iskrimAvatar border
TS
iskrim
7 Alasan Kenapa Motor Putih Sedikit Peminatnya (Kamu Termasuk, Gan?)


Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO, kendaraan bermotor di Indonesia hingga tahun 2022 berjumlah 147 juta unit, dan khususnya sepeda motor menyumbang 5.2 juta unit berdasarkan laman Databoks yang saya baca.

Ini mengartikan jika jumlah kendaraan bermotor terus tumbuh (mengikuti jumlah pertambahan penduduk secara keseluruhan) karena mereka mayoritas beraktifitas menggunakan kendaraan bermotor baik kendaraan pribadi atau menggunakan jasa angkutan umum.



Dari jutaan kendaraan khususnya sepeda motor yang terjual kita tahu pasti banyak warna dan pilihan model lebih menonjol yang karena memang dominan disukai konsumen. Kalau saya amati dijalan, sepanjang sepengetahuan saya warna-warna sepeda motor itu banyak didominasi warna gelap, cenderung ke hitam.

Padahal kita tahu dipasaran juga tersedia pilihan sepeda motor warna putih diantara warna lainnya, berbanding terbalik dengan selera konsumen roda empat yang warna putih menjadi salah satu pilihan favorit, tapi mengapa di sepeda motor berbeda?

Nih, ya kalau saya amati dan tanyakan beberapa teman bisa saya simpulkan mengapa sepeda motor warna putih kurang diminati konsumen. Meski saya rasa beberapa poin dibawah ini kamu sudah tahu tapi beberapa poin lagi mungkin baru kamu sadari, yaitu:


Pertama,



Berbeda dengan mobil yang dimensinya lebih besar, bodi sepeda motor yang lebih kecil dan cenderung lebih lincah melewati berbagai medan jalan membuatnya terlihat cepqt dan mudah kotor. Tentu saja kotoran yang menempel akan jelas sekali dibagian bodi sepeda motor meski dilihat dari jarak pandang yang cukup jauh.


Kedua,



Seperti di mobil, warna putih dalam kurun waktu tertentu warnanya berubah seperti agak menguning, tentu saja ini bagi sebagian orang kurang enak dilihat karena perubahan warna ini akan merubah penampilan motor secara keseluruhan. Perubahan ini akan lebih cepat terjadi di sepeda motor karena terbiasa parkir diluar yang langsung terpapar cahaya matahari di waktu lama dan aktifitas motor lebih sering dijalan dibanding mobil.


Ketiga,



Berbeda dengan mobil, warna putih di sepeda motor terlihat tidak begitu istimewa dan cenderung netral, kata teman saya 'nggak punya greget saat dilihat'. Sepeda motor warna putih sepertinya jarang sekali peminatnya kecuali mereka yang mungkin benar-benar fanatik, memang menyukai warna putih atau ingin tampil beda.


Keempat,



Menurut teman saya, lagi kalau sepeda motor berwarna putih itu sulit menyesuaikan perpaduan berbagai pilihan aksesoris yang dijual ditempat umum. Misalnya, jika kurang paham atau kurang mengerti tentang estetika keindahan sebuah modifikasi ringan saja maka aksesoris yang menempel di sepeda motor malah berkesan seperti 'tompel' bahkan terlihat jadi terlalu ramai dan norak.


Kelima,



Jika ada retakan sedikit saja dibodi sepeda motor akan jelas terlihat dibanding warna lain. Bagi sebagian orang hal ini cukup mengganggu, mau ditutup stiker kurang bagus, bagian retak yang terlihat membuat calon pembeli motor second berkesempatan menawar lebih rendah dan warna putih cenderung sepi peminat karena biasanya sudah pucat atau menguning.


Keenam,



Tidak mau repot, saya pribadi juga begitu.. nggak mau terlalu repot mengurusi motor yang kalau kotor sedikit saja harus di lap atau duci. Pemakai motor umumnya adalah karyawan yang sibuk, ketika sudah jam pulang ingin segera sampai rumah dan beristirahat. Tapi jika sepeda motornya terlihat kotor mencolok mata (karena sepeda motornya warna putih) akan menambah beban fikiran dan kerjaan dirumah.


Ketujuh,



Seperti yang saya singgung sebelumnya tentang aksesoris disepeda motor warna putih jika tidak sesuai justru memperburuk penampilan. Ya, selain itu ada lain yang membuat orang enggan memiliki sepeda motor berwarna putih karena aksesoris yang dijual terbilang sedikit, kalaupun ada biasanya tidak jauh dari dominan warna silver. Sedangkan kita tahu merawat waena silver agar selalu kinclong dan awet butuh perhatian ekstra. Cukup merepotkan.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 24-08-2023 02:36
andrah.aja
kombat2000
babelapak
babelapak dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.5K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.1KThread24.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.