• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Jupiter Bukan Planet Terbesar di Alam Semesta, Benarkah? [Kompetisi KGPT]

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Jupiter Bukan Planet Terbesar di Alam Semesta, Benarkah? [Kompetisi KGPT]


Agan dan Sista Kaskus Raya, pasti selama ini berpikiran bahwa planet Jupiter merupakan planet terbesar di alam semesta, melihat dari perbandingan-perbandingan ukuran planet yang dipelajari di sekolah dimana dulu terdapat 9 planet di Galaksi Bima Sakti sebelum akhirnya Pluto sudah tidak lagi tercatat.

Ternyata, Jupiter bukanlah planet terbesar di alam semesta, Agan-agan dan Sista-sista! Siapa yang menyangka, ya? Kita selama ini terpesona dengan ukuran Jupiter yang memukau, tapi ternyata ada planet yang lebih besar lagi, loh!



Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para astronom, mereka menemukan planet dengan ukuran yang bahkan dua kali lebih besar dari Jupiter. Bayangin, dua kali lebih besar! Planet raksasa ini diberi nama Super-Jupiter Kappa Andromedae B. Wah, nama yang keren, ya?

Kappa Andromedae B ini memang bukan planet yang ada di Tata Surya kita, tapi dia ditemukan di luar galaksi kita. Wah, planet eksotis banget, nih! Dengan ukuran yang lebih besar dari Jupiter, pastinya dia memiliki massa yang luar biasa juga.

Jadi, sebenarnya apa yang membuat Jupiter terkenal sebagai planet terbesar di Tata Surya kita? Yah, ukurannya memang besar, dengan diameter hampir 11 kali lipat lebih besar dari Bumi. Tapi jika dibandingkan dengan Kappa Andromedae B, Jupiter bisa dibilang "imut" banget, ya?

Jangan salah sangka, Agan-agan dan Sista-sista! Jupiter tetaplah planet yang menakjubkan. Dia memiliki banyak fenomena unik seperti Great Red Spot, badai terbesar di Tata Surya yang terus berputar selama berabad-abad. Selain itu, Jupiter juga memiliki medan gravitasi yang kuat dan banyak bulan yang menemaninya.

Tapi, kita juga nggak boleh menyepelekan keberadaan Kappa Andromedae B. Dia menunjukkan betapa luasnya alam semesta ini dan betapa kecilnya kita di dalamnya. Planet raksasa ini membantu kita untuk lebih memahami keberagaman yang ada di luar Tata Surya kita sendiri.



Melihat adanya fakta menarik ini dimana ternyata Jupiter bukan satu-satunya planet besar yang ada di alam semesta, tentu saja membuka mata kita semua bahwa kemungkinan diluar tata surya kita masih banyak hal-hal lain yang belum kita ketahui dan lihat sebelumnya. Alam semesta yang sering kita anggap hanya ada langit, bumi, dan air, ternyata ada unsur-unsur lain yang sangat menarik untuk dilihat dan dikulik lebih jauh.

Tidak menutup kemungkinan akan ditemukan kembali planet-planet dengan ciri khusus dan unik di masa depan, dimana menambah ketakjuban kita pada Tuhan pencipta alam semesta ini.

Jadi, sekarang Agan-agan dan Sista-sista tahu, ya? Jupiter memang bukan planet terbesar di alam semesta. Kappa Andromedae B-lah yang menjadi planet terbesar yang pernah ditemukan oleh para astronom. Semoga kita terus dapat menggali pengetahuan baru tentang alam semesta yang begitu luas ini. Terus eksplorasi, ya!



Penulis: @masnukho 

Narasi

KGPT dan ulasan pribadi

Sumber gambar

1,2,3,4

Referensi


dasiemsidas
agamnaufal
annisamutiara02
annisamutiara02 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
2.7K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.3KThread25KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.