harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Hutang Pinjol Warga DKI Jakarta Mencapai 10 Triliun! Apakah Kalian Termasuk??

Sumber Gambar

Hutang merupakan salah satu hal yang sudah seharusnya kita hindari bersama. Karena dengan adanya hutang, hidup kita akan menjadi kurang tenang. Karena setiap saat kita akan terus kepikiran tentang bagaimana cara untuk mengembalikan uang yang kita pinjam. Hal ini bisa mengganggu aktivitas kita apalagi kalau yang punya duit sudah menagih berkali-kali.

Lalu kalau sudah punya uang pun, alih-alih ingin bersenang-senang kita malah menghabiskan uang untuk membayar hutang. Tentu hal ini bisa kita cegah dengan menghindari kebiasaan berhutang uang. Dengan begitu hidup lebih tenang dan nyaman ketimbang harus pinjam uang sana-sini. Yang ada finansial langsung drop.

Apalagi kalau pinjamnya ke pinjol. Hadeh, itu lagi. Bukan hanya tidak tenang, kita juga bisa stres, depresi, dan nama kita menjadi jelek. Karena biasanya debt-collector pinjol akan meneror orang-orang terdekat kita dan menuduh yang tidak-tidak. Jadi kalau bisa, cobalah untuk berhemat dan jangan jadikan berhutang sebagai salah satu opsi. Jadikan saja opsi terakhir.


Sumber Gambar

Tapi entah mengapa walau sudah banyak kasus mengenai pinjol di Indonesia yang sudah sangat meresahkan, masih saja banyak orang yang mengambil pinjaman di pinjol. Seakan tidak belajar dari pengalaman orang-orang, pinjol pun semakin merajalela di mana-mana. Bahkan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengeluarkan data terbaru mengenai penerima pinjol di DKI Jakarta.

Total pengguna atau akun yang terjerat pinjol di DKI Jakarta mencapai jumlah total 17,68 juta. Dan semuanya masih dalam keadaan aktif. Bahkan jumlah ini lebih tinggi 15% dari tahun lalu. Hal ini sangat timpang, mengingat 17 juta itu hanya di DKI Jakarta saja. Sedangkan di keseluruhan pulau Jawa saja ada 12,88 juta pengguna pinjol. Lebih sedikit dari DKI Jakarta yang sesempit itu.

Mungkin faktor ekonomi dan tingkat melek teknologi yang lebih tinggi menjadi salah satu sebab mengapa di DKI Jakarta banyak yang terjerat pinjol. Meski bisa dikatakan melek teknologi, tapi menurut TS warga DKI belum cerdas dalam menggunakan teknologi. Masih tidak tahu atau mungkin mengabaikan dampak buruk yang bisa terjadi di kemudian hari jika tidak bijak dalam memanfaatkan teknologi.


Sumber Gambar

Untuk di luar pulau Jawa jumlahnya lebih kecil lagi yakni hanya 4,43 juta pengguna. Dari sini terlihat bahwa memang pusat dari aktivitas Pinjol berada di pulau Jawa khususnya di DKI Jakarta. Dari banyaknya akun yang mendaftar pinjol, total hutang pinjol yang ada di DKI Jakarta sendiri mencapai 10,54 triliun rupiah. Angka yang cukup fantastis bukan?

Pinjol memang menjadi salah satu momok menakutkan, tapi entah mengapa masih suka digunakan jasanya oleh orang-orang. Entah apa yang ada di pikiran orang-orang, tapi selalu ada saja orang-orang yang terjerat pinjol di zaman ini. Tidak mau men-judge juga sih, mungkin memang sesulit itu mereka sampai terpaksa harus pinjam ke pinjol.


Sumber Gambar

Seperti yang TS jelaskan di atas, berhutang saja sudah sebaiknya jangan dijadikan opsi untuk mendapatkan uang. Apalagi kalau pinjamnya sampai ke pinjol. Karena kita sudah banyak melihat sendiri kasusnya. Di mana banyak orang depresi bahkan sampai mengakhiri hidup hanya karena terlilit hutang pinjol dan tidak tahan dengan teror yang ada.

Kita juga harus berhati-hati dan tidak menyebarkan info pribadi seperti foto KTP karena bisa saja identitas kita disalahgunakan untuk pinjol.

emoticon-2 Jempol

Jadi menurut kalian, apa yang membuat banyak orang sebegitu sukanya dengan pinjol? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Tonythompson94
scorpiolama
jhon_fc
jhon_fc dan 25 lainnya memberi reputasi
24
6.3K
374
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.