• Beranda
  • ...
  • Militer
  • RSS Impeccable Tiba di Singapura, Inilah Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
RSS Impeccable Tiba di Singapura, Inilah Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara
Quote:


Singapura akhirnya menerima kapal selam Invincible Class yang pertama Gan, mengutip artikel Kementerian Pertahanan Singapura, kapal selam pertama yang bernama RSS Impeccable tiba pada 8 Juli 2023. Sementara seremoni kedatangannya dilakukan di RSS Singapura - Changi Naval Base pada 20 Juli 2023. Dalam pengirimannya, kapal selam ini tidak dilayarkan, tetapi dibawa ke Singapura dengan digendong oleh Rolldock Storm; jenis Semi Submersible Heavy Lift Vessel dari Kiel pada 18 Mei 2023.

Untuk kapal selam kedua diluncurkan di galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems (TKMS) pada 13 Desember 2022, bersamaan dengan kapal selam ketiga (RSS Inimitable). Sementara kapal selam pertama bernama RSS Invincible diluncurkan pada 18 Februari 2019, serta memulai tahapan sea trial pada 31 Agustus 2020. Saat ini kapal pertama tersebut masih berada di Jerman untuk mendukung pelatihan personel Angkatan Laut Singapura.

Rencananya Singapura akan memesan 4 unit kapal selam Invincible Class (Type 218 SG), kapal ketiga juga akan dikirim pada tahun ini. Sementara kapal keempat masih dalam proses pembuatan di Jerman. Kapal selam ini merupakan yang tercanggih di Asia Tenggara. Kapal didesain khusus untuk beroperasi di perairan Singapura yang dangkal serta dioptimalkan untuk fisik orang Asia. Kapal selam juga dilengkai otomatisasi tingkat tinggi, kapasitas muatan dan daya tahan bawah air yang ditingkatkan.

Quote:


Type 218SG (Invicible Class) berbobot 2.200 ton (saat menyelam), kapal selam ini memiliki kecepatan lebih dari 15 knots di bawah air serta punya kecepatan 10 knots di permukaan. Untuk panjangnya 70 meter dan diameter 6,3 meter. Persenjataanya adalah 8 tabung torpedo 533 mm. 

Fitur unggulan Type 218SG adalah sistem Air Independent Propulsion (AIP) eksternal berdasarkan fuel cell technology, yang akan memungkinkan kapal selam tetap bisa beroperasi di bawah air sekitar 50% lebih lama. Kapal selam juga membawa sistem tempur yang dirancang oleh Atlas Electronic dan ST Electronics.

Setelah seremoni, RSS Impeccable akan menjalani serangkaian uji coba laut dan pemeriksaan, hal ini dilakukan sebelum kapal selam menuju operasional penuh. Bergabungnya RSS Impeccable, akan meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Singapura untuk melindungi jalur komunikasi dan perdagangan lautnya yang vital.



---------------------




Referensi Tulisan: Kementerian Pertahanan Singapura
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 24-07-2023 02:43
geopoliticsgeek
gabener.edan
black.robo
black.robo dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.