Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Home Appliance
  • Perang Dunia 3 Siap di Mulai? Inilah Pilot Robot Humanoid Pertama Dunia Telah Hadir

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Perang Dunia 3 Siap di Mulai? Inilah Pilot Robot Humanoid Pertama Dunia Telah Hadir


Yang pernah menonton film TOPGUN diperankan oleh Tom Cruise sebagai Letnan Pete 'Maverick' pasti tahu bagaimana keberaniannya, kelihaiannya dan tajamnya dia bermanuver dengan pesawat F-14A Tomcat dan akhirnya menjadi pilot terbaik dikesatuannya.

Tapi itu hanyalah film, tentu tidak kalah banyak pilot dikehidupan nyata yang seberani dan selincah Maverick, dan di dunia nyata ini sebentar lagi kita akan menyaksikan pilot yang mungkin keberaniannya sampai di level tertinggi karena jika dia tewas sekalipun tidak ada yang akan menangisinya, jika terluka dia tidak akan berdarah sebab dia hanyalah seorang robot.



Belum lama ini sebuah tim peneliti dan insinyur tengah mengembangkan pilot robot humanoid pertama di dunia. Selain dapat meluncur dengan mudah ke kursi pilot tqpi juga bisa menggunakan tangannya untuk mengoperasikan semua menu-menu di kokpit. Robot yang diberinama PIBOT ini menggunakan teknologi AI untuk mengingat bagan penerbangan dan protokol darurat. Wow.



Sebetulnya pilot dari robot bukan sesuatu yang baru tapi perbedaan paling mencolok adalah PIBOT ditanamkan teknologi AI dan berbentuk humanoid. Para peneliti dan insinyur dari Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) tengah mengembangkan robot humanoid yang memang ditujukan untuk menerbangkan pesawat seperti halnya tugas pilot manusia. Ini yang pertama di dunia, setidaknya itu kata mereka.

Kelebihan lain dari PIBOT adalah tidak memerlukan modifikasi dari pesawat yang ada dari jenis robot sejenisnya. Tentu PIBOT sangat praktis dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memodifikasi pesawat. PIBOT bisa langsung ditugaskan menerbangkan pesawat kapanpun dibutuhkan, tidak butuh jam biologis seperti halnya manusia juga.



Karena PIBOT ditanamkan kecerdasan AI maka dia juga bisa mengingat grafik navigasi penerbangan jenis Jeppesen dari seluruh dunia (sesuatu yang mereka tunjukkan tidak mungkin dilakukan oleh pilot manusia) dan telah menghafal Quick Reference Handbook (QRH), semacam manual book berisi semua prosedur yang berlaku untuk kondisi abnormal dan darurat.

Hal ini tentu memungkinkan PIBOT mampu menerbangkan pesawat tanpa kesalahan, mampu merespons dan mengambil keputusan di berbagai situasi lebih cepat daripada pilot manusia. PIBOT direncanakan dapat secara akurat memanipulasi sakelar dan menu kokpit pesawat, bahkan selama terjadi turbulensi yang keras. Kamera yang disematkan pada PIBOT pun nanti akan dapat menganalisis keadaan kokpit dan lingkungan luar.



Meski saat ini PIBOT baru dilakukan pengujian secara simulator penerbangan tetapi para peneliti dan insinyur dibelakang PIBOT berencana untuk segera menguji robot ini di pesawat ringan terlebih dulu dikehidupan nyata.

Harapannya PIBOT dapat diterapkan ke berbagai kendaraan lain seperti mobil dan truk militer karena PIBOT dapat mengendalikan berbagai peralatan dan teruji berani mati. Menurut saya ini akan sangat membantu misalkan di situasi dimana sumber daya militer sedang kekurangan personel atau sangat terkuras. Gosipnya PIBOT yang dibuat sejak tahun 2022 lalu akan selesai paling cepat pada tahun 2026 mendatang untuk penggunaan militer dan (komersial) sipil.

Nyuukk.. nanti kita sewa PIBOT jadi supir pribadi sekaligus pilot pribadi, gan!






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp| img : gugel 


Diubah oleh iskrim 21-08-2023 13:03
jagotorpedo
asbunasbun
rankgaming20882
rankgaming20882 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.4K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread5.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.