pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Bukan AHY, Ini Cawapres Anies Baswedan Pilihan Gibran


Jakarta, CNBC Indonesia - Sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan mulai terkuak. Setelah nama-nama unggulan, seperti Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid seakan tenggelam, sosok ini justru dinilai akan menjadi kandidat terkuat Cawaspres Anies.

Usulan nama Cawapres ini datang dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Secara spesifik, ia mengatakan Edhie Baskoro Yudhoyono atau 'Ibas' cocok sebagai Cawapres pendamping Capres Anies Baswedan.

Hal itu ia kemukakan melalui akun Twitter personalnya. Ia menanggapi tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan warganet di Twitter soal pemberitaan Cawapres Anies.

Gibran mengomentari singkat, "kemungkinan mas Ibas," dikutip dari akun Twitter pribadinya, Minggu (23/7/2023).

Ini bukan kali pertama Gibran terang-terangan melontarkan kekagumannya pada sosok anak mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Banyak video yang beredar di YouTube dari wawancaranya dengan berbagai media soal bagaimana ia mengidolakan Ibas.

"Ya, temen-temen media sudah tahu saya ngefans sama Mas Ibas," kata dia saat dikonfirmasi DetikJateng terkait kicauannya di Twitter.

Di sisi lain Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai kandidat terkuat Cawaspres Anies. Namun dia menyerahkan semua pada Anies tentang sosok Cawapres yang nanti dipilihnya.

Menurut dia, Anies tentu punya pertimbangan siapa sosok cawapres yang akan menemaninya bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

"Kita konsisten untuk memberikan mandat itu kepada Anies Baswedan untuk memilih siapa cawapresnya. Namun kewenangan yang diberikan dan siapa yang ditunjuk itu harus bisa dijelaskan secara empiris, secara saintifik, mengapa memilih seseorang," tuturnya.

Soal ini, AHY pun angkat suara mengenai Cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Perubahan. Namun ia tegaskan akan menyerahkan hal ini kepada Calon Presiden 2024 Anies Baswedan.

Untuk diketahui Anies merupakan Capres yang diusung oleh Koalisi Perubahan. Tiga partai yang berkongsi, antara lain Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera.

"Itu sudah final. Kita sudah serahkan ke capres kita Anies Baswedan, dan tentunya beliau pada waktunya akan menyampaikan itu kepada publik," kata AHY, di acara Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem, dikutip Minggu (23/7/2023).

AHY mengatakan keputusan itu sudah disepakati oleh ketiga partai untuk diserahkan kepada Calon Presiden yang diusung yakni Anies Baswedan, meski harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang disepakati.

"Dan sama sama bisa membawa kemenangan untuk perubahan ini," katanya

Saat ini masyarakat masih menunggu nama-nama pendamping dari calon presiden yang bakal bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Sinyal-sinyal juga sudah banyak keluarkan oleh berbagai tokoh.

Sebelumnya sejumlah nama beredar sebagai calon Cawapres Anies. Termasuk Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, Yenny Wahid, Andika Perkasa, Ahmad Heryawan, Ahmad Syaikhu, Salim Segaf Al-Jufri, dan Ridwan Kamil.

cnbc
MemoryExpress
sabukhitam
itkgid
itkgid dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.