Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Jogja Segera Miliki China Town, Lokasinya di Sekitar Malioboro
Jogja Segera Miliki China Town, Lokasinya di Sekitar Malioboro

Rabu, 16 Agustus 2023 | 09:45 WIB


Keramaian pengunjung Malioboro Jogja, kawasan Ketandan dipersiapkan menjadi pusat perekonomian baru atau China Town. (GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA)

 

RADAR JOGJA - Untuk memecah keramaian pengunjung Malioboro Jogja, kawasan Ketandan dipersiapkan menjadi pusat perekonomian baru atau China Town. Ini mengingat Ketandan banyak dihuni masyarakat Tionghoa. 


Sebagai tahap persiapan mewujudkan China Town itu, pembebasan lahan telah rampung dilakukan tahun ini untuk keperluan lokasi Teras Malioboro (TM) 2 yang baru. Pembebasan lahan berada di kawasan Kampung Ketandan dan samping TM 1 dengan luas sekitar 9,800 meter persegi.  "Kedua lokasi itu akan dijadikan tempat relokasi bagi 1.041 pedagang kaki lima (PKL) yang saat ini berjualan di TM 2," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIJ Srie Nurkyatsiwi Selasa (15/8/23). 


Saat ini tengah proses penyusunan detail engineering design (DED) pembangunan TM 2 baik sisi barat maupun timur. Target pembangunan gedung akan dilakukan akhir 2024 atau awal 2025 . 
"Tahun ini kita sudah selesai (pembebasan) di belakang Ramayana (Kampung Ketandan). Itu kan butuh proses bagaimana DED-nya, harapannya 2024 mulai dibangun," ujarnya. 
Dia menyebut relokasi pedagang tak sekadar memindahkan ke lokasi baru. Namun juga menjadi bagian ekosistem penghidupan di lokasi baru yang harus tetap jalan dan naik kelas. Pedagang dan wisatawan nyaman beraktivitas di tempat tersebut. 


Dengan begitu, Kampung Ketandan dapat semakin ramai dikunjungi dan mempengaruhi kesejahteraan pedagang jika sudah direlokasi nanti. "Pemerintah bukan parsial melakukan asal pindah. Ini lintas sektor dari sisi pariwisata budaya. Karena sudah berjualan di tempat sesuai peruntukannya, bagaimana legalitas, membranding dan lain-lain," jelasnya. 
Akses ke Kampung Ketandan juga menjadi perhatian. Tempat Khusus Parkir (TKP) Ketandan telah tersedia, meski belum banyak yang mengetahui. Ini satu upaya juga mendukung kawasan Ketandan menjadi kawasan China Town. "Ketandan sudah kayak pecinan. Akan dinamai kawasan pecinan atau China Town ini kan menjadi konsep. Parkir juga harus menjadi pemikiran dan menjadi satu kesatuan ruang," tambahnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan DIJ Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan, konsep penataan kawasan Kampung Ketandan tidak akan mengadopsi Chinese Town di Singapura atau Malaysia. Namun akan tetap memperhatikan unsur lokalitas di sana yakni menyajikan akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa. "Sebenarnya kami bukan Chinesee Town ya menyebutnya peranakan. Arah hadap bangunannya kan nggak sama persis, nggak mungkin ngungkuri (membelakangi) Keraton. Jadi ada kejawaannya yang kuat di sana, akulturasi, saya suka nyebutnya Kampung Ketandan," katanya.


Dian menjelaskan dari sisi kebudayaan sudah memiliki masterplan rancangan penataan Kawasan Ketandan. Saat ini baru tahap memetakan kajian dari beberapa OPD seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Koperasi dan UKM. Menyusul pembebasan lahan di belakang Ramayana untuk pemindahan TM 2.  "Ini baru memetakan kajian dari beberapa OPD. Kami punya master plan, tetapi dari sisi kebudayaan. Kan harus digabung juga dengan beberapa program dari Dishub dan Dinas Koperasi dan UKM,” ujarnya. 


Revitalisasi bangunan di Ketandan pun terus dilakukan untuk mewujudkan penataan. Sudah ada lima bangunan yang direvitalisasi 2022 lalu. "Sementara tahun ini akan dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk penataan fasad kawasan Ketandan tahun depan," jelasnya. 
Menurutnya, penataan kawasan Ketandan selain untuk mendukung sumbu filosofi juga sebagai upaya menghidupkan kawasan di sekitar Malioboro.  Penataan dari sisi kebudayaan juga turut disertakan dalam kajian usulan sumbu filosofi yang diajukan kepada UNESCO.  (wia/laz)

https://radarjogja.jawapos.com/jogja...itar-malioboro

Sekalian jln Urip Sumoharjo dijadiin Little India donk
Kan banyak pedagang kain keturunan Indihe disono emoticon-Malu
bukan.bomat
bukan.bomat memberi reputasi
1
735
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.