dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Parah, Diduga Pastor Katolik di Manggarai Suruh Wanita Telanjang Demi Konten


Ruteng, infopertama.com - Beberapa waktu lalu, sekelompok masa yang mengklaim sebagai warga Poco Leok melakukan aksi menolak Proyek Pengembangan Geothermal PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok. Di antara masa aksi, sebagiannya merupakan kaum wanita, baik yang berusia muda juga ada usia dewasa.

Bahkan, sebagian kaum perempuan ini rela ber- telanjang dada agar bisa membatalkan proyek Pengembangan Geothermal PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok.


Aksi nekat massa aksi perempuan ini sontak menjadi bahan diskusi publik, sekaligus merontokkan nalar publik akan pentingnya pengembangan Energi Baru Terbarukan di Poco Leok.

Panas Bumi Poco Leok tidak lagi dipandang sebagai Berlian, malah sebagai ancaman yang membahayakan hajat hidup banyak orang, terkhusus warga Poco Leok.

Akibatnya, saat bersamaan pula label penjahat, tidak manusiawi dialamatkan kepada pihak PLN, Pemerintah daerah, bahkan kepada Negara.

Sayangnya, belakangan terungkap, segala bentuk aksi penolakan pengembangan Proyek Strategis Nasional PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok adalah desainan seorang pastor Katolik, Pater Simon Suban Tukan, SVD.

Peran Pater Simon Tukan, SVD melalui JPIC SVD sebagai dalang yang melakukan provokasi masyarakat Poco Leok diungkap Raimundus Wajong, Rabu, 19 Juli 2023.

Menurut Raimundus Wajong, kehadiran Proyek Geothermal PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok untuk kebaikan warga di Poco Leok. "Hanya saja, Pater Simon dan Romo yang merekrut warga Poco Leok yang menolak. Itu saja masalahnya." Ujar Raimundus Wajong.


Kalau kami awalnya kompak [Setuju Geothermal], karena kami dengar langsung dari pemerintah, jelas Raimundus Wajong.

"Rekrut Pater Simon ini dia bawa dengan dia punya koperasi, kelompok sayur. Pelan-pelan dia rekrut warga di sana jadi nasabah. Sehingga ada ikatan. Dan, saat itu baru ada kelompok yang menolak, sebelum itu tidak. Kami semua satu padu membantu pemerintah waktu sosialisasi, waktu survei. Sehingga, karena ini berjalan bupati mengeluarkan SK penetapan." Beber Raimundus Wajong.

Wajong melanjutkan, sudah SK Penetapan dan begitu masuk tahapan pengukuran, Pater Simon sudah masuk. Dia rekrut nasabahnya dengan dia punya banyak cara. Nah coba sekarang, beri alasan dari Pater Simon dampak buruk itu apa? Hanya, beri contoh Lapindo. "Lho, kenapa Ulumbu yang sudah dirasakan warga masyarakat tidak menjadi contoh"

"Tidak ada budaya kita orang Manggarai, seorang perempuan telanjang. Tetapi karena ini diperintah oleh Pater Simon, kita orang Manggarak bisa lakukan ini. Apakah kita terima" Tutur Raimundus Wajong menanyakan.

Lanjut dia, "Ini kejadian di Poco Leok, kita tau demo di mana-mana ini dilakukan. Nah, sekarang bawa ke Manggarai, makanya saya minta kepada seluruh warga Manggarai hati-hati, ini sudah bukan budaya kita orang Manggarai."

"Telanjang, berpakian tidak sopan saja itu bukan budaya kita orang Manggarai. Apalagi telanjang. Hati-hati. Jadi, kalau sudah yang namanya pastor atau romo lakukan ini, mohon, siapapun orang Manggarai harus tolak." Tegas Wajong lagi.

Lebih jauh, Raimundus Wajong meminta agar Pemimpin Tertinggi Gereja Lokal, YM Mgr. Siprianus Hormat menarik Pater Simon dari semua keterlibatannya baik melalui koperasinya, juga melalui JPIC SVD di Wilayah Poco Leok.


https://infopertama.com/parah-diduga...g-demi-konten/

cewe manggarai gak jelek2 amat rupanya emoticon-Kiss
Diubah oleh dragonroar 25-07-2023 12:24
bukan.bomat
dragunov762mm
jiresh
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.