• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Suzuki RA125 | Inilah Wujud Asli Motor Milik Kesatria Baja Hitam (Kamen Rider Black)

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Suzuki RA125 | Inilah Wujud Asli Motor Milik Kesatria Baja Hitam (Kamen Rider Black)
Quote:


Hallo Gan, pada kesempatan siang hari di musim kemarau yang cukup panas ini, ane jadi kepikiran tentang serial Kesatria Baja Hitam; yang di Jepang disebut sebagai Kamen Rider Black. Tapi, untuk memudahkan anak-anak Indonesia memahaminya maka diganti jadi Kesatria Baja Hitam.

Kamen Rider Black, merupakan serial Kamen Rider pertama yang tayang di Indonesia, serta jadi salah satu Kamen Rider yang paling diingat oleh anak-anak atau remaja pada era 90-an. Yang ikonik dari Kamen Rider Black adalah motor yang dikendarainya, yang disebut sebagai Battle Hopper.Pada generasi awal Kamen Rider, pakaian serta kendaraannya dibuat mirip seperti belalang.

Kalau Agan masih ingat, bahkan disamping kiri dan kanan bagian roda belakang motor dibuatkan aksesoris yang mirip kaki belalang emoticon-Big Grin Menurut informasi Kamen Rider Wiki, motor yang dipakai Kamen Rider Black adalah Suzuki RA125. Tapi, tidak diketahui model tahun berapa yang dipakai.

Menurut artikel resmi Suzuki, motor penggaruk tanah (trail) RA125 mulai diperkenalkan pada tahun 1984, motor ini telah sembilan kali menjuarai FIM Motocross World Championship. Desain motor ini cenderung mengkotak Gan, yang mencolok terutama pada bentuk lampunya.

Quote:


Motor ini memiliki mesin 2-tak satu silinder berkapasitas 124 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 22 hp dan torsi puncak 19.6 Nm. Bobotnya pun cuma 100 kg ditambah pemakaian mekanisme full floater pada suspensi belakang serta rem cakram pada roda depan. Bobot ringan dengan kombinasi tenaga yang cukup galak, menjadikan motor ini jadi andalan dalam ajang balapan motocross pada waktu itu. Dan berikut ini adalah spesifikasi lengkap Suzuki RA125:

Overall length: 2,070 mm
Overall width: 840 mm
Overall height: 1,165 mm
Wheelbase: 1,355
Weight: 100 kg
Engine type: 2-stroke, 1-cylinder, liquid-cooled
Engine displacement: 124 cm³
Bore x stroke: 56.0 mm × 50.6 mm
Maximum power: 16.2kW (22HP)/ 8.000 rpm
Maximum torque: 19.6N-m/7.500 rpm
Transmission: 6-speed constant mesh
Front tire size: 80/80-21 45P
Rear tire size: 110/80-18 58P



Suzuki RA 125 Sempat Dipasarkan di Indonesia


Mungkin disini ada Agan yang pernah atau masih memiliki Suzuki RA125 ? Di Indonesia sendiri, motor tersebut diberi nama Suzuki TS125ER. Mengutip artikel dari website resmi Suzuki Indonesia, motor ini diperkenalkan ke Indonesia pada 1993. Beberapa motor ini sampai sekarang masih sering digunakan oleh pecinta trabasan.

Versi awal dari motor trail Suzuki ini sudah diperkenalkan sejak 1970-an di Jepang dengan nama Suzuki TS125R atau TS Duster, motor untuk kegiatan lintas alam generasi pertama ini cuma dipasarkan di Amerika dan Jepang. Dan 20 tahun kemudian, pada tahun 1993, Suzuki TS125ER diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Versi yang dijual di Indonesia ini diklaim lebih baik jika dibanding Suzuki TS125 generasi sebelumnya, salah satunya karena memakai suspensi depan lebih tinggi yang disandingkn dengan monoshock. Motor ini dihentikan produksinya ketika pemerintah menerbitakan aturan untuk tidak lagi membuat motor bermesin 2-tak.

Oh iya Gan, sebagai tambahan informasi, Suzuki RA125 itu khusus dipasarkan untuk kawasan Amerika Serikat dan Eropa. Sementara untuk pasar Jepang namanya adalah Suzuki TS125X. Perbedaannya ada di bagian rem depan. Untuk RA125 roda depan memakai rem cakram, sementara untuk TS125X bagian roda depan masih memakai rem tromol. Dan untuk Suzuki TS125ER yang dijual di Indonesia dulu, roda depannya juga masih memakai rem tromol.

Quote:


Meski Suzuki TS125 series yang dipasarkan di Indonesia sama persis dengan TS125X yang dipasarkan di Jepang, tapi ada sedikit perbedaan tenaga mesin yang dihasilkan Gan. Menurut artikel Suzuki Indonesia, mesin yang dipakai Suzuki TS125ER adalah 123 cc 1 silinder 2-tak. Mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 13 hp dan torsi puncak mencapai 13,2 Nm. Untuk berat kosongya sekitar 105 kg.

Nah, demikian sekilas ulasan Suzuki RA125, barangkali ada Agan yang pernah atau masih punya versi yang dijual di Indonesia, silakan nanti berkomentar di bawah. Sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



---------------------




Referensi Tulisan: Kamen Rider Wiki, Suzuki& Suzuki Indonesia,
Sumber Foto & Ilustrasi: sudah tertera di atas
merseysidered
nite.hime
iorme
iorme dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.4K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.