aurora..Avatar border
TS
aurora..
[True Story] Gue Adalah Seorang Penyintas Sindrom Asperger
Shalom! emoticon-Hai
Selamat malam kalian semuanya! emoticon-Moon



Pada kesempatan yang sangat berharga ini, gue, Mbak Rora, akan sharing tentang cerita gue sebagai seorang penyintas sindrom Asperger.




Gue adalah seorang wanita berusia 23 tahun. Dari segi perkembangan, gue sudah mulai bisa berbicara di usia 4 bulan, tetapi gue belum bisa berjalan sampai usia 12 bulan.

Gue pertama kali terdiagnosis mengidap sindrom Asperger di usia 7,5 tahun oleh psikolog anak yang menangani gue waktu itu.

Yang gue rasakan sebagai pengidap sindrom Asperger adalah:

1. Gue kesulitan untuk membangun kontak mata dengan orang lain karena gue merasa takut dan tidak percaya diri dalam membangun kontak mata dengan orang lain. Selain itu, hal lainnya yang membuat gue kesulitan untuk membangun kontak mata dengan orang lain adalah gue sering tidak fokus dan sibuk dengan lamunan gue sendiri atau dunia gue sendiri.

2. Gue kesulitan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi karena gue mempunyai tingkat rasa percaya diri yang sangat rendah, khususnya dalam hal bersosialisasi dan berkomunikasi.

3. Kalau gue sudah suka dengan satu topik (misalnya topik A), gue akan membahas topik A tersebut secara berulang-ulang. Tetapi kalau gue sudah nggak suka dengan topik A, gue pasti akan ganti topik (misalnya jadi topik B) tetapi sama saja, gue juga tetap akan membahas topik B tersebut secara berulang-ulang.

Kalau dari segi kecerdasan intelektual, puji Tuhan menurut hasil tes IQ di psikolog anak yang menangani gue waktu itu, hasil tes IQ gue termasuk kategori di atas rata-rata, yaitu 120.

Selain pernah terdiagnosis mengidap sindrom Asperger, gue juga pernah terdiagnosis mengidap ADHD di usia 4 tahun dan Conduct Disorder di usia 2 tahun.

Namun puji Tuhan, setelah gue mulai pubertas dan mengalami menstruasi pertama, gejala Sindrom Asperger, Conduct Disorder dan ADHD gue secara berangsur-angsur mulai berkurang gejalanya, walaupun sampai sekarang masih ada sisa-sisa gejalanya emoticon-Frown.



Cukup sekian sharing dari gue emoticon-Malu
Apabila ada salah kata atau ada kata-kata gue yang kurang berkenan, gue mohon maaf.
Selamat malam! emoticon-Moon
Diubah oleh aurora.. 06-08-2023 11:19
screamo37
indrag057
falin182
falin182 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.