Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Fakta Menarik tentang Baju Adat Minahasa Kawasaran! [Kompetisi KGPT]


Hai agan-agan dan sista-sista yang sedang membaca artikel ini! Siapa di antara kalian yang pernah dengar tentang baju adat Minahasa yang keren banget, yaitu Kawasaran? Nah, kali ini ane mau ngasih tau fakta menarik tentang baju adat Minahasa Kawasaran yang dipakai oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat upacara proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di Istana. Siap-siap ya, ini dia fakta-faktanya!

Pertama-tama, Kawasaran ini merupakan baju adat yang sangat khas dari daerah Minahasa, lho. Baju adat ini dipakai dalam tarian perang orang Minahasa yang dikenal sebagai Kawasaran. Seru banget kan?

Kedua, baju Kawasaran ini memiliki motif-motif yang unik dan menarik. Motifnya beragam, mulai dari motif bunga hingga motif daun gedi. Katanya nih, motif daun gedi ini menjadi salah satu motif batik yang mendapat perhatian di pasar. Mantap kan?

Ketiga, jangan lupa juga ya, baju adat Minahasa ini biasanya dilengkapi dengan topi perang yang terbuat dari paruh burung Taong dan bulu ayam jantan. Wah, seru banget tuh pastinya.


Konten Sensitif


Selain fakta-fakta di atas, Kawasaran juga menjadi simbol dari kebudayaan dan keindahan daerah Minahasa. Daerah ini dikenal dengan keindahan Danau Tondano dan Gunung Tangkoko yang menjadi rumah bagi hewan endemik seperti Tarsius spectrum. Keren banget, ya?

Bukan hanya itu, Kawasaran juga menjadi bagian penting dari upaya pelestarian budaya dan lingkungan. Ada seorang ibu bernama Sizzy yang memiliki ide unik untuk melestarikan tradisi dan budaya Minahasa melalui batik. Ide tersebut lahir dari kekhawatiran akan hilangnya tradisi dan budaya leluhur. Keren banget ya!




Digunakannya pakaian adat Minahasa Kawasaran oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di HUT RI ke 78 yang diadakan di Istana Merdeka Jakarta tersebut menarik perhatian banyak oran dan membuat semuanya terpesona. Tidak salah jika pakaian adat Minahasa Kawasaran mendapatkan penghargaan dan masuk ke dalam salah satu dari lima pakaian adat terbaik di HUT RI Ke-78.

Diketahui sejak beberapa tahun terakhir, Presiden Jokowi mewajibkan peserta upacara HUT RI untuk menggunakan pakaian adat tradisional Nusantara untuk menunjukkan keberagaman adat dan budaya Indonesia ke kancah Internasional.

Indonesia bukan kaya akan sumber daya alam, melainkan juga kaya akan adat budaya yang mana di setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Tentu kekayaan adat dan budaya ini harus dilestarikan, karena bisa menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa besar di masa depan cerahnya Indonesia..

Jadi, begitulah agan-agan dan sista-sista fakta menarik tentang baju adat Minahasa Kawasaran. Baju adat yang dipakai oleh Kaesang dan Erina ini memang berhasil mencuri perhatian publik dengan keunikan dan keindahannya. Semoga dengan semakin dikenalnya baju adat ini, kita semua bisa semakin bangga dengan keberagaman budaya di Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya!


Penulis: @masnukho 

Narasi

KGPT dan ulasan pribadi

Sumber gambar

1,2,3

Referensi


verdandigr
agamnaufal
annisamutiara02
annisamutiara02 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.6K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.1KThread25.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.