mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jokowi Cek Perbaikan Jalan Solo-Purwodadi: Sejak Saya Kecil Nggak Pernah Beres


Tara Wahyu NV - detikJateng
Minggu, 23 Jul 2023 11:45 WIB

Presiden Jokowi tinjau perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Sragen, Minggu (23/7/2023). Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng
Sragen - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung perbaikan jalan Solo-Purwodadi. Jokowi bercerita sejak ia kecil melintas di jalan Solo-Purwodadi jalannya selalu rusak.
Dalam peninjauan itu, Jokowi ditemani oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Sragen Untung Yuni Sukowati. Selain itu, Jokowi yang tiba di Solo sejak Sabtu kemarin mengajak cucunya Jan Ethes Srinarendra dalam agendanya hari ini.

"Ya sama seperti yang saya lihat di provinsi yang lain, ini kita ingin memperbaiki mempercepat utamanya jalan provinsi jalan kabupaten kota di seluruh tanah air. Untuk jalan ini saya dari kecil saya kan tiap hari, bukan tiap hari saya lewat jalan sini nggak pernah beres," kata Jokowi disela tinjauan jalan Solo-Purwodadi, Minggu (23/7/2023).

Untuk jalan Solo-Purwodadi ini, kontruskisnya dua kali kenihbmahal dari jalan yang lain. Sehingga, untuk pemakaian bisa untuk jangka panjang.

"Tapi sekarang kontruksi memang seperti ini, memang dua kali lebih mahal tapi saya kira pemakaian untuk pemakaian bisa lebih 10 tahun lebih baik, kalau pakai aspal hampir mungkin nggak ada dua tahun rusak lagi, dua tahun nggak beres lagi. Sehingga untuk kegunaan jangka panjang," ujarnya.

Menurutnya jalan-jalan yang mempunyai jenis tanah yang labil akan buat pengecoran yang kebih tebal.

"Pokonya untik jalan yang labil, kalau stabil nggak perlu sampai di cor. Tebalnya ini untuk mejanya 10 cm diatasnyabada lagi 25 cm dicor lagi, jalan Solo -Purwodadi akan baik selemanya," ujarnya.

Jokowi juga memuji kualitas jalan di Jawa Tengah yang kemantapannya lebih bagus dari Provinsi Sumatera.

"Jateng saya lihat kemantapan jalan provinsi bagus, dibanding di Sumatera yang rata-rata 60 persen di sini 88 persen," ungkapnya.

Untuk itu pemerintah pusat mengucurkan dana untuk perbaikan jalan melalui inpres no 3 tahun tahun 2023. Untuk tahap pertama yang dianggakan sekitar Rp 7 triliun dan tahap kedua 7 triluin pad atahun ini.

"Kita teget secepatnya untuk penyelesaian jalan daerah. Sudah kontrak, di Bengkulu sudah berjalan, akhir Juli semua berjalan. Sehingga saya perlu cek kelapangan, mingu-minggu diajak Pak Gub (Gubernur Ganjar Pranowo) cek lapangan," pungkasnya.

https://www.detik.com/jateng/berita/...-pernah-beres.

Jalanan nggak beres berarti salah Gubenurnya secara nggak diurus jalan provinsi tersebut?
ian.benjamin
aldonistic
viniest
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.