• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Kado HUT RI ke-78, TNI AU Menerima Pesawat Super Hercules yang Ketiga

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Kado HUT RI ke-78, TNI AU Menerima Pesawat Super Hercules yang Ketiga
Quote:


Bertepatan dengan HUT RI yang ke-78, Indonesia telah menerima pesawat Super Hercules yang ketiga pada hari Rabu (09/08/2023). Menurut artikel di website TNI AU, kedatangan pesawat dengan nomor ekor A1343 tersebut disambut oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Hardjono, S.E., M.M., dan sejumlah pejabat Kemhan serta TNI AU.

Sesampainya di Lanud Halim Perdanankusuma, dilakukan proses water salute, yakni dengan menyemprotkan air ke pesawat sebagai tanda penyambutan. Selain itu, juga dilakukan pengalungan selempang kepada para kru pesawat A-1343. Menurut TNI AU, pesawat ketiga ini melakukan ferry flight lebih dari 33 jam penerbangan (7 hari). Rute yang ditempuh dimulai dari pabrik Lockheed Martin di Marietta-San Diego-Honolulu-Kwajalein-Agana (Guam)-Jakarta.

Pesawat diterbangkan sejak hari Kamis (03/08/2023) dari Marietta dan tiba hari Rabu (09/08/2023) di Jakarta. Pada penerbangan kali ini personel TNI AU turut ikut menemani 4 kru dari Lockheed Martin, personel tersebut adalah dua penerbang TNI AU yaitu Mayor Pnb Aleg Chandra dan Kapten Pnb Jatmiko Adi, serta satu load master Lettu Tek Rico Aradea Putra dari Skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma. Sementara kru dari Lokcheed Martin terdiri dari dua pilot yaitu Andrew White dan Richard Anthony, serta dua load master yaitu Kevin Meadows dan Williams Jeffrey.

Quote:


Untuk pesawat ketiga akan diserahkan secara resmi oleh Kementerian Pertahanan RI kepada TNI AU pada hari Selasa (15/8/2023). Untuk pesawat keempat akan datang pada Oktober 2023, sementara pesawat yang kelima alias terakhir akan tiba pada Januari 2024.

Oh ya Gan, ada yang menarik terkait penomoran pesawat ketiga kali ini. Pasalnya pesawat mendapat nomor 43, sementara pesawat pertama dan kedua memakai nomor ekor 39 dan 40. Penomoran ini loncat ke angka 43 dikarenakan nomor 41 dan 42 sudah dipakai pesawat Hercules yang lain. Jadi pesawat ketiga memakai tail numberA1343, pesawat selanjutnya akan memakai nomor ekor A1344 dan A1345.

Sebagai tambahan informasi, A adalah akronim dari Angkut; dipakai TNI AU sebagai kode pesawat kargo yang mereka gunakan. Untuk kode angka 13 diambil dari kode pesawat yakni C-130, sementara dua angka terakhir merupakan urutan jumlah pesawat yang pernah diterbangkan TNI AU.

Super Hercules akan melakukan tugas-tugas untuk mendukung angkutan udara, untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Pembelian versi terbaru dari serial C-130 ini merupakan bagian dari upaya modernisasi alutsista TNI AU. Dan kedatangan pesawat ketiga ini terasa istimewa, karena bertepatan dengan HUT RI yang ke-78. Selamat datang dan selamat bertugas Herky emoticon-Cendol (S)



-----------------------




Referensi Tulisan: TNI AU
Sumber Foto: Kemhan RI & TNI AU
Diubah oleh si.matamalaikat 23-01-2024 16:46
gabener.edan
cemara
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.