• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Plus Minus Teknologi AI di Dunia Jurnalisme Dan Advertising, Sadarkah Kamu?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Plus Minus Teknologi AI di Dunia Jurnalisme Dan Advertising, Sadarkah Kamu?


Bagi saya Artificial intelligence (Ai) didesain untuk membantu manusia guna menghemat energi dan waktunya, pekerjaan manusia akan menjadi lebih efektif dan praktis karena Ai kelak akan bisa menangani kebutuhan dan pekerjaan dalam hal pelayanan, komunikasi dan keputusan?

Cepat atau lambat, suka atau tidak suka teknologi Ai akan datang dan kemungkinan besar terjadi dan mau tidak mau kita semua akan beradaptasi dan menerimanya menjadi sebuah kebutuhan dan atau budaya baru, contoh yang kita alami saat ini perkembangan internet semakin pesat, dulu kita menolaknya tapi kini kita tidak lepas dari yang namanya internet.

Perusahaan besar dan ternama pun kini mulai menggunakan gambar yang dihasilkan Ai untuk mengiklankan produk-produk mereka dan perlahan mulai mengurangi ketergantungan dengan advertising, fotografer dan model manusia yang lebih tradisional yang mulai dirasa sebagai sebuah pemborosan dan kurang praktis dalam memproduksi iklan.

Tanpa sadar masyarakat umum mulai dibanjiri iklan-iklan dan tayangan yang dibuat dari Ai. Iklan dan tayangan kesedan akan semakin bervariasi dan manipulatif sehingga buat khalayak umum harus berhati-hati menerima pemberitaan apapun baik dari media atau gosip yang beredar. Fakta dan hoaks akan semakin tipis lagi jaraknya.



Seperti halnya di Perancis mereka telah selangkah lebih maju, mereka sadar bahwa teknologi Ai cukup mengkhawatirkan, untuk itu mereka membuat kebijakan ketat ke setiap iklan yang tayang harus diberikan catatan tambahan tertulis bahwa iklan dibuat dengan bantuan Ai, seperti halnya himbauan tertulis 'merokok itu bahaya' dibagian bungkusnya.

Jadi buat kita yang belum sadar teknologi mulai saat ini sangat penting untuk mengetahui apakah sebuah gambar itu 'nyata' atau tidak, contoh yang sudah terjadi adalah hasil manipulasi kerja CGI sering mengecohkan kita. Tentu saja, didunia periklanan, batasan antara kenyataan dan visi kreatif selalu kabur, bahkan dengan foto sekalipun kadang berhasil mengelabui kita.

Ketika kelak Ai semakin maju, hasil generate yang semakin canggih maka kebanyakan orang awam tidak akan dapat membedakan antara mana gambar yang dihasilkan Ai dan mana foto yang asli. Tentu saja ini bisa menimbulkan kesalahan persepsi dan dianggap suatu kebenaran.



Yang lebih mengkhawatirkan menurut saya adalah efeknya terjadi pada dunia jurnalisme foto dan disajikan ke masyarakat tentu kebohongan besar bisa saja terjadi, seperti yang belum lama terungkap sebuah foto buatan Ai berhasil mengelabui juri di ajang Sony World Photography Award 2023.

Dimasa depan jika Ai dipegang oleh orang yang salah maka anak cucu kita mungkin menerima informasi hasil manipulatif, sebuah peristiwa mengerikan dalam sejarah yang benar-benar terjadi bisa saja dibelokkan berdasarkan pesanan. Dan bagian yang menyedihkan adalah jika kita menyangkal sejarah kebenaran berarti mengambil risiko kita berkesempatan mengulanginya kembali.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 22-08-2023 01:02
mancitybest
agh05t
fathroni
fathroni dan 7 lainnya memberi reputasi
8
838
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.