Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ingin Bekerja Jarak Jauh? Berikut Ini Keuntungan dan Tantangan yang Akan Dihadapi

adivaazzahraAvatar border
TS
adivaazzahra
Ingin Bekerja Jarak Jauh? Berikut Ini Keuntungan dan Tantangan yang Akan Dihadapi

Dokpri


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat sore dan selamat beraktivitas buat semuanya. Berhubung hari ini aku lagi semangat buat menulis, jadinya aku mau posting lagi. Kalau tadi aku sudah posting soal rekomendasi pekerjaan untuk anak rumahan, sekarang aku mau posting tentang keuntungan dan tantangan yang kemungkinan dihadapi oleh para pekerja jarak jauh.



Beberapa tahun terakhir, bekerja jarak jauh sudah tidak menjadi hal aneh dan baru lagi bagi setiap orang. Sejak teknologi semakin berkembang, muncul beragam pekerjaan yang dapat dilakukan dengan bantuan teknologi. Apalagi sejak Covid-19 melanda dunia, ada banyak tatanan dunia yang berubah. Banyak aspek kehidupan yang berubah, salah satunya adalah pekerjaan.

Jika dahulu orang-orang yang bekerja kantoran akan berangkat ke kantor, maka sekarang pekerjaan tidak lagi harus dilakukan di kantor. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara jarak jauh atau online. Namun, yang akan dibahas di sini bukan tentang perubahan dari bekerja di satu tempat yang sama antara karyawan dan atasan, melainkan akan membahas terkait keuntungan dan tantangan dari bekerja jarak jauh.

Secara umum, setiap hal yang dilakukan oleh manusia sudah pasti memiliki keuntungan dan juga tantangan di baliknya, seperti halnya dengan bekerja jarak jauh ini. Adapun beberapa keuntungan dari bekerja jarak jauh adalah:

1. Fleksibilitas Waktu

Bekerja jarak jauh memungkinkan seseorang atau pekerja untuk bisa mengantur jam kerja sendiri dan tidak terikat oleh aturan kantor, sehingga memungkinkan para pekerja untuk lebih mudah menyesuaikan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadinya.

2. Lingkungan Kerja yang Bisa Disesuaikan

Artinya, pekerja bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk dirinya dan disesuaikan pula dengan kebutuhannya.

3. Menghemat Pengeluaran

Bekerja dari rumah bisa membantu seseorang untuk menghemat biaya transportasi dan makan siang. Sehingga memungkinkan para pekerja untuk menyisihkan uang tersebut untuk keperluan lain atau ditabung. Walaupun, ujung-ujungnya pasti harus menyiapkan budgettersendiri untuk mengadakan fasilitas seperti kuota internet.

4. Kesempatan Kerja yang Lebih Luas

Bekerja jarak jauh memungkinkan seseorang untuk mencari pekerjaan secara global di seluruh dunia, sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Sehingga, seseorang yang ada di Indonesia, bisa saja bekerja untuk perusahaan yang berada di negara lain. Sebab, perusahaan bisa merekrut dan bekerja sama dengan siapa pun di berbagai belahan dunia tanpa membatasi wilayah atau daerah asal calon pekerja.

5. Keseimbangan Antara Karir dan Kehidupan Pribadi

Jika pekerja jarak jauh bisa mengatur waktunya dengan baik dan juga mendisiplinkan diri untuk segera menyelesaikan pekerjaannya, maka pekerja jarak jauh bisa mencapai keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dengan kehidupan pribadinya.

Selain adanya keuntungan, bekerja jarak jauh juga memiliki tantangan yang bisa saja menghambat proses dari setiap pekerja. Di antara tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Isolasi Sosial dan Keterbatasan Komunikasi

Bekerja jarak memungkinkan seseorang merasakan keterasingan sosial karena merasa kurang terhubung secara sosial dengan rekan kerjanya, sehingga hal ini bisa memengaruhi kesehatan mental. Kemudian, bekerja jarak jauh juga membuat para pekerjanya harus bergantung pada teknologi untung terhubung atau berkomunikasi satu sama lain yang tentunya akan kurang efektif untuk menghidupkan suasana kekeluargaan dan ekspresi di antara para pekerja. Selain itu, hal ini juga bisa mengakibatkan kurangnya kesempatan kolaborasi antar pekerja dan pengembangan budaya perusahaan.

2. Pengaturan Disiplin Diri dan Kesembangan serta Batasan Waktu

Bekerja jarak jauh memerlukan tingkat disiplin pribadi yang tinggi agar bisa tetap fokus dan produktif dalam bekerja meskipun tanpa pengawasan dari atasan. Selain itu, bekerja jarak jauh juga bisa mengaburkan waktu untuk bekerja dengan waktu untuk diri sendiri jika manajemen waktu dan disiplin diri pekerjanya kurang, sehingga hal ini bisa mengakibatkan rasa lelah berlebih dan stres. Oleh karena itu, bagi pekerja jarak jauh sangat penting untuk mengatur kedisiplinan diri, agar kehidupan pribadi dan pekerjaan bisa berjalan dengan seimbang.

3. Keterbatasan Akses ke Sumber Daya Kantor

Bekerja jarak jauh menjadikan pekerja tidak bisa mengakses fasilitas dan sumber daya yang ada di kantor secara penuh, sehingga dalam beberapa kondisi, keadaan ini akhirnya membuat pekerja harus bisa menyediakan fasilitas sendiri untuk kebutuhan pekerjaannya.

4. Manajemen Waktu

Pekerja jarak jauh sangat penting untuk bisa memanajemen waktunya dengan baik agar bisa produktif dalam bekerja walaupun tidak mendapatkan pengawasan langsung dari perusahaan. Selain itu, manajemen waktu juga memungkinkan pekerja untuk bisa mengatur waktu bersantai dan menikmati kehidupan pribadinya di luar waktu bekerja.

Sekian pembahasan mengenai tantangan dan keuntungan terkait bekerja jarak jauh. Namun, satu hal yang perlu untuk selalu diingat adalah bahwa bekerjalah dengan baik jika ingin hasil yang juga baik. Setiap pekerjaan sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang cara mengatasi setiap kekurangan tersebut juga dikembalikan lagi kepada masing-masing pribadi. Setiap orang punya cara sendiri untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada jika ia memang memiliki kemauan untuk maju dan berkembang.

Sekian dan terima kasih. Wassalamu'alaikum.


Adiva Azzahra,
Gowa, 13 Agustus 2023.

Sumber: Opini pribadi dan ide dari referensi mesin pencari Google
Diubah oleh adivaazzahra 14-08-2023 12:53
0
503
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.