Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Sayur Sop dan Sayur Asem, 2 Kuliner Paling Disukai Warga RI! Lebih Suka yang Mana?
Sayur Sop dan Sayur Asem, 2 Jenis Kuliner yang Paling Disukai Warga RI! Lebih Suka yang Mana Gansist?






Sayur Asem Banjar (Foto: idntimes.com)


Quote:



Untuk 2 jenis makanan tersebut yaitu sayur sop dan sayur asem adalah makanan paling favorit dikonsumsi masyarakat di Indonesia, kalau saya malah hampir selalu menikmati makanan itu tiap hari dengan memperhitungkan waktunya. Pagi hari atau malam hari paling pantas makan sayur sop, tapi jika siang hari atau sore hari ketika cuaca sedang sangat panas maka yang paling pas adalah makanan sayur asem dengan sambel, hari yang panas ditambah makanan panas sampai tubuh diguyur banyak keringat setelah memakan sayur asem adalah sesuatu kenikmatan tersendiri.

Sup berasal dari bahasa Prancis Soupedan sajian sup sudah ada sejak dahulu yang diperkirakan dari tahun 6.000 SM atau 8 ribu tahun yang lalu, sedangkan untuk sejarah sup di nusantara sendiri dikarenakan dibawa oleh orang Belanda di masa kolonial dahulu kemudian ditiru oleh orang lokal Indonesia.


Quote:



Yang kedua yaitu sayur asem, dari beberapa sumber menyatakan bahwa sayuran ini berasal dari Jawa Barat dan suku Betawi, salah satu sajian khas otentik Indonesia karena bukan termasuk dari akulturasi budaya manapun, termuat dalam Ensyclopǣdia van Nederlandsche-Indië (1921) yang menyatakan sayur asem adalah makanan warga setempat yang bahan mentahnya terdiri dari beberapa tumbuhan di sekitar pekarangan rumah mereka.

Quote:




Itulah beberapa jenis sayur sop dan sayur asem di Indonesia, sebenarnya masih banyak bahkan dari sayur asem sendiri ada tipe-tipe, semisal sayur asem Jawa ada yang sayur asem Brebes, Jawa Tengah, Jawa Timur dan yang lainnya.

Keanekaragaman yang perlu kita lestarikan gansist, apalagi tentang sayur asem karena baik dari jenis manapun menurut saya itu enak semua. Apalagi jika dinikmati di siang hari dengan sambel yang cukup banyak.

Tapi untuk anak-anak justru kadang lebih menyukai sayur sop dengan tanpa sambal, tentu bagus juga karena gizinya mungkin lebih banyak karena diisi dengan macam sayuran seperti wortel, kentang, daun seledri.

Mana nih gansist makanan berkuah yang paling disukai oleh kalian, sayur sop qtau sayur asem atau malah lebih menyukai makanan kering?

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3

4

cahlenong
anonymous987
mancitybest
mancitybest dan 25 lainnya memberi reputasi
26
1.2K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.