harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Negara Gagal Menurut PBB! Indonesia Termasuk Lho, Gan!

Sumber Gambar

Tujuan dibentuknya sebuah negara tentu adalah untuk menjadi rumah bagi suatu suku bangsa tertentu. Menjadi rumah untuk suatu bangsa bersama-sama mewujudkan impian bangsanya. Memiliki visi dan cita-cita yang sama untuk membuat suatu perubahan di wilayah tempat tinggal mereka dengan suatu identitas tertentu.

Sayangnya, ada banyak tantangan bagi negara-negara untuk bisa berkembang dan mencapai mimpinya. Tantangan ini bisa dari luar atau dari dalam negara itu sendiri. Sehingga dalam prosesnya, ada saja negara-negara yang mengalami kesulitan dan krisis tertentu. Menyebabkan banyak kekacauan terjadi di dalam negeri dan berujung pada kegagalan.

Baru-baru ini Sekjen PBB Antonio Guterres memaparkan negara-negara yang dianggap gagal usai mengalami masalah hutang yang serius. Dan jika melihat data-datanya, maka inilah negara-negara yang dimaksud oleh Guterres.

Berikut adalah negara-negara gagal versi PBB!



1. Sri Lanka


Sumber Gambar

Negara ini sempat disebut-sebut akan bangkrut usai krisis yang melanda negara ini. Pemerintah Sri Lanka gagal membayar hutang sebesar 51 miliar dollar atau sekitar 732 triuliun rupiah. Salah satu penyebab krisis di Sri Lanka tak lain adalah efek pandemi yang melumpuhkan sektor pariwisata dan keuangan negara tersebut.

Selain itu, Sri Lanka juga mengalami kekurangan mata uang asing karena digunakan untuk membayar hutang ke luar negeri yang rata-rata masuk ke China dan India. Hutang ini semakin parah oleh kurangnya anggaran dan defisit transaksi berjalan yang terjadi sejak lama. Inflasi ini membawa Sri Lanka ke kurang kehancuran.

Akibat krisis ini, listrik sempat padam, internet diblokir, cadangan devisa menciut, kabinet mundur dan demonstrasi terjadi di mana-mana.

2. Zimbabwe


Sumber Gambar

Zimbabwe merupakan salah satu negara yang namanya sudah tidak asing lagi di Afrika. Negara ini bisa dikatakan sebagai negara gagal usai mengalami hiperinflasi yang membuat mata uangnya tidak berharga. Bahkan kalau tidak salah TS pernah menonton Tiktoker yang membeli uang Zimbabwe senilai 1 miliar ZWL dengan harga 10 ribu rupiah saja.

Jatuhnya mata uang Zimbabwe ini adalah akibat dari gagalnya upaya redenominasi yang menyebabkan terlalu banyak peredaran uang dan membuat yang di sana tak lagi berharga. Bahkan uang 100 miliar Zimbabwe saja hanya laku untuk 3 butir telur saja.

Jadi tak heran jika orang-orang di sana membawa bergepok-gepok uang ketika belanja. Kabarnya banyak juga warga Zimbabwe yang kini malah bertransaksi menggunakan US Dollar.

3. Ekuador


Sumber Gambar

Negara Ekuador dikatakan sebagai negara gagal usai mengalami 6 kali kebangkrutan. Semua itu diakibatkan oleh hutang yang menggunung dan korupsi yang dilakukan oleh para pejabat. Bahkan hutang-hutang yang dipinjam dari Bank Dunia banyak yang malah masuk ke rekening pejabat alih-alih untuk kepentingan negara.

Pada tahun 2008, negara ini gagal membayar hutang sebesar USD10 Milliar. Karena itulah Ekuador kemudian divonis sebagai negara bangkrut. Belum lagi hutang-hutang di masa lalu yang masih belum terbayarkan. Pada 2014, PDB-nya diprediksi hanya bertahan di 4,2 persen.

Pada 2022 kemarin, negara eksportir pisang terbesar ini mengalami krisis pangan dan bahan bakar yang membuat warga melakukan demonstrasi di jalanan.


Sumber Gambar

Ternyata Indonesia juga termasuk negada gagal menurut PBB. Ini PBB yang bilang ya, bukan TS wkwk.

Singkat saja, Antonio Guterres menyebut bahwa Indonesia termasuk sebagai negara yang gagal secara sistemik. Hal itu disebabkan pembayaran bunga yang lebih besar dibandingkan anggaran untuk kesehatan dan pendidikan. Tapi menurut stafsus Menteri Keuangan, Yustunus Prastowo menyebutkan bahwa hal ini tidak tepat.

Karena pada 2022, anggaran pendidikan dan kesehatan Indonesia mencapai 649 triliun. Lebih tinggi dari anggaran belanja bunga 386 triliun. Sehingga menurutnya, Indonesia jauh dari kategori negara yang gagal secara sistemik karena anggaran pendidikan dan kesehatannya lebih tinggi dari belanja bunga.

emoticon-2 Jempol

Ya, semoga saja apa yang dikatakan stafsus Menkeu lebih akurat ketimbang PBB. Siapa juga yang mau negara kita gagal seperti negara lainnya.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, apakah negara kita termasuk gagal? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3, Link Referensi 4
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MUF0REVER
jawabaratnews
anankbaguz910
anankbaguz910 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
7.8K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.