lamberiantoAvatar border
TS
lamberianto
Jenis-Jenis Kerupuk Basah di Indonesia [kompetisi KGPT]
Quote:

sumber gambar : menukuliner.net

Kerupuk Basah adalah kuliner daerah khas Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Penganan ini berbahan dasar ikan sungai yang digiling yang kemudian dicampur dengan tepung tapioka atau tepung sagu serta bumbu-bumbu dapur seperti bawang putih, merica, penyedap rasa, garam dan lain-lain.

Ada banyak jenis kerupuk basah di Indonesia yang memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Salah satu jenis kerupuk basah yang terkenal adalah kerupuk basah dari Kalimantan Barat. JIka dilihat secara sekilas, penganan ini mirip dengan Pempek, kuliner daerah khas Palembang.

Kerupuk basah dari Kalimantan Barat, atau yang juga dikenal dengan sebutan temet, terbuat dari bahan dasar ikan. Ada dua varian kerupuk basah dari Kalimantan Barat, yaitu kerupuk basah dari ikan toman dan kerupuk basah dari ikan belida. Kerupuk basah ini memiliki bentuk lonjong memanjang dengan ukuran panjang sekitar 15 hingga 25 cm dan diameter sekitar 2 hingga 3 cm. Kerupuk basah ini memiliki tekstur yang kenyal dan tidak crispy seperti kerupuk-kerupuk lainnya.

Selain kerupuk basah dari Kalimantan Barat, ada juga jenis kerupuk basah lainnya yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Salah satunya adalah kerupuk basah bata dari Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun. Kerupuk basah ini memiliki ukuran yang bervariasi, umumnya sekitar 10 cm hingga 25 cm dengan diameter sekitar 3 cm hingga 5 cm. Kerupuk basah bata ini biasanya disajikan dengan sambal olahan khas yang menambah cita rasa saat dinikmati.

Proses pembuatan kerupuk basah tidak sama dengan kerupuk-kerupuk kering lainnya. Kerupuk basah tidak perlu diiris dan dijemur seperti kerupuk kering. Bahan utama pembuatan kerupuk basah adalah tepung sagu dan campuran ikan pilihan. Ikan yang digunakan dapat bervariasi, seperti ikan belida, ikan tenggiri, atau jenis ikan tawar lainnya sesuai selera. Setelah adonan kerupuk basah selesai, kerupuk basah dikukus hingga matang. Hasilnya adalah kerupuk basah yang kenyal dan memiliki aroma khas ikan.

Kerupuk basah merupakan makanan khas daerah yang memiliki keunikan tersendiri. Selain rasanya yang lezat, kerupuk basah juga memiliki nama yang unik. Disebut kerupuk basah karena proses pembuatannya merupakan sebagian dari proses pembuatan kerupuk kering. Kerupuk basah juga sering disebut sebagai calon kerupuk atau kerupuk setengah jadi.

Jenis-jenis kerupuk basah di Indonesia menawarkan variasi rasa dan tekstur yang berbeda. Dari kerupuk basah Kalimantan Barat yang kenyal dengan rasa ikan yang khas, hingga kerupuk basah bata dari Kotawaringin Barat yang disajikan dengan sambal khas. Setiap jenis kerupuk basah memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri, sehingga layak untuk dicoba dan dinikmati.


Quote:



dewariansyah
avienssneiva
Majuma
Majuma dan 54 lainnya memberi reputasi
55
2.6K
403
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.