amdar07Avatar border
TS
amdar07 
Gunung Sampah Raksasa di Bali Utara Viral [Kompetisi KGPT]
#AmdarGanteng



emoticon-Wowemoticon-Wow emoticon-Wow
Halo agan dan sista,
Ane mau cerita nih, agan sista, tentang Gunung Sampah Raksasa di Bali Utara yang lagi viral banget! Jadi, ada seorang aktivis lingkungan dari Sungai Watch dan media Australia yang ngunggah foto gunung sampah ini, dan akhirnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng datang ke lokasi ini. Ternyata, gunung sampah ini berada di Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt, dan masih dikelola dengan pola lama oleh desa setempat.

Gimana nih, agan sista? Kita pasti pada penasaran kan, gimana bisa ada gunung sampah sebesar ini? Nah, jadi gunung sampah ini terbentuk karena masih banyaknya sampah yang tidak terkelola dengan baik. Padahal, Bali itu kan destinasi wisata yang terkenal banget, tapi sayangnya masalah sampah ini masih jadi PR besar.



sumber

Kepala DLH Buleleng, Pak Gede Melandrat, membenarkan adanya gunung sampah ini. Tapi, dia juga bilang kalau gunung sampah ini masih dikelola oleh Desa Ringdikit. Mereka masih menggunakan pola lama, yaitu kumpul angkut buang. Wah, kalo gitu, gimana dong solusinya?

Pak Perbekel Ringdikit, yang bertanggung jawab atas desa ini, mengusulkan solusi jangka pendek. Mereka akan melakukan pengelolaan sampah berbasis sumber dengan cara memilah sampah sesuai peraturan gubernur Bali. Selain itu, mereka juga akan mengaktifkan kembali gerakan menabung sampah melalui Bumdesa dan melibatkan semua kelompok masyarakat. Mantap banget, kan?

Tapi, agan sista, kita juga harus ikut berperan dalam mengatasi masalah sampah ini. Kita bisa mulai dari diri sendiri dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan memilah sampah di rumah. Selain itu, kita juga bisa ikut serta dalam kegiatan pembersihan pantai dan laut, kayak yang dilakukan oleh komunitas Rare Beten Tiying di Pantai Tulamben. Keren banget kan?



sumber

Jadi, mari kita jadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah. Kita bisa bersama-sama menjaga kebersihan Bali, agar tetap indah dan lestari. Yuk, mulai sekarang kita jadi agen perubahan untuk Bali yang lebih baik!
Thanks and see you next thread GanSist.


raffisaga
Exceltron
ratreiaa
ratreiaa dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.