Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Home Appliance
  • Wow, Peneliti Baru Saja Menemukan Cat Modern Anti Panas Dan Anti Dingin Terbaik, Gan

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wow, Peneliti Baru Saja Menemukan Cat Modern Anti Panas Dan Anti Dingin Terbaik, Gan


Isu yang sampai detik ini terjadi adalah soal pemanasan global yang katanya bumi semakin panas sepertinya nyata, ditambah lagi musim yang sulit diprediksi membuat daya tahan eksterior dan interior rumah jadi cepat menurun.

Hal yang berhubungan langsung dengan panas matahari atau hujan salah satunya adalah cat rumah, kini dituntut bukan hanya untuk keindahan dan nilai estetika belaka tapi harus juga mampu melindungi dari terpaan panas atau suhu dingin yang ekstrem.

Ini beda dengan pelapis anti bocor atau peredam panas yang beredar di toko material karena ramuan cat baru buatan peneliti baru-baru ini berbeda dari sebelumnya. Luar biasanya daya tahan cat ini saat diuji selain anti air tapi juga tidak mengalami penurunan performa setelah terpapar suhu panas 80 °C (176 °F) atau dingin hingga -196 °C (-321 °F) selama seminggu!



Rahasia ramuan cat terbaru ini (dalam proses pengajuan hak paten AS. Appl. No.: 63/355193) adalah terdiri dari dua lapisan. Lapisan bawah mengandung gram halus aluminium yang bisa menolak radiasi infra merah yang mengenainya, mencegah panas masuk hingga 80%. Dan di lapisan atasnya terdapat lapisan luar yang sangat tipis dan transparan terbuat dari nanopartikel anorganik yang tersedia dalam berbagai warna.

Mengingat daya tahan cat yang menjanjikan ini tentu sangat cocok diaplikasikan pada bagian luar bangunan sebagai penahan panas selama musim panas (tentunya) dan dinding bagian dalam yang mampu menahan panas keluar lebih baik lagi selama musim dingin (suhu hangat jadi lebih terjaga).

Tim menguji sampel cat dalam versi putih, biru, merah, kuning, hijau, oranye, ungu, abu-abu tua dan menemukan bahwa masing-masing kekuatannya 10 kali lebih baik untuk menolak cahaya inframerah dibandingkan cat tradisional dengan warna yang sama.



Dari kelebihan yang dimiliki oleh cat modern ini lewat pengetesan laboratorium, dikatakan bisa menurunkan suhu pemanasan sekitar 36% dan mampu menjaga suhu hangat lebih dari 20%, tentu saja akan membuat emisi jadi lebih rendah, penghematan energi listrik dirumah jadi lebih irit ketika menggunakan Ac atau pemanas ruangan.

Wah, kalau dilihat dari kelebihan cat terbaru ini tentu sangat diinguinkan oleh siapapun terlebih beberapa bulan ini panas matahari terasa berlebih dari biasanya. Semoga saja ya, cepat dijual dipasar dengan harga yang terjangkau sehingga semua kalangan bisa memanfaatkan temuan ini. Aamiin.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp| img : gugel 


Diubah oleh iskrim 15-08-2023 14:06
ujangerimis
bagasdiamara269
pakdejoss
pakdejoss dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.6K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.