Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

quaeAvatar border
TS
quae
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Lubang besar yang muncul di dekat kota Tierra Amarilla, Chile, tahun 2022 kemaren. (Sumber gambar: Johan Godoy/Getty Images)


Hellow Selamat Pagi Menjelang Siang!

Ada yang sudah tahu sinkhole belum ini? Aslinya sinkhole itu ada banyak di bumi, mulai dari Pit Surgawi yang ada di China yang memiliki kedalaman sekitar 2.172 kaki, sampe ke Devil's Sinkhole di Texas yang konon isinya sampai sekitar tiga juta kelelawar — ini dia beberapa lubang paling dalam yang ada di dunia.

Jadi sinkhole itu keajaiban alam sebenarnya. Mereka bisa muncul tiba-tiba dan ukuran atau diameternya bisa gede banget, sampe bisa nyelaputin gedung-gedung sekaligus. Alam memang bikin kagum!

Ngomong soal sinkhole saya malah jadi ingat shithole yang konon katanya daya cengkramnya bahkan melampaui blackhole. Entah seperti apa kebenarannya, saya mana tahu.

By the way sebuah sinkhole terbentuk karena batuan di bawah tanah, misalnya batu kapur yang entah bagaimana larut sendiri oleh air tanah. Nah, pas batu tersebut larut, jadilah gua-gua. Terus kalau gua-gua itu kebetulan ukurannya gede banget sampe tanah di atasnya ga kuat lagi buat nahan beban karena memang di bawahnya sudah kosong, dan akhirnya ambruk deh permukaan tanahnya.

Percaya gak? Gila, ada lubang sinkhole yang ternyata ada ekosistem sendiri, bahkan bisa ada tumbuhan dan hewan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Tahun 2022, ilmuwan menemukan lubang sinkhole super dalam sekitar 630 kaki (192 meter) di China selatan yang isinya hutan kuno dan tumbuhan yang lebat. Mantap banget, ya! Kira-kira hutan belantara milik bininya abang Toyip begitu juga kagak ye? emoticon-Big Grin

Okelah berikut di bawah ini adalah hole-hole yang berhasil penulis kumpulkan dan mohon maaf karena shithole dan blackhole tidak termasuk di dalamnya.

Xiaozhai Tiankeng, China
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Xiaozhai Tiankeng — atau Pit Surgawi — adalah lubang sinkhole terbesar yang diketahui di Bumi. (Sumber gambar: Brookqi, Dalam domain publik, melalui Wikimedia Commons)

Berlokasi di Kabupaten Fengjie, China, Xiaozhai Tiankeng — yang artinya kurang lebih "Pit Surgawi" — adalah lubang sinkhole terdalam di dunia. Lubang ini memiliki kedalaman 2.172 kaki (662 meter) dan terbentuk di atas gua Difeng yang terbentuk dari batuan kapur, yang dibentuk oleh aliran sungai bawah tanah yang masih mengalir di bawah lubang tersebut.

Crveno Jezero (Red Lake), Croatia
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Danau Merah dinamai demikian karena tebingnya yang berwarna kemerahan. (Sumber gambar: Stepo/Getty Images)

Danau Merah adalah lubang sinkhole yang berisi danau karst, yaitu danau yang terbentuk akibat ambruknya gua bawah tanah yang berada di dekat kota Imotski, Kroasia. Meskipun air danau berwarna biru, namun dinamakan Danau Merah karena tebing merah-cokelat di sekitarnya yang terwarnai oleh oksida besi. Lubang sinkhole ini memiliki kedalaman sekitar 1.740 kaki (530 m) dan menjadi habitat beberapa spesies ikan, termasuk ikan minnow bercak (Delminichthys adspersus) yang terancam punah dan ikan loach berduri Imotski (Cobitis illyrica).

Daerah ini juga punya Danau Biru, lubang sinkhole lain yang kedalamannya (dari tepi lubang) sekitar 720 kaki (220 m). Keren banget kan Kroasia punya!

Dragon Hole; Paracel Islands, South China Sea
Dragon Hole, atau yang dikenal juga sebagai Yongle Blue Hole atau "mata" laut. Lubang sinkhole yang berwarna biru ini memiliki kedalaman sekitar 984 kaki (300 m) dan terletak di dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan. Ditemukan pada tahun 2016, lubang biru ini adalah yang terdalam yang diketahui di dunia. Lubang ini adalah gua vertikal bawah laut atau lubang sinkhole yang ada di wilayah pantai. Biasanya di dalamnya terdapat beragam kehidupan laut, mulai dari terumbu karang sampai hiu. Keren banget, kan?

Qattara Depression, Egypt
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Sebatang atau tiang batu di tengah gurun di ujung utara Depresi Qattara. (Kredit gambar: Pavel Gospodinov/Getty Images)

Depresi Qattara adalah daerah dataran rendah seluas 7.500 mil persegi (19.400 kilometer persegi) — sekitar tiga kali ukuran Delaware — di utara Mesir. Lubang galian ini terbentuk selama ribuan tahun melalui pelapukan dan erosi angin. Depresi ini mencapai kedalaman 436 kaki (133 m) — merupakan titik terendah kedua di Afrika, setelah Danau Assal di Djibouti — dan ditutupi oleh dataran garam, gundukan pasir, dan rawa-rawa garam.

Versi lain mungkin karena Katara kena sodok Aang jadinya depresi.

Great Blue Hole, Belize
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Great Blue Hole di Belize memiliki kedalaman lebih dari 400 kaki (122 meter). (Sumber gambar: Andrew Hounslea/Getty Images)

Great Blue Hole adalah lubang sinkhole laut di lepas pantai Belize. Lubang ini memiliki kedalaman 407 kaki (124 m) dan luas permukaan sekitar 706.470 kaki persegi (70.650 meter persegi). Lubang ini merupakan bagian dari sistem Taman Rezervasi Rintangan Belize yang lebih besar, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tahun 2019, sebuah tim penjelajah termasuk Fabien Cousteau, cucu dari pembuat film dan penjelajah Jacques Cousteau yang pertama kali membuat lubang ini terkenal, serta Richard Branson, memetakan dasar Great Blue Hole menggunakan gelombang suara. Mereka menemukan stalaktit baru — pertumbuhan mineral yang mirip gumpalan es — serta botol plastik, yang menyoroti masalah polusi laut.

The Devil's Sinkhole, Texas
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Devil's Sinkhole di Texas adalah rumah bagi sekitar tiga juta kelelawar, bro. (Sumber gambar: Taman Negara Texas)

Di Texas, ada sebuah formasi berbentuk lonceng yang disebut Devil's Sinkhole, dengan kedalaman 350 kaki (107 m). Peternak menemukan gua ini pada tahun 1876, dan sejak itu menjadi tempat yang populer untuk penelitian geologi. Lubang galian ini memiliki banyak lorong gua yang menjadi rumah bagi salah satu koloni kelelawar ekor bebas Meksiko (Tadarida brasiliensis) terbesar di Texas. Di malam hari yang hangat, sekitar 3 juta kelelawar keluar dari lubang galian ini mencari makanan. Seru banget ya bisa lihat kampung halamannya Spiderman sebelum pindah ke Medan, eh Batman!

Hole of Macaws, Brazil
Beberapa sinkhole besar yang ada di Bumi!Buraco das Araras di Brasil adalah salah satu lubang sinkhole terbesar di Amerika Selatan, bro. (Sumber gambar: Lucas Ninno/Getty Images)

Buraco das Araras — atau Lubang Macaw — adalah salah satu lubang galian terbesar di Amerika Selatan, bro. Lubang ini memiliki kedalaman 328 kaki (100 m) dan terbentuk akibat erosi batu kapur di bawah permukaan. Namanya diambil dari banyaknya burung yang tinggal di sana, terutama burung macaw merah (Ara macao) yang menggunakan lubang galian ini sebagai tempat berkembang biak. Keren banget, kan?


Oke Sekian!
Thanks Udah Mampir!

Sumber Thread
Live Science


Tembusan @replykgpt
hallowwolf94
yasyah81
screamo37
screamo37 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.5K
101
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.