Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Home Appliance
  • Mulia Sekali, Mahasiswa Ini Share Ilmunya Cara Buat Tinta Printer 3D Dari Botol Bekas

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mulia Sekali, Mahasiswa Ini Share Ilmunya Cara Buat Tinta Printer 3D Dari Botol Bekas


Hm, saya menyebutnya sebagai 'tinta printer' karena akan terdengar lebih familiar daripada menyebutnya dengan nama filamen yang masih asing di dengar oleh kebanyakan orang. Ya, ini adalah sebuah temuan dan solusi bagus buat peminat dan pemilik printer 3D.

Jadi mulai saat ini setelah selesai membaca thread ini saya berharap kalian mulai rajin mengumpulkan botol plastik bekas, ikut mengurangi limbah plastik, semakin banyak botol tentu semakin hemat biaya karena kita tidak perlu membeli 'tinta' printer 3D yang harganya masih mahal itu. Jadi kalau ada solusi bagus seperti ini mengapa tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya, bukan?



Tapi satu hal yang harus diingat adalah; botol plastik yang bisa digunakan nanti adalah botol yang memiliki kode segitiga yang didalamnya tertulis angka 1 yaitu kode daur ulang PET terbuat dari bahan PolyEthylene Terephthalate yang aman buat wadah makanan dan minuman serta karakteristiknya yang bening seperti beling.



Setelah botol sudah terkumpul dan bersih maka dengan bantuan sebuah alat modern yang bernama Polyformer mampu mengubah botol plastik bekas tadi menjadi filamen cetak 3D. Seperti terlihat pada foto meski Polyformer bentuknya ringkas tapi jangan dianggap remeh karena sanggup melelehkan botol plastik menjadi lembaran tipis dan mengubahnya menjadi bahan mentah 'tinta' atau filamen berbentuk gulungan benang setebal 1,75 mm.

Alat ini terlihat begitu bermanfaat selain mengurangi limbah plastik tapi menjadi alternatif membuat filamen secara otodidak, lalu seberapa mahal harganya? Ternyata tidak mahal gan, tapi sayangnya alat ini tidak dijual karena pembuatnya memberikan kepada kita secara cuma-cuma!



Ya, Reiten Cheng seorang mahasiswa ArtCenter College of Design, California secara mulia membagikan rahasia dapurnya cara membuat alat ini lewat halaman download secara gratis di link websitenya. Menurutnya apa yang dia berikan ini bisa dibuat oleh semua orang dengan murah dan mudah. File-file tersebut juga tersedia di halaman GitHub Polyformer terdiri dari panduan terperinci tentang cara merakit alat tersebut tanpa ada yang disembunyikan. Ini adalah project idealis dan ladang amal bagi seorang Reiten Cheng.



Reiten Cheng banyak mendapat perhatian media dan apresiasi besar didunia percetakan printer 3D karena telah membuat Polyformer yang mampu mengurangi limbah plastik seperti pernah memenangkan banyak penghargaan desain diantaranya: The James Dyson Award - International Sustainability Winner, Spark Awards - Platinum Winner & AllSpark Special Honor, Core77 Design Awards - Winner, The Hackaday Prize - 3rd place, Dezeen Awards - Longlisted, RoPlastic Prize - Finalist, Global Grad Show Exhibition - Dubai, Innovation For Living Exhibition by Isola Design - Milan dan London Design Biennale Exhibition - London.

Jadi, kalau kamu tertarik segera deh kunjungi website Reiten Cheng ini. Semoga bermanfaat, ya..
Aamiin.










Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Tkp | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 27-07-2023 23:30
ciecieeeeeeee
blockchain.tech
ufo60
ufo60 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.7K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.