orang tak dikenal.

"Kita digedor. Gak tau masuk caranya gimana ke dalam. Apakah dibobol atau ada kuncinya, kami gak tau," kata Taufik saat ditemui di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Menurutnya, ada sekitar 10 orang 'tamu tak diundang' yang tiba-tiba masuk ke tempat tinggalnya, yang dihuni 6 orang karyawan PT SRM. Dari gerak-gerik dan cara mereka masuk, Taufik sudah tau ada yang tak beres.

"Yang datang itu masyarakat lokal sekitar 10 orang, tapi salah satunya TKA. Dia terjun langsung untuk mengusir kami," katanya.

Menurut Taufik, TKA berinisial LX yang memerintahkan pengusiran pekerja tambang kepada orang-orang lokal itu. Tak hanya itu, Taufik dan rekannya juga menerima tindak kekerasan dan ancaman.

"'Kalian pulang ke Medan! Masyarakat sudah ngepung lokasi. Kalau mau selamat, pulang kampung sekarang,'" kata Taufik menirukan ucapan TKA yang menyatroninya.

Sebelum dipaksa pergi meninggalkan mess saat itu juga, simcard ponsel Taufik dan rekannya juga dirampas agar tak menghubungi pihak perusahaan dan kembali ke lokasi tersebut.

"'Kalau kalian hubungi pihak perusahaan atau siapapun, kalian gak akan selamat,'" demikian ancaman LX pada Taufik dan rekannya.

"Udah trauma dia, udah gak mau lagi dia merantau ke Kalimantan. 'Udah bagus kerja di Sumatera' katanya," ujar Yoshua.

Taufik mengaku tak habis pikir dengan peristiwa yang menimpanya. Ini lantaran dirinya bekerja sesuai prosedur, dan perusahaan tempatnya bekerja juga memiliki dokumen legal sehingga tak menyalahi aturan

"Ini WNA yang ngusir. Kenapa kita di negeri sendiri, kita di zalimin. Perusahaan kita ada izin," kata Taufik.

"Kita udah merdeka belum sih? Apa ada 'oknum' yang mendukung WNA itu hingga dia bisa berbuat semena-mena kepada kami?," sambungnya.


Sumber : https://news.indozone.id/indonesia-h...deka-belum-sih

BIAR GAMBAR YANG BERBICARA


pilotproject715
bukan.bomat
SENSOR153
SENSOR153 dan 4 lainnya memberi reputasi
1
960
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.