Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Tata Magic Iris, Minivan Yang Batal Jadi Mobil Pedesaan Indonesia

slukblukotoAvatar border
TS
slukblukoto
Tata Magic Iris, Minivan Yang Batal Jadi Mobil Pedesaan Indonesia



Tata Magic Iris, Minivan Yang Batal Jadi Mobil Pedesaan Indonesia


Tata Magic Iris


     Tata Motors pada awal kiprahnya di Indonesia masa modern diawali dengan beberapa model. Salah satunya ialah pickup Super Ace yang sempat menjadi primadona penjualannya selama beberapa tahun.

   Namun beberapa tahun awal kehadirannya, Tata Motors Indonesia sempat memperkenalkan salah satu kendaraan mungil andalannya yang bisa digunakan untuk keperluan transportasi pedesaan. Kendaraan tersebut ialah Tata Magic Iris yang sempat dipamerkan beberapa kali di ajang Pameran otomotif besar di Indonesia.

     Minivan ini memiliki dimensi yang hampir sama persis dengan sebuah Bajaj, yakni sepanjang 2960mm, lebar 1512mm, dan tinggi 1800mm. Dengan bodi sekecil itu, Magic Iris hanya bisa menampung 5 penumpang saja.

    Bodi dari minivan ini didominasi oleh baja dari bagian depan hingga bagian belakangnya.  Terdengar berat jika seluruh bodinya didominasi oleh baja. Namun, berat kosong dari mobil ini hanya berkisar 720 Kg saja. 

    Hal tersebut disebabkan karena banyaknya pengurangan fitur seperti jendela penumpang belakang yang digantikan oleh terpal. Selain itu, diameter ban yang hanya sebesar 12 inci saja juga dapat menjadi faktor ringannya berat mobil ini.

Tata Magic Iris, Minivan Yang Batal Jadi Mobil Pedesaan Indonesia

Dashboard Tata Magic Iris


     Bagian interiornya juga didesain sesederhana mungkin demi mengejar cost yang murah. Salah satunya ialah pada bagian bangku penumpang belakang yang tipis seperti kursi bajaj yang dapat membuat ruang di dalamnya terkesan luas. 

     Selain itu, dashboardnya juga di desain se sesimpel mungkin dengan menyisakan beberapa tombol penting dan cluster instrumen saja. Bahkan sampai ke tipe tertingginya, Magic Iris tidak dilengkapi dengan AC dan Sistem infotainment.

    Untuk urusan dapur pacu, Tata magic Iris hanya ditenagai mesin diesel 1 silinder berkapasitas 611 cc yang dapat meghasilkan tenaga sebesar 12,5 HP dan torsi sebesar 38 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan. Dengan tenaga sebesar itu, Magic Iris dapat membawa beban sebesar 600 Kg.

      Pada waktu awal perilisannya, Tata menawarkan Magic Iris ke masyarakat India dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan mobil termurah di dunia pada saat itu, Tata Nano.

      Namun saat ini, mobil tersebut sudah tidak diproduksi lagi dikarenakan standar emisi yang tidak memenuhi kebijakan Bharat Stage 6 serta sistem safety yang juga tidak memenui kriteria seperti wajib dilengkapi airbag, seabelt reminder, dan sensor parkir.

Tata Magic Iris, Minivan Yang Batal Jadi Mobil Pedesaan Indonesia

Tata Magic Iris di Indonesia


    PT Tata Motor Distribusi Indonesia sebenarnya berencana akan memboyong minivan ini dengan sasaran masyarakat pedesaan yang membutuhkan transportasi harga murah, bisa dioperasikan di jalan sempit, serta mudah dalam hal perawatan.

     Namun sampai saat ini hal tersebut tidak terjadi dan sebagai penggantinya, Tata merilis Ace EX2 yang menawarkan muatan dan tenaga lebih besar dari Magic Iris.




jlamp
bang.toyip
bang.toyip dan jlamp memberi reputasi
2
1.2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.