mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
ULMWP ; rakyat West Papua Saireri konsisten dukung keanggotaan penuh ULMWP di MSG
ULMWP ; rakyat West Papua wilayah Saireri konsisten dukung agenda keanggotaan penuh ULMWP di MSG

Syam Terrajana - Aksi Dukung ULMWP, MSG, ULMWP
August 6, 2023
West Papua
Ilustrasi Aksi demonstrasi damai di Kota Jayapura, pada Rabu (12/7/2023) mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG. – Jubi/Theo Kelen
Jayapura, Jubi –  Jumat 4 Agustus 2023 lalu, rakyat West Papua wilayah Saireri berkumpul di Kepulauan Yapen dengan mengenakan  busana tradisional sambil memegang bendera bangsa-bangsa Melanesia; Fiji, Solomon Island, Vanuatu, Kanaky, PNG,  termasuk bendera Bintang Kejora dan juga sejumlah spanduk dan menggelar aksi untuk mendukung agenda keanggotaan penuh United Liberation Movement for West Papua -ULMWP di Melanesian Spearhead Group- MSG.

Dukungan diberikan  dalam bentuk ibadah doa dan mimbar bebas.

Kegiatan dukungan ini telah diawali dengan sebuah ritual masyarakat adat setempat dengan maksud meminta restu kepada leluhur moyang bangsa-bangsa Melanesia, khususnya bangsa Papua agar keanggotaan penuh ULMWP di MSG  dapat tercapai.

Kepala Eksekutif Pemerintah Sementara ULMWP wilayah Saireri,  Edison Kendi yang turut hadir mengatakan, kegiatan tersebut adalah bagian dari komitmen dan konsistensi dukungan wilayah Saireri.

Dia mengatakan, konflik di West Papua merupakan konflik politik yang telah dan terus berlangsung dalam jangka setengah abad. Menurutnya  ini termasuk yang paling lama di zaman yang sudah maju seperti sekarang.

Kendi menegaskan, rakyat West Papua Wilayah Saireri mendukung sepenuhnya langka-langka diplomasi politik yang terus dilakukan oleh para pemimpin Pemerintah Sementara ULMWP dalam hal ini Hon. Benny Wenda selaku Presiden dan Rev. Edison Waromi, S.H selaku Perdana Menteri bersama seluruh kabinet dalam United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Terkait hal itu, melalui rilis yang dilayangkan Departemen Politik ULMWP kepada jubi.id,  pihaknya  menyertakan empat  pernyataan sikap  dukungan rakyat West Papua wilayah Saireri untuk keanggotaan penuh ULMWP di MSG;

1. United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) adalah organisasi politik yang secara sah mewakili aspirasi politik bangsa Papua dalam upaya memperjuangkan hak penentuan nasib sendiri bagi rakyat dan bangsa Papua di bagian barat pulau New Guinea untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan dari kolonialisme asing.

2. Kami rakyat West Papua menyatakan mendukung penuh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang selanjutnya disebut Pemerintah Sementara West Papua menjadi anggota penuh di dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) sebagai representasi resmi West Papua dari Sorong-Merauke.

3. Kami rakyat West Papua dengan tegas menyatakan bahwa keberadaan kolonial Negara Republik Indonesia (NKRI) di MSG tidak mewakili rakyat dan bangsa Papua dari Sorong-Merauke.

4. Kami dengan sepenuhnya menyatakan mendukung dan mengakui ULMWP yang selanjutnya disebut Pemerintah Sementara West Papua menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT-MSG) atau MSG Leader Summit di Port Vila, Vanuatu mewakili rakyat dan bangsa Papua dari Sorong-Merauke.

Sebagai kepala Executive Pemerintah Sementara ULMWP wilayah Saireri, Edison Kendi menyatakan, semua dukung rakyat West Papua di seluruh Wilayah Saireri telah dan sedang dilakukan berdasarkan deklarasi dukungan Politik West Papua menuju Keanggotaan Penuh di MSG oleh Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif yang telah dilakukan pada tanggal 4 Juni 2023 serta arahan dan imbauan umum yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Sementara ULMWP melalui Kementerian Urusan Politik.

Sebagai tambahan, jadwal pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pemimpin Melanesian Spearhead Group (MSG) yang diperbarui bulan Agustus 2023 . terkait hal itu pihaknya akan  keluarkan melalui imbauan terbuka dan arahan dalam waktu dekat. (*)

https://jubi.id/nasional-internasion...-ulmwp-di-msg/


Gelar ibadah, masyarakat Kota Jayapura dukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG

Dewi Wulandari - Aksi Dukung ULMWP
August 6, 2023
ibadah
Puluhan masyarakat Papua di Kota Jayapura mengikuti ibadah sebagai dukungan terhadap ULMWP menjadi anggota penuh di MSG, pada abtu (5/8/2023). – Jubi/Dok. Kelly
Jayapura, Jubi – Puluhan masyarakat di Kota Jayapura mengikuti ibadah yang digelar Komite Aksi Tabi United Liberation Movement for West Papua atau ULMWP dan Kunume Numbay di asrama Supiori, Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Sabtu (5/8/2023). Mereka menggelar ibadah sebagai bentuk dukungan terhadap ULMWP menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group atau MSG.
Ketua Komite Aksi West Papua Wilayah Mamta, Henok Wenda, menyatakan ibadah ini bagian dari merajut ikatan dan mempererat persatuan di antara masyarakat Papua. Wenda menyatakan persatuan penting guna memberi dukungan bagi Papua menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group atau MSG.

“Jadi hari ini kami merakit kembali kebersamaan supaya rakitan kita semakin kencang. Kebersamaan, persatuan, kekompakan semakin besar, dan konsolidasi kita semakin luas. Hari ini [Sabtu] kita mengawali di basis kawan-kawan Saireri di asrama Supiori. Tujuan kita, perhatian kita untuk dukungan [Papua menjadi anggota penuh] MSG dan semangat-semangat, cita-cita dibakar melalui kegiatan ibadah. Untuk dukungan MSG kita awali dengan doa, dan akhiri dengan doa seperti yang pernah dilakukan sebelum-sebelumnya,” kata Wenda kepada Jubi, pada Minggu (6/8/2023).

Wenda menyatakan selama ini rakyat Papua hidup dalam kekerasan, pelanggaran HAM, intimidasi, dan diskriminasi rasial bersama negara Indonesia. Menurut Wenda forum Melanesian Spearhead Group sebagai aspirasi politik bangsa Papua untuk keluar dari Indonesia.

“Kondisi Papua sekarang ini bahwa banyak terjadi hal-hal seharusnya tidak terjadi kepada rakyat Papua, dari intimidasi sampai kekerasan. Sebab itu rakyat Papua mau keluar dari Indonesia,” ujarnya.


Puluhan masyarakat Papua mengikuti ibadah sebagai dukungan terhadap ULMWP menjadi anggota penuh di MSG, pada Sabtu (5/8/2023). – Jubi/Dok. Kelly
Wenda mengharapkan United Liberation Movement for West Papua menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group. Wenda meminta rakyat Papua memberi dukungan penuh kepada ULMWP.

“Harapan kami rakyat Papua Bersatu mendukung ULMWP di MSG. Melanesian Sprearhead Group menjadi jalan keluarnya bangsa Papua dari Indonesia,” katanya. (*)

https://jubi.id/polhukam/2023/gelar-...ota-penuh-msg/

Gerakan dukungan masyarakat mendukung ULMWP masuk MSG dan jika sukses secara tak langsung menyebut ada negara berdaulat di dalam negara jika semisalnya Vanuatu dan lainnya memang mengesahkan.
Tapi manuver Indonesia sejauh ini lumayan mendekati Vanuatu dan negara-negara pasifik lainnya biar tak ngegas total dukung ULMWP
dragunov762mm
dragunov762mm memberi reputasi
1
575
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.