Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

surya.paloh69Avatar border
TS
surya.paloh69
Segini Gaji Ahok kalau Jadi Dirut Pertamina
Segini Gaji Ahok kalau Jadi Dirut Pertamina

Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dirumorkan bakal menjadi direktur utama perseroan. Meski demikian, Menteri BUMN Erick Thohir belum bisa memberikan kepastian terkait isu ini. Berapa gaji Ahok kalau benar jadi Dirut?

Mengutip laporan keuangan Pertamina 2022 kemarin yang dipublikasikan, Rabu (26/7/2023), dijelaskan manajemen kunci adalah direksi dan personil lain yang mempunyai peranan kunci dalam perusahaan.

Kompensasi yang dibayar dan terutang pada manajemen kunci dan Dewan Komisaris pada periode yang berakhir 31 Desember 2022 masing-masing sebesar US$ 23,90 juta atau sekitar Rp 358,5 miliar (kurs Rp 15.000/dolar AS).

Sementara untuk struktur komponen remunerasi yang diberikan kepada dewan komisaris dan direksi terdiri dari gaji/honorarium, tunjangan, fasilitas, dan tantiem/insentif kinerja.

Khusus gaji, gaji direktur utama ditetapkan dengan menggunakan pedoman internal yang ditetapkan oleh Menteri BUMN selaku RUPS Pertamina. Gaji anggota direksi lainnya ditetapkan dengan komposisi faktor jabatan, yaitu sebesar 85% dari gaji direktur utama.

Selain menerima gaji, direksi dan komisaris menerima tunjangan. Bagi direksi, tunjangan yang diterima meliputi tunjangan hari raya, tunjangan perumahan, dan asuransi purna jabatan.

Dengan begitu, bila nilai kompensasi direksi ini dibagi secara merata dengan perhitungan yang ada di laporan keuangan tahunan perusahaan, maka perhitungannya US$ 23,9 juta (Rp 358,5 miliar) dibagi 6 orang, setiap direksi mendapatkan sekitar Rp 59,75 miliar per tahun atau Rp 4,97 miliar per bulan.

Berdasarkan perhitungan itu, bila Ahok nanti menjabat sebagai Direktur Utama perseroan maka besaran gaji yang bisa diterimanya kemungkinan lebih dari Rp 4,97 miliar. Sebab gaji Direktur Utama lebih tinggi dari dewan direksi lainnya.

Namun perlu diingat besaran gaji ini berdasarkan perhitungan kompensasi 2022. Dengan begitu besaran gaji tahun 2023 ini dan berikutnya kemungkinan akan berbeda.

https://finance.detik.com/berita-eko...irut-pertamina

Mantab.. Pak ahok d gajinya pake dollar.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir
sukakuda
sagal2010
GoldFish
GoldFish dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
87
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.