iskrimAvatar border
TS
iskrim
Terjawab, Kenapa Tab Pembuka Tutup Kaleng Soda Sekarang Mulai Dibuat 2 Buah


Pasti belum banyak yang tahu bagian satu, ini padahal kita sering melihat dan memegangnya saat akan membuka minuman kaleng bersoda. Pembuka kaleng ini disebut dengan Canette tab, semacam tuas pembuka lubang kaleng kemasan pada umumnya.

Satu hal lain yang seringkali kita alami ketika membuka canette tab tadi adalah ketika sudah terbuka busa soda akan bereaksi cepat menyeruak keluar sehingga mengotori permukaan atas kaleng. Meski terlihat sepele tapi akibatnya mengotori tangan, jadi lengket bahkan mengenai pakaian, jadi kita harus mencari tissu atau mencuci tangan agar tangan bersih kembali. Ribet.



Nah, belum lama ini desainer produk Nendo asal Jepang membuat sebuah inovasi yang terlihat sepele tapi sepertinya sangat berguna bagi kita, karena selain mencegah tangan jadi kotor akibat busa soda yang 'memaksakan diri' keluar dari dalam kaleng tapi juga bisa mengontrol volume busa soda sehingga tidak keluar terlalu sedikit atau terlalu banyak saat tuas canette tab kaleng sudah dibuka.



Agar berhasil teknik membuka canette tab juga perlu sedikit langkah, seperti biasa yaitu bukalah canette tab pertama (tanda 1), tujuannya agar udara yang masuk bisa menekan soda tidak keluar, cara ini memungkinkan kita mengatur jumlah busa yang diinginkan ke dalam gelas, tunggu sejenak agar reaksi didalam kaleng normal kembali barulah buka canette tab (tanda 2) yang kedua.



Ketika kedua canette tab tadi sudah terbuka maka resiko busa menyeruak keluar mengotori tangan kita bisa dicegah dan saat akan menuangkan isinya jadi bisa lebih dikontrol volume airnya ke dalam gelas.

Nendo sebelumnya telah melakukan pengamatan dan uji coba yang hasilnya terciptalah ide membuat 2 buah canette tab pada tutup kaleng bersoda. Nendo awalnya telah melakukan uji coba pada kaleng bir yang menghasilkan rasio bir ke busa 7:3 (Nendo menyebutnya rasio emas) yaitu tidak banyak air atau busa yang terbuang setelah kaleng bir memiliki 2 canette tab.

Menurut Nendo ada dua faktor penyebab terjadinya reaksi busa jadi keluar berlebihan yaitu karena terjadi penurunan tekanan yang tiba-tiba di dalam kaleng saat dibuka dan gesekan yang terjadi antara kaleng dan cairan saat menuang.



Nendo menambahkan, keuntungan lain yang belum disadari orang ketika memiliki 2 canette tab ini di kaleng minumannya adalah kualitas air dan busa jadi lebih terjaga sebelum kaleng baru dibuka yakni membuat volume air tetap (air tidak tumpah) dan membuat rasa tidak berubah signifikan terutama pada rasa beer Jepang. Hm... menarik emoticon-Angkat Beer






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : gugel 


b0c4h.n4k4l
screamo37
7origamies
7origamies dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.