Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
PDIP DKI Heran Massa HMI Demo Bela Gerung Malah Bakar Bendera Partai
PDIP DKI Heran Massa HMI Demo Bela Gerung Malah Bakar Bendera Partai

Sabtu, 05 Agu 2023 09:21 WIB


Foto: Dok. DPRD DKI

Jakarta - Sekelompok orang yang mengatasnamakan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta melakukan unjuk rasa membela Rocky Gerung yang diduga menghina Presiden Jokowi. Dalam aksinya, mereka membakar bendera PDIP. PDIP DKI Jakarta pun mempertanyakan aksi massa tersebut.

"Sebaiknya PB HMI klarifikasi, ini benar atas nama organisasi atau ulah sekelompok yang mengatas-namakan HMI. Kalau ulah sekelompok, maka harus dikecam," kata Kepala Badiklatda PDI Perjuangan DKI, Gilbert Simanjuntak, saat dihubungi, Sabtu (5/8/2023).

Gilbert merasa aneh jika HMI justru membela orang yang tidak menghormati orang lain dalam menyampaikan kritik. Menurutnya, seharusnya orang tersebut dididik.

"Karena aneh, ada yang kurang menghormati seseorang tetapi malah dibela oleh organisasi mahasiswa yang berlatar belakang reliji. Seharusnya yang tidak sopan dididik agar tahu sopan," ucapnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini juga menegaskan pelaporan atas Rocky Gerung yang dilakukan PDIP masih dalam koridor hukum. Menurutnya, keterlaluan dan bisa berdampak luas jika justru bendera PDIP yang dibakar.

"Sikap PDI Perjuangan juga masih dalam koridor hukum, semakin aneh kalau lalu bakar bendera PDI Perjuangan. Itu terlalu provokatif dan kemungkinan akan berdampak luas," ujar dia.

Senada dengan Gilbert, politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno juga menyoroti sikap sekelompok orang yang mengatasnamakan HMI itu. Menurutnya, pembakaran atribut partai saat berdemo menandakan kelompok tersebut rendah literasi demokrasi.

"Orang yang demo sambil membakar bendera, literasi demokrasinya rendah. Itu lebih sebagai upaya provokasi untuk memantik eskalasi ketidaktertiban. HMI yang saya tahu tidak demikian," ucapnya.

Kemudian, dia juga menegaskan apa yang dilakukan PDIP sudah sesuai koridor hukum. Melaporkan Rocky Gerung ke pihak kepolisian jug salah satu solusi menjaga ketertiban umum.

"Indonesia negara hukum. Jadi kalau ada permasalahan yang dipersepsi mengganggu ketertiban umum, salah satunya ditempuh melalui jalur hukum. Itu yang dilakukan Tim Hukum sejumlah Parpol dan Ormas," ujar dia.

Sebelumnya, massa yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/8). Mereka mengecam PDI Perjuangan yang melaporkan Rocky Gerung ke pihak kepolisian terkait dugaan menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi).


https://news.detik.com/berita/d-6859...bendera-partai
prabas
Proloque
aldonistic
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.