Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Education
  • Viral Harga Seragam Sekolah Mencapai Jutaan Rupiah, Worth It Kah?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Viral Harga Seragam Sekolah Mencapai Jutaan Rupiah, Worth It Kah?

Viral Harga Seragam Sekolah Mencapai Jutaan Rupiah, Worth It Kah?
Sumber Gambar

Sekolah merupakan tempat yang cukup penting bagi setiap orang. Karena di sekolah lah seseorang mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat dan juga berbagai hal penting lainnya. Seperti akhlak dan etika yang juga penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak hal lain yang sepatutnya diajarkan di sekolah.

Namun sekolah bukan sekedar menuntut ilmu. Ada banyak kebutuhan dan perlengkapan sampai atribut yang diperlukan oleh seorang peserta didik dalam menunjang kegiatan belajar mengajarnya. Hal ini menjadi salah satu dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam terciptanya lingkungan pendidikan yang baik di masyarakat.

Untuk itu, kita perlu mengeluarkan kocek lebih untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan tersebut. Sehingga perlu biaya untuk melengkapi semua atribut dan kebutuhan. Sebut saja seperti buku, alat tulis hingga seragam sekolah. Khusus untuk seragam, atribut ini wajib sebagai identitas dan juga untuk mengenal di jenjang apa seorang murid sedang sekolah.

Viral Harga Seragam Sekolah Mencapai Jutaan Rupiah, Worth It Kah?
Sumber Gambar

Harganya pun biasanya normal dan tidak terlalu mahal. Akan tetapi berbeda dengan yang ada di Tulung Agung, Jawa Timur. Di mana banyak orang tua murid yang mengeluh karena mahalnya biaya untuk membeli seragam sekolah. Jika normalnya hanya sampai ratusan, seragam sekolah di SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung mencapai jutaan.

Untuk melengkapi semua seragam dan atribut yang dibutuhkan, para orang tua harus merogoh biaya sekitar 2.360.000 rupiah. Angka yang fantastis yang bisa dipakai untuk beli handphone spek menengah. Biaya mahal ini yang kemudian banyak diprotes karena para orang tua murid harus membelinya di koperasi sekolah.

Uang sebanyak itu tentu bukan hanya untuk satu seragam. Total ada 10 jenis item yang harus dibeli sebagai atribut untuk masuk sekolah. Mulai dari putih abu-abu, almamater hingga jilbab untuk yang perempuan. Entah apa yang menyebabkan harganya bisa semahal itu, mungkin bahan yang digunakan adalah bahan premium dengan standar internasional kali ya.

Viral Harga Seragam Sekolah Mencapai Jutaan Rupiah, Worth It Kah?
Sumber Gambar

Yang lucu lagi, semua seragam itu dibeli dalam bentuk kain mentah. Jadi si orang tua harus menjahitnya sendiri sampai menjadi baju seragam yang pas di badan anaknya. Pihak sekolah menyatakan hal ini dilakukan karena takut kalau beli di luar, warna bahannya berbeda-beda dari yang lainnya. Hanya seragam olahraga saja yang sudah dalam bentuk baju siap pakai.

Kalau dipikir-pikir apa gunanya dan apa urgensinya murid memakai bahan yang mahal. Apakah ada pengaruhnya dalam proses belajar mengajar? Kalau tidak rasanya lebih baik memberikan seragam yang biasa saja. Hitung-hitung mengajarkan kesederhanaan kepada si murid. Tidak perlu berlebihan sampai beli yang sampai jutaan seperti ini.

Viral Harga Seragam Sekolah Mencapai Jutaan Rupiah, Worth It Kah?
Sumber Gambar

Bahkan masalah ini sampai ke telinga Wagub Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak. Ia menyebut sekolah tidak boleh membuat kebijakan untuk mewajibkan murid membeli seragam di koperasi sekolah. Wagub mengaku ia siap menindaklanjuti temuan ini dan mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Sudah harganya mahal, tidak dalam bentuk jadi pula. Kalau alasannya soal warna yang berbeda-beda, memang dulu waktu TS sekolah warna celananya kadang suka berbeda. Ada yang warna abu-abu ada juga yang warnanya lebih mirip biru muda. Tapi toh tidak jadi masalah selama perbedaannya tidak terlalu mencolok.
Kalaupun mau menyediakan di koperasi, ya jangan dipatok harga yang tinggi seperti ini. Kasihan juga bila ada murid dari kalangan tidak mampu.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, worth it kah seragam belum jadi harga jutaan? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
ami23164
nite.hime
adinilmi
adinilmi dan 20 lainnya memberi reputasi
21
5.9K
491
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.7KThread14KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.