dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
10 Warna Indah dari Pembakaran Senyawa Kimia ini Akan Membuatmu Takjub



Tanpa gansis sadari, api akan memiliki warna berbeda-beda bergantung dengan senyawa apa yang digunakan sebagai bahan pembakaran. Bila semasa kecil kita mengira bahwa api berwarna biru adalah yang paling panas maka anggapan tersebut bisa dipastikan salah. Warna yang dihasilkan dari api sebenarnya tidak menggambarkan tingkatan suhu. Melainkan warna pada api akan sangat bergantung dengan zat apa yang sedang dibakar. Ambil contoh senyawa Methanol (CH3OH) memiliki warna api transparan.

Oleh sebab itulah kita perlu mengetahui bermacam-macam jenis warna api sebagai identifikasi dasar untuk mengetahui zat apa yang terkandung dalam bahan pembakaran. Dengan mengetahui warna-warna api, setidaknya kita dapat melakukan identifikasi awal terkait apa penyebab kebakaran di suatu tempat melalui warna api yang muncul. Seperti warna-warna api berikut ini yang dihasilkan dari berbagai macam senyawa berbeda. Penasaran seperti apa keindahan dari warna api tersebut, mari kita cermati pada thread kali ini!


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Itu dia 10 warna menakjubkan yang dapat ditemukan dari pembakaran berbagai macam senyawa kimia menarik. Jika biasanya gansis menganalogikan warna api bergantung pada suhunya, maka anggapan tersebut bisa dipastikan salah. Rupanya warna api sangat bergantung pada senyawa yang terkandung pada bahan pembakaran. Itu dia mengapa pada umumnya kita melihat warna api cenderung berwarna kekuning-kuningan atau oranye. Hal ini disebabkan unsur karbon merupakan zat yang paling banyak terdapat di muka bumi dan cenderung menghasilkan warna kekuning-kuningan atau oranye saat di bakar. Dari 10 warna api di atas, nomor berapakah yang membuat hati gansis tentram? tuliskan di kolom komentar!


Sumber : Disini
rifaye
gubtifaqih
aditmaukemana
aditmaukemana dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.3K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.