• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Asal Usul Istilah Biang Kerok, Benarkah dari Bahasa Jepang? [Kompetisi KGPT]

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Asal Usul Istilah Biang Kerok, Benarkah dari Bahasa Jepang? [Kompetisi KGPT]


Ane mau cerita nih tentang asal usul istilah "Biang Kerok" yang lagi ngetrend banget di Twitter akhir-akhir ini. Mungkin agan-agan udah pada denger kan kalau Biang Kerok itu adalah istilah buat orang yang jadi penyebab keributan? Nah, ane bakal kasih tau lebih dalam lagi tentang asal-usulnya.

Ternyata, kata Biang Kerok ini berasal dari kata dasar "biang" yang artinya adalah orang yang jadi biang kerok itu sendiri. Jadi, maksudnya adalah orang yang menjadi penyebab terjadinya kericuhan atau keributan. Emang sih, kata-kata gaul seperti ini sering banget muncul di dunia maya, terutama di Twitter. Biang Kerok ini juga nggak luput dari perhatian warganet yang suka ngetrend-topik di Twitter.

Cuma, sebenarnya belum ada yang bisa pasti tentang asal-usul kata ini. Para pakar bahasa kayaknya masih pada diskusi dan mempertimbangkan beberapa hipotesis. Salah satunya, kata Biang Kerok ini katanya sering digunakan oleh tentara Belanda jaman dulu yang lagi penjajah kita. Mereka suka banget bikin kata-kata umpatan yang nggak bisa kita artiin langsung. Jadilah Biang Kerok ini jadi istilah buat orang yang nyebabin kericuhan.




Namun, ada sumber lain yang menjelaskan bahwa kata "Biang Kerok" sendiri merupakan umpatan yang berasal dari tentara Nippon, Jepang. Adapun kata yang mereka ucapkan adalah kata "Bakero", dan kata tersebut terserah menjadi "Biang Kerok", dimana artinya sama yaitu tolol, bodoh, atau ungkapan rasa kekesalan.

Selain kata "Biang Kerok", ada beberapa kata serapan lain yang tidak kalah sering kita dengar atau ucapkan GanSis. Ada kata "Buset" yang diduga kata serapan dari kata "Bullshit" yang zaman dulu sering diucapkan oleh orang Inggris dan Jepang, ada juga kata "Kere" yang juga merupakan kata serapan dari satu kata bahasa Jepang yaitu kata "Kere", yang mana kata tersebut di dalam bahasa Jepang memiliki arti aktivitas tunduk hormat kepada tentara, sedangkan di dalam bahasa Indonesia memiliki arti miskin dan terlunta-lunta.

Biang Kerok emang jadi kata yang sering kita denger sekarang, apalagi di Twitter. Banyak banget yang pada pake tagar #BiangKerokNegara buat nyinyirin sesuatu yang bikin gaduh. Kadang sih seru juga liat netizen kreatif di Twitter yang pake kata-kata kayak gini buat ekspresiin perasaan mereka. Tapi tentu aja, kita harus tetep jaga etika dan nggak memperkeruh suasana dengan nge-biang-kerokin terus.

Nah, gitu aja ceritanya tentang asal usul istilah Biang Kerok. Mungkin ada yang punya teori lain tentang asal-usulnya, bisa sharing juga di sini. Kalau menurut agan-agan, istilah Biang Kerok ini nggak sih seru dan unik? Yuk, kita bahas di sini!




Penulis: @masnukho 

Referensi


Sumber gambar

1,2,3

dasiemsidas
verdandigr
annisamutiara02
annisamutiara02 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.2K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.