Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Canggih, Ilmuwan Berhasil Membuat Robot Berpori Dan Berkeringat, Ini Foto²nya!


Satu persatu rahasia biologis manusia mulai terkuak oleh para ilmuwan, meski menurut saya ini sepertinya memang terlalu berlebihan tapi setidaknya melalui kecerdasan buatan manusia, robot, ilmuwan bisa meniru bagaimana manusia bereaksi terhadap situasi, lingkungan dan berkomunikasi.

Tentu saja buatan ilmuwan yang meskipun dianggap telah berhasil membuat 'produk' tiruan manusia dan lainnya tapi masih jauh dari kata sempurna. Pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya ini membuat kita jadi lebih bersyukur atas nikmat yang kita terima berkat Rahmat dan Kasih Sayang, Tuhan Yang Maha Esa.

Dari sekian banyak robot buatan manusia yang pernah dibuat kini ilmuwan telah berhasil membuat robot yang bisa berkeringat, bagaimana mungkin bisa bukankah robot dibuat 90% dari bahan logam dan benda padat, 10% nya sejenis cairan seperti minyak pelumas?



Ternyata ilmuwan dari Arizona State University (ASU) ini tidak hanya bisa membuat robot jadi bisa berkeringat tapi juga sanggup menghasilkan dan menyerap panas. ANDI si robot buatan mereka dikatakan mampu meniru fungsi thermal tubuh manusia, bisa bernafas, bebas bergerak, percobaan dapat disesuaikan dengan berbagai usia, tingkat kebugaran, atau kondisi kesehatan yang memengaruhi kemampuan orang untuk mentolerir panas.



Tujuan utama dibuatnya penelitian Ini adalah cara yang jauh lebih aman untuk mengumpulkan data dan menilai batas toleransi tekanan panas tanpa mengorbankan manusia pada risiko di situasi yang bersuhu ekstrem dan lingkungan yang belum pernah dijelajahi manusia seperti planet-planet di tata surya.



Si robot Andi juga memiliki 35 sensor suhu yang dikontrol secara individual di seluruh tubuhnya, saluran nafas melalui tangki eksternal yang mengukur pertukaran udara panas, dan 'pori-pori' yang dapat mengeluarkan 'keringat' saat sistem pendingin robot bekerja untuk melawan tantangan suhu.



Sistem pendingin Andi menampilkan saluran sirkulasi air dingin yang memungkinkannya menahan suhu hingga 140 °F (60 °C) sambil bekerja mengukur radiasi matahari, radiasi infra merah dan panas konvensi dari udara sekitar.

Ok jadi setelah robot sudah bisa berkeringat, sepuluh tahun kedepan akan ada kemajuan apalagi dengan dukungan AI? Bukan begitu ajiBot @replykgpt?










Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Tkp | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 25-07-2023 16:17
indrastrid
gubtifaqih
ufo60
ufo60 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
3K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.