c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Matahari Dept. Store Sinarnya Tak Secerah Dulu




Hi sobat kaskus,

Matahari Department Store adalah jaringan toko ritel yang cukup besar di Indonesia. Mereka menawarkan berbagai macam produk, seperti pakaian, aksesori, kosmetik, dan peralatan rumah tangga. Ini adalah salah satu merek ritel yang cukup terkenal di Indonesia.

Siapa sih anak tahun 90an yang tak kenal dengan pusat perbelanjaan Matahari Department Store. Bisa dibilang toko ini sebagai pusat perbelanjaan atau platform ritel terbesar di Indonesia, bahkan memiliki 155 gerai di 81 kota di seluruh Indonesia tentunya nama besar ini bukan kaleng-kaleng ya gan.



Sedikit sejarah tentang Dept. Store ini, dimulai dari toko baju bernama Mickey Mouse di Pasar Baru yang didirikan oleh Hari Darmawan pada tahun 1960. Hingga akhirnya mengambil alih toko De Zion langsung diganti nama menjadi "Matahari" sekitar tahun 1968.

Kemudian Hari menyontek toko retail Jepang, Sogo Department Store, dan dengan sistem Amati, Tiru serta Modifikasi tersebut Matahari kemudian berkembang pesat sepanjang tahun 1970-1980, kemudian di tahun 1990an Matahari mulai ekspansi kebeberapa kota dan daerah di Indonesia.

Kemudian Hari mendapatkan pinjaman dari James Riady, bankir muda dan anak dari konglomerat pendiri Lippo Group, Mochtar Riady. Berjalannya waktu Matahari tetap berada di puncak dengan sinarnya yang terus benderang, hingga akhirnya Hari menerima tawaran pembelian Matahari dari James.



Otomatis, Matahari resmi jadi milik Lippo Group. Bahkan nama Hari Darmawan pun perlahan mulai meredup. Lalu bagaimana kabar Matahari Dept.Store saat ini?

Ditengah gempuran toko online, hingga pandemi yang melanda dunia PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), tetap eksis walau mengalami tekor modal atau defisiensi modal sedalam Rp160,07 miliar pada akhir Juni 2023.

Walau begitu dalam keterangan resmi perseroan, PT Matahari Department Store Tbk, membukukan penjualan kotor mencapai Rp 7,4 triliun pada semester I 2023. Tentu hal ini memberikan asa Matahari yang sinarnya semakin redup akibat berbagai macam faktor hingga harus menutup gerai-gerai potensial mereka.



Menariknya tahun 2024, ada rencana Matahari untuk mengembangkan gerai baru berkonsep multi-brand untuk segmen kelas menengah atas bernama MU&KU. Bahkan toko online Matahari juga telah berjalan, setidaknya walau sinar tak secerah dulu Matahari tetap berusaha untuk tetap ada di dunia ritel Indonesia.

Ada yang pernah belanja ke Matahari Dept. Store?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








Kingkafir
kubelti3
jiresh
jiresh dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.5K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.