• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Dalam Satu Minggu, Kabel Menjuntai Memakan Dua Korban! Tanggung Jawab Siapakah Ini?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Dalam Satu Minggu, Kabel Menjuntai Memakan Dua Korban! Tanggung Jawab Siapakah Ini?


Sumber Gambar

Kabel merupakan salah satu benda yang ada di sekitar kita. Bukan tanpa alasan, keberadaan kabel merupakan bisa dibilang cukup penting karena berfungsi untuk menghantarkan listrik ke berbagai device dan medan lainnya. Saat ini kabel-kabel di Indonesia masih banyak yang menggunakan tiang dan belum ditanam di bawah tanah.

Beberapa sumber menyebutkan alasan mengapa masih menggunakan kabel atas, kabarnya hal ini karena mahalnya biaya perawatan listrik bawah tanah. Selain itu juga, pemasangannya juga cukup lama dan memakan waktu. Bahkan harus membongkar trotoar yang sudah bagus. Saat ini hanya Batam yang merupakan kota dengan kabel tanam di Indonesia.

Sayangnya, dalam mengurus kabel yang di atas saja pihak berwenang masih belum sanggup mengatasi beberapa masalah yang ada. Salah satunya adalah ruwetnya kabel yang menggantung di atas. Bahkan ada juga kabel yang sampai menjuntai ke bawah hingga menghalangi jalan. Dan parahnya lagi, kabel menjuntai ini sudah memakan korban.


Sumber Gambar

Pertama, ada seorang ojek online di kawasan Palmerah, Jakarta Barat yang mengalami kecelakaan tunggal usai motornya tersangkut ke kabel listrik yang menjuntai memalang jalanan. Akibatnya, ojek online itu pun akhirnya tewas dalam kecelakaan yang terjadi pada 29 Juli 2023 dini hari. Kabarnya, kabel tersebut adalah kabel Telkom.

Malam itu jalanan memang sedang gelap. Korban kemudian menyadari adanya kabel melintang di tengah jalan kemudian mencoba menghindar. Usai mencoba menghindar, dirinya malah jatuh dan terperosok ke trotoar. Sempat ada pertolongan dengan di bawa ke rumah sakit, sayangnya nyawa korban lebih dulu hilang.

Kedua, ada Sultan Rifat seorang mahasiswa yang mengalami nasib yang sama dengan ojol di atas. Sultan terjerat kabel fiber optik di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Kejadian ini terjadi pada 3 Agustus 2023 jam 11 malam. Kabel yang ada di ketinggian 5,5 m itu tak sengaja menjuntai usai tersangkut mobil besar yang kebetulan lewat.


Sumber Gambar

Sebelum terkena Sultan, kabel itu sempat menjerat mobil SUV namun bisa lolos. Sayang, Sultan yang berada di belakang mobil itu malah menjadi korban. Kabel itu menjerat lehernya dan terjadilah kecelakaan. Akibatnya cukup mengenaskan, kini tenggorokan Sultan rusak. Saluran makan dan pernapasannya juga rusak.

Dalam surat yang Sultan tulis untuk Mahfud MD dan Presiden Jokowi, Sultan menceritakan bahwa untuk menelan ludah saja dia tidak bisa. Sehingga setiap 2 menit sekali ia harus mengeluarkan air liurnya. Yang repot adalah saat tidur, di mana ia harus menyedot air liur yang masuk ke saluran pernapasannya menggunakan mesin.

Sekarang, untuk makan minum Sultan harus menggunakan selang NGT silikon yang dimasukkan lewat hidung dan harus diganti sebulan sekali. Waduh, TS tahu betapa sakitnya memasukkan selang itu. Gak kebayang betapa tersiksanya Sultan hidup dengan keadaan seperti ini. Pemuda 20 tahun itu lantas mencari keadilan dengan membuat surat ke Presiden Jokowi dan Mahfud MD.


Sumber Gambar

Ya, permasalahan seperti ini memang remeh akan tetap seharusnya tidak dibiarkan. Dalam salah satu video TikTok yang TS tonton sempat ada pengakuan salah seorang wanita yang menyebut bahwa sampai kapan pun masalah kabel ruwet tidak akan selesai. Sulit. Bahkan beberapa bulan lalu TS juga pernah menulis soal kecelakaan karena terjerat kabel, sayang memang tidak seviral yang sekarang.

Pertanyaannya, apakah harus ada korban dulu? Mungkin ini jadi tanggung jawab dari pihak pemilik kabel entah Telkom, PLN atau siapa pun. Tapi setidaknya Pemda atau Pemkot bisa lebih tegas dan menegur para pemilik kabel ini.

emoticon-2 Jempol

Jadi menurut kalian, siapa yang bertanggung jawab atas kabel-kabel ini?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
goeltom25338186
MUF0REVER
gasaptol
gasaptol dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.2K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.